window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Hingga Rp20 Jutaan, Apa Sih Bedanya Tipe X dan R di Daihatsu Terios IDS?

Enda · 21 Sep, 2021 13:30

Selisih Hingga Rp20 Jutaan, Apa Sih Bedanya Tipe X dan R di Daihatsu Terios IDS? 01

Bedanya tipe X dan R Daihatsu Terios IDS

Daihatsu Terios IDS merupakan line up terbaru Terios yang diluncurkan secara resmi pada Jumat, 17 September 2021 oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek. Sama seperti Terios biasa, Terios IDS ini hadir dengan dua trim, yakni X dan R.

Mengetahui harga baru Daihatsu Terios IDS, setelah diperkenalkan secara resmi Low SUV andalan Daihatsu ini ditawarkan Rp205,1 juta sampai dengan Rp255,6 juta.

Jika kalian berencana untuk meminangnya, sebaiknya ketahui lebih dulu bedanya tipe X dan R Daihatsu Terios IDS berikut ini.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Arti Huruf 'E' Pada Indikator Bensin, Pemilik Daihatsu Terios Harus Tahu

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan Luar Berbeda Tipe X dan R Daihatsu Terios IDS Berbeda

Selisih Hingga Rp20 Jutaan, Apa Sih Bedanya Tipe X dan R di Daihatsu Terios IDS? 01

Tipe R Daihatsu Terios IDS terlihat lebih sporty dan futuristik

Sebagai varian termahal, tipe R Daihatsu Terios IDS ini terlihat lebih mewah dan sporty dibandingkan X. Dimana pada tipe ini berhasil dilengkapi dengan grille besar beraksen krom, rumah fog lamp dilapisi krom yang dihubungkan dengan kelir hitam, serta under guard yang dilabur warna perak.

Bagian sampingnya juga terlihat lebih adventure berkat adanya roof rail serta side skirt yang dicat silver serta menggunakan velg berpalang 17 inci dengan warna two-tone. Tidak seperti tipe R, varian X menggunakan velg lebih kecil berdiameter 16 inci Gun Metal Alloy

Bergeser ke bagian buritan, varian R juga mendapatkan garnish berukuran besar dengan warna hitam glossy yang dikombinasikan list krom serta LED tail lamp pada bagian atasnya. Masih berkutat di bagian ini, kalian bisa menemukan spoiler dengan LED High Mount Stop Lamp (HMSL) yang terkesan atraktif.

Untuk bumpernya, tipe R dilabur dengan warna hitam doff berbahan dasar plastik yang mana dibawahnya juga terdapat under guard berkelir silver.

Bentuk Interior Terkesan Mirip, Tapi Fitur Tipe R Daihatsu Terios IDS Lebih Lengkap

Selisih Hingga Rp20 Jutaan, Apa Sih Bedanya Tipe X dan R di Daihatsu Terios IDS? 02

Bentuk tipe X dan R Daihatsu Terios IDS terkesan sama

Melihat sisi bagian dalam tipe X dan R Daihatsu Terios IDS terkesan sama dengan dipadukannya warna hitam dan gading. Keduanya memiliki sistem hiburan yang sama berupa 2 DIN Touchscreen Audio (2 USB, Aux in, Tuner, Mirroring), Front&2nd Row Speakers, Speed Sensing Auto Door Lock, Back Sonar, Front Power Outlet dan Rear Parking Camera.

Hanya saja varian R tersebut tersematkan beberapa tambahan fitur unggulan demi menunjang kenyamanan berkendara. Antara lain, Start Stop Button, Meter Cluster with MID, Audio & Phone Handsfree Steering Switch, Retractable Outer Mirror, AC Digital, Auto on Headlamp, Tweeter & 3rd Row Speaker, Driver Seat Height Adjuster, 2nd Row & 3rd Row Power Outlet, Front Corner Sensor, Key Free dan Arround View Monitor.

Fitur Keselamatan Tipe X dan R Daihatsu Terios IDS Tak Ada yang Berbeda

Selisih Hingga Rp20 Jutaan, Apa Sih Bedanya Tipe X dan R di Daihatsu Terios IDS? 03

Fitur keselamatan tipe X Daihatsu Terios IDS sama persis yang juga dilengkapi Eco Idle, HSA dan VSC

Bicara soal fitur keselamatan, trim X dan R Daihatsu Terios IDS ini terbilang sama. Seperti yang bisa kalian lihat, keduanya telah dibenamkan fitur keselamatan berupa Dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretension & Force Limiter, 2nd Row Seatbelt (3 points ELR x2 + 2 Point NR x1) dan 3rd Row Seatbelt (3 points (ELR x 2).

Baca juga: Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa?

Selain itu, keduanya juga mendapat Side Impact beam, Child Safety Lock, 2nd Row Headrest x2, 3rd Row Headrest x2, Front & Rear Stabilzer serta Seatbelt Warnilng Lamp & Buzzer (driver side).

Untuk tipe X kini juga mendapatkan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Sebagai informasi, VSC (Vehicle Stability Control) merupakan satu fitur yang memiliki fungsi penting mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil pada saat sedang melaju. VSC dapat mencegah roda selip dan hilang nya traksi dengan mengurangi tenaga mesin menerapkan gaya pengereman secara efektif pada setiap rodanya.

Selisih Hingga Rp20 Jutaan, Apa Sih Bedanya Tipe X dan R di Daihatsu Terios IDS? 04

Fitur HSA pada varian X dan R

Sedangkan HSA merupakan teknologi yang memungkinkan mobil tidak meluncur ke belakang selama 2- 3 detik saat tanjakan. Fitur ini bekerja dengan sistem komputer yang mampu membuat rem terus bekerja, meski pedal rem tidak diinjak.

Yang paling baru adalah Eco Idle. Kedua varian ini kini turut mendapatkan Eco Idle yang dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar sekaligus menurunkan emisi gas buang.

Terbukti dengan adanya Eco Idle pada Daihatsu Terios IDS, konsumsi BBM yang diperolehnya lebih hemat 5-10% penggunaan BBM dibandingkan Terios biasa. Mekanisme kerjanya fitur Eco Idle di mobil ini, ketika speed 0 atau posisi mobil berhenti, tuas persenilng ada di D untuk matic, dan menginjak pedal rem.

Mesin dan Transmisi Tipe X dan R Daihatsu Terios IDS Sama

Selisih Hingga Rp20 Jutaan, Apa Sih Bedanya Tipe X dan R di Daihatsu Terios IDS? 05

Mesin 2NR-VE di Daihatsu Terios

Secara data di atas kertas, Daihatsu Terios IDS dibenamkan mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Jantung pacunya ini mampu memeras tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, baik tipe X dan R sama-sama dihadirkan pilihan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Apabila kalian hanya mementingkan fitur keselamatan, tidak terlalu membutuhkan fitur unggulan serta tampilan mewah, tipe X Daihatsu Terios IDS rasanya layak dipilih dibandingkan varian R mengingat keduanya memiliki selisih harga mencapai Rp20 jutaan.

Namun jika kalian membutuhkan semuanya dengan alasan kenyamanan dan gaya berkendara, tidak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada varian R terlebih R Custom dengan mendapatkan improvement yang lebih banyak untuk tampilannya.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil