window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Harga Sampai Rp5 Jutaan, Cuma Segini Bedanya Toyota Agya G dan GR Sport

Enda · 14 Jun, 2022 13:30

Perbedaan Toyota Agya G dan GR Sport

Saat ini Toyota Agya masih dinobatkan sebagai mobil murah PT Toyota Astra Motor (TAM) yang ramah lingkungan di segmen hatchback perkotaan.

Berhadapan langsung dengan saudara kembarnya Daihatsu Ayla, beserta pesaing terberatnya Honda Brio Satya, per Juni 2022 Agya ditawarkan dalam empat varian, 1.2 G MT, 1.2 G AT, 1.2 GR Sport MT dan terakhir 1.2 GR Sport AT. Untuk harganya sendiri dibandrol mulai dari Rp155,5 juta hingga Rp176,6 juta OTR Jakarta.

Antara Toyota Agya G dengan GR Sport, selisih harga barunya mencapai Rp5 juta hingga Rp7 jutaan. Dengan selisih harga tersebut, apa sih perbedaan dari keduanya? Agar tidak penasaran, Simak bedanya Toyota Agya G dan GR Sport berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lebih Berkarakter dan Sporty, Toyota Agya GR Sport Dilengkapi Body Kit dan Striping Tambahan

Perbedaan Toyota Agya G dan GR Sport

Toyota Agya GR Sport mendapat tambahan body kit

Dibandingkan dengan varian G, Agya GR Sport terlihat lebih berkarakter sekaligus sporty. Hal ini dikarenakan untuk bumpernya mendapat tamabahan body kit di depan dan belakangnya. Tak hanya itu, di sisi samping turut tersematkan side skirt dengan tambahan striping memanjang.

Dibeberapa bagian, varian teratas mendapatkan embelm GR Sport sebagai penanda. Oh iya, di pilar A, tipe ini juga mendapatkan decal GR Sport berwarna abu-abu dan hitam.

Perlu diketahui, keduanya sama-sama mendapatkan black paint for elegant pada lampu utamanya yang dengan LED yang diselimuti projector guide. Guna meningkatkan visibilitas mengemudi, keduanya pun dilengkapi DRL LED, serta foglamp dibawahnya. Untuk bagian sampingnya, telah terdapat side moulding, velg 14 inci model kipas, serta lampu sein pada cover spion. Hanya saja untuk tipe G, spionnya belum dilengkapi retractable.

Baca juga: Generasi Baru Toyota Agya - Daihatsu Ayla Bakal Meluncur Awal 2023, Pakai Mesin Raize-Rocky

Perbedaan Toyota Agya G dan GR Sport

Tampilan belakang Toyota Agya GR Sport

Melihat sisi buritannya, keduanya mendapatkan stoplamp dengan desain “reverse L-shape” berpenampilan modern sekaligus stylish yang telah menganut teknologi LED, serta wiper dan spoiler.

Interior Toyota Agya GR Sport Gayanya Lebih Sporty

Perbedaan Toyota Agya G dan GR Sport

Dashboard Toyota Agya GR Sport

Dari segi penampilan kabin, Toyota Agya GR Sport terkesan lebih sporty berkat tersematkan beberapa emblem GR Sport dibeberapa bagian. Selain itu, varian ini juga memiliki fitur lebih lengkap.

Seperti yang bisa dilihat, untuk head unitnya menggunakan layar sentuh yang bisa dikoneksikan dengan smartphone melalui sistem bluetooth. Lain dari itu, untuk pengaturan AC nya menggunakan tampilan digital dengan penampilan baru, serta tombol start/stop engine.

Pada jok serta door trimnya, Toyota Agya GR Sport memperoleh sentuhan warna hitam yang dikombinasikan warna merah dan abu-abu untuk mempertegas kesan sportynya.

Sebagai informasi, untuk stirnya baik varian G maupun GR Sport dilengkapi audio switch control steering yang memudahkan penggunanya ketika hendak melakukan pengaturan pada sistem hiburannya tanpa harus melepas genggaman tangan dari lingkar kemudi.

Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM Datsun GO Vs Toyota Agya, Mana Lebih Irit Buat Harian?

Fitur Keselamatan Toyota Agya G dan GR Sport Sama

Perbedaan Toyota Agya G dan GR Sport

Fitur keselamatan Toyota Agya G dan GR Sport sama

Bicara soal fitur fitur keselamatan, Toyota Agya G maupun GR Sport berhasil disematkan dual SRS airbags sebagai fitur keselamatan standar untuk mengurangi benturan keras saat terjadinya tabrakan. Bagian dinding mobil juga dilebgkapi side impact beam yang berguna untuk mengurangi resiko cedera jika mengalami benturan dari samping. 

Untuk mencegah ban terkunci saat melakukan rem secara mendadak, Toyota menyematkan dengan ABS dan EBD. Tidak tertinggal juga ISOFIX, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, APAR, serta fitur Child Safety Locks yang dapat memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya.

Dari segi keamanan berkendara, Toyota Agya G dan GR Sport memperoleh anti theft alarm system. Namun untuk GR Sport, pabrikan menambahkan keyless entry.

Toyota Agya G dan GR Sport Mendapat Mesin yang Sama

Perbedaan Toyota Agya G dan GR Sport

Mesin 3NR-VE Toyota Agya G dan GR Sport

Berbeda dengan sebelumnya yang mendapat pilihan mesin 1.0L, kini varian G sama seperti GR Sport ditawarkan mesin 1.2L. Melihat spesifkasinya, jantung pacu berkodekan 3NR-VE yang digunakan keduanya memiliki kubikasi 1.197 cc DOHC Dual VVT-i 4-silinder segaris yang dapat melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm.

Mengenai transmisinya, keduanya ini sama-sama menggunakan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Memiliki selisih harga baru yang tidak terlalu banyak untuk keduanya, Toyota Agya G dan GR Sport bukan cuma berbeda pada penampilannya saja. Seperti yang diketahui, varian GR Sport terasa lebih nyaman berkat fitur keamanan serta unggulan yang lebih lengkap.

Untuk itu kami sarankan apabila kalian tertarik membeli Toyota Agya guna mendukung aktiftas sehari-hari, baiknya menjatuhkan pilihan pada varian GR Sport dengan tampilan yang berkarakter sekaligus sporty serta memiliki fitur lebih lengkap.

Baca juga: Beda Cuma Rp200 Ribu, Buat Anak Muda Honda Brio S MT Lebih Cocok Ketimbang Toyota Agya G MT

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil