Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D?

Enda · 9 Sep, 2021 14:30

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 01

Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D

Selain X dan R, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menawarkan Sigra M dan Sigra D sebagai dua varian termurahnya. Merupakan varian bawah, tentunya Sigra M dan Sigra D ditawarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Seperti yang diinformasikan melalui situs resminya, untuk saat ini Daihatsu Sigra M diniagakan Rp131.050.000. Sedangkan Daihatsu SIgra D dipatok Rp120.650.000. Bila melihat harga yang ditawarkan untuk keduanya, Sigra M ini lebih mahal Rp10,4 juta.

Lantas apa sih yang membuat Sigra M lebih mahal Rp10,4 juta dari varian D? Berikut adalah perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D.

Baca juga: Walau Harganya Paling Ekonomis, Ternyata Pajak Daihatsu Sigra Tipe D Gak Murah

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tampilan Eksterior Sigra D Begitu Sederhana, Masih Menggunakan Bohlamp Halogen

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 01

Daihatsu Sigra M sudah menggunakan LED pada lampu utamanya

Bila melihat lebih detail antara keduanya, maka kalian akan menemukan perbedaan yang cukup signifikan. Baik Daihatsu Sigra M maupun D kini sama-sama menggunakan bumper berbentuk horizontal yang mempertegas kesan lebih lebar, sporty dan modern.

Berkutat di bagian depan Daihatsu Sigra M, tipe ini berhasil disematkan LED headlamp yang terkesan atraktif dan modern. Berbeda dengan varian D, tipe termurah Sigra ini masih mengandalkan lampu utama halogen yang terkesan jadul. Sebagai informasi, keduanya belum mendapatkan fog lamp yang biasanya diletakkan di kedua ujung bumper depannya.

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 02

Daihatsu Sigra M mendapatkan wheel dop pada lingkar rodanya

Bergeser ke bagian samping, Daihatsu Sigra M terlihat sedikit mewah bila dibandingkan tipe terendahnya. Seperti yang bisa kalian lihat, varian ini berhasil diaplikasikan velg kaleng R14 yang ditutupi dop untuk memperlihatkan kesan dinamis. Di sisi lain, Sigra M juga sudah dilengkapi mud guard serta Outer Mirror konvensional yang dicat senada dengan warna bodi.

Melihat sisi samping Sigra D, tipe ini terkesan begitu sederhana. Jika kalian lihat, lingkar roda mobil ini diaplikasikan velg kaleng R13 tanpa ditutup dop. Begitupun pelindung bodi bagian bawah, varian ini juga belum tersematkan mud guard dan untuk cover spionnya sendiri masih menggunakan warna dasar.

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 03

Daihatsu Sigra M tersematkan rear wiper serta sensor parkir di buritannya

Beranjak ke bagian buritan, keduanya mendapatkan back door garnish memanjang pada pintu belakang yang dicat sewarna bodi. Bedanya, Daihatsu Sigra M sudah mendapatkan Rear Wiper serta adanya sensor parkir yang diletakkan di bumper belakangnya.

Interior Daihatsu Sigra M Lebih Lengkap dan Mewah

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 04

Tampilan dashboard Daihatsu Sigra M

Wajar apabila tampilan interior Daihatsu Sigra M menawarkan fitur lebih lengkap dengan tampilan yang mewah dibandingkan Sigra D. Mengingat varian M ini berada di atas D.

Seperti yang diketahui, pada kabin Sigra M sudah mendapatkan jok dengan tampilan yang lebih comfortable. Di baris depannya, kalian bisa menemukan arm rest di bagian tengah antara pengemudi dan penumpang yang bisa digunakan untuk menyandarkan tangan agar tidak mudah lelah ketika melakukan perjalanan jauh.

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 05

Tampilan dashboard Daihatsu Sigra M lebih lengkap dan futuristik

Pada bagian tampilannya speedometernya pun berbeda, dimana Sigra M terlihat lebih eyes-catching dengan tersematkannya ECO indikator, jam digital, layar MID, serta tachometer untuk mengetahui angka putaran mesin.

Mengenai sistem infotaimentnnya, varian M dan D sama-sama menggunakan single din, hanya saja varian M sudah mendukung format CD player, radio, USB dan AUX. Untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih baik, Sigra M mendapat tambahan dua buah speaker di baris keduanya.

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 06

Daihatsu Sigra M memperoleh kipas blower di baris keduanya 

Melihat bagian lainnya, Sigra M sudah mendapatkan kipas blower yang diletakkan di plafon baris keduanya guna menyalurkan udara segar dari bagian depan agar penumpang belakangnya juga bisa merasakan hembusan udara dingin AC.

Agar lebih akomodatif, Sigra M juga dilengkapi dengan port charging di baris kedua, seat back door pocket di belakang jok pengemudi dan penumpang depan, smartphone pocket, rear room lamp, serta central door lock.

Baca juga: Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya!

Fitur Komplit untuk Daihatsu Sigra M

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 07

Kunci Immobilizer sudah bisa kalian temukan pada Daihatsu Sigra M

Selain tampilan eksterior dan interior yang lebih lengkap, nyatanya fitur Daihatsu Sigra M juga terbilang komplit. Bila dibandingkan dengan varian D, Sigra M mendapat tambahan Immobilzer, serta Integrayed Key & Remote.

Meskipun demikian, fitur keselamatan Sigra M dan D sama. Keduanya sama-sama belum mendapatkan Airbags, serta pengereman ABS. Mengenai keselematan yang dimiliki, varian M dan D tersematkan sasis Total Advance Function (TAF) Body, Impact Beam, Front Seat Belt, 2nd Row Seat Belt, 3rd Row Seat Belt, serta Child Proof Door Lock.

Mesin Daihatsu Sigra M dan D Sama?

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 08

Daihatsu Sigra M dan Sigra D disematkan mesin 998 cc 1KR-VE

Daihatsu Sigra M dan D sama-sama ditawarkan mesin 998 cc berkodekan 1KR-VE, 12-valve 3 Silinder Segaris, DOHC, VVT-i. Mesin berteknologi Electronic Fuel Injection yang digunakannya dapat memeras tenaga hingga 67 PS @ 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 89,25 Nm @4.400 rpm. Daihatsu sigra sendiri mengandalakan penggerak roda depan (FWD) untuk membuat mobil dapat berjalan.

Daihatsu Sigra M Dapat Pilihan Transmisi Otomatis?

Selisih Rp10,4 Juta, Apa Aja Sih Perbedaan Daihatsu Sigra M dengan Sigra D? 09

Daihatsu Sigra M dan D hanya mendapatkan transmisi manual 5-percepatan

Mengenai tingkat percepatan, Daihatsu Sigra M dan Sigra D hanya ditawarkan transmisi manual 5-percepatan saja. Untuk varian transmisi otomatis, hanya bisa dijumpai pada dua tipe diatasnya, yakni X dan R.

Kesimpulan

Perbedaan antara Daihatsu Sigra M dan Sigra D berhasil kami ulas di atas. Menarik kesimpulan, keduanya sama-sama dihadrikan dengan pilihan mesin 1.0L tiga silinder segaris yang dikawinkan transmisi manual 5-percepatan.

Dengan selisih harga baru mencapai Rp10,4 juta, Daihatsu Sigra M ini memiliki fitur pendukung, serta keamanan yang lebih lengkap. Begitu juga tampilan eksterior dan interiornya, varian ini juga mewah.

Dan menurut kami, dibandrol lebih mahal Rp10 jutaan, Daihatsu Sigra M sangat sepadan dengan apa yang didapat saat ini bila dibandingkan apa yang dimiliki Sigra D.

Baca juga: Harga Sama, Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Sigra 1.0 D MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru