window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW

Budi · 25 Mar, 2022 09:00

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 01

  • Toyota dan Daihatsu sama-sama menyelipkan fitur ADAS pada LMPV mereka, Avanza 2022 dan Xenia 2022
  • Toyota dengan Toyota Safety Sense (TSS) menawarkan lebih banyak fitur dibanding Daihatsu dengan Advance Safety Assist (A.S.A).
  • Selisih harga di antara keduanya mencapai Rp22 Jutaan.

Pada prinsipnya, nyaris tak ada perbedaan yang disuguhkan antara Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022. Keduanya lahir dari satu platform yang sama sehingga menghasilkan spesifikasi yang sama. Mulai dari dimensi, suspensi hingga ke jantung pacunya juga plek ketiplek sama saja! Yang membedakan, jelas sedikit sentuhan desain dan fitur-fitur yang dipilih oleh masing-masing pabrikan.

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 02

Meski begitu, pada varian tertinggi pada kedua model tersebut ada perbedaan signifikan yang membedakan keduanya. Penggunaan fitur keselamatan ADAS alias Advance Driving  Assistance System di keduanya memiliki fitur yang berbeda. Pada Toyota Avanza 2022, fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang digunakan adalah Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning (LDW) serta Lane Departure Prevention (LDP), Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking, Rear Crossing Traffic Alert, Pedal Missoperation Control dan Front Departure Alert.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 01

Sementara pada All-New Xenia 2022, fitur A.S.A alias Advance Safety Assist khas Daihatsu, memberikan fitur lebih sedikit, yaitu hanya Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention. Xenia memang tak mendapatkan Blind Spot Monitoring Assist dan Rear Crossing Traffic Alert.

Yang menarik dengan rasa berkendara yang sama, namun pengalaman saat berkendara di antara keduanya berbeda. Seperti apa perbedaan tersebut? 

Baca juga: Daihatsu Xenia Salip Toyota Avanza di Kelas LMPV Sepanjang Februari 2022

Pengendaraan Toyota Avanza 2022 TSS

Meski fitur TSS yang sempat saya coba terdapat pada All-new Velos Q TSS, namun pada prinsipnya, fitur keselamatan serupa ini juga tersemat pada varian tertinggi Avanza S CVT TSS. Sehingga kami yakin pengalaman berkendara dengan fitur tersebut juga akan kami dapatkan pada Avanza 2022 TSS.

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 02

Yang pertama kali kami rasakan, fitur TSS ini seakan memberikan kemampuan mobil untuk “berinteraksi” dengan pengemudi. Salah satu fitur yang paling aktif memberitahu pengemudi sepanjang perjalanan adalah fitur Blind Spot Monitoring. Dalam perjalanan di dalam kota, di tengah kepadatan lalu-lintas, fitur ini aktif memperingatkan kehadiran mobil atau motor yang ada di kedua sisi mobil. 

 

Lampu peringatan di kaca spion luar kerap menyala untuk memberitahu ada kendaraan di sisi-sisi mobil. Dan mobil semakin “ribut” ketika kita ingin berpindah lajur dengan menyalakan lampu sein, karena alarm akan menyala untuk membuat pengemudi lebih waspada.

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 03

Pilar A pada Avanza dan Xenia 2022 cukup mengurangi visibilitas

Nah, soal peringatan ini, keriuhan di dalam mobil semakin seru saat kita berkendara di jalan tol dan fitur Lane Departure Warning (LDW) serta Lane Departure Prevention (LDP) aktif. Dengan marka jalan yang jelas, maka fitur LDW akan memberi peringatan saat kita mulai meninggalkan lajur tanpa menyalakan lampu sein. Dan saat pengemudi tidak merespon peringatan tersebut, maka fitur LDP kemudian akan mengintervensi kemudi untuk tetap mempertahankan posisinya.

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 04

Pada Toyota Avanza 2022, fitur TSS lain yang juga akan mengintervensi dalam pengendaraan adalah Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking. Saat objek di depan dinilai terlalu dekat dengan mobil, maka tak hanya peringatan suara, fitur ini juga akan mengaktifkan peranti rem untuk melakukan pengereman dan mengurangi resiko tabrakan yang fatal. Selain itu, masih ada fitur Rear Crossing Traffic Alert, Pedal Missoperation Control dan Front Departure Alert yang menjadi bagian TSS pada Avanza.

Pengendaraan Daihatsu Xenia 2022 A.S.A

Nah, saat mencoba All-New Xenia, sejujurnya tak ada rasa berbeda dengan pengendaraan yang disuguhkan oleh Avanza. Keduanya memberikan peningkatan pengendaraan yang signifikan dibanding generasi sebelumnya, terutama soal kenyamanannya yang meningkat. 

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 05

Nah, yang membedakan antara All-New Xenia dengan Avanza terbaru adalah fitur keselamatan yang digunakannya. Pada Daihatsu Xenia anyar ini, fitur A.S.A yang dimiliki memang tak sebanyak TSS pada All-New Avanza sehingga interaksi yang disuguhkan juga tak seriuh yang dirasakan pada Avanza.

Pada Xenia, fitur A.S.A paling “berisik” adalah Lane Departure Warning (LDW). Fitur ini akan sangat aktif terutama pada jalan raya dengan marka yang jelas dan arus lalu-lintas yang lancar. Di jalan tol, fitur ini memberikan peringatan suara ketika mobil terdeteksi keluar dari lajur baik disengaja maupun tidak. Jika mobil melaju melewati marka jalan tanpa mengaktifkan lampu sein, maka fitur ini akan mengeluarkan bunyi alarm dan icon LDW akan menyala di panel instrumen. 

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 06

Selanjutnya, fitur Lane Departure Prevention (LDP) kemudian juga akan aktif jika pengemudi mengabaikan peringatan dari LDW.  Setir kemudian akan bekerja otomatis dan mengerakan mobil kembali ke lajurnya. 

Fitur A.S.A lain yang juga terasa berguna selama pengendaraan Xenia adalah Front Departure Alert. Fitur ini memberikan peringatan jika mobil di depan sudah bergerak maju sejauh 3 meter. Fitur ini relevan pada kondisi saat ini dimana seringkali pengemudi memeriksa ponselnya saat lampu merah, dan tak waspada kala antrian di depannya mulai bergerak.

Baca juga : Review All-New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT A.S.A: Pilihan LMPV Paling Masuk Akal

Kesimpulan

Tak dapat dipungkiri fitur ADAS ini memberikan perbedaan soal pengendaraan pada kedua LMPV ini. Pada Xenia, meskipun A.S.A tak selengkap TSS pada Avanza, namun keberadaan fitur-fiturnya akan mengubah kebiasaan pengendara terutama di jalan bebas hambatan. 

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 07

Sementara pada All-New Avanza, fitur TSS yang lebih lengkap, terutama dengan kehadiran Blind Spot Monitoring, jelas memberikan kewaspadaan lebih, terutama kala berkendara di tengah kepadatan lalu-lintas. Hal ini jelas berpotensi untuk menjadikan sikap berkendara semakin baik untuk para pengemudi di Indonesia.

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 08

Lalu, mana di antara kedua saudara kembar ini yang lebih baik untuk dipilih? Dengan rasa pengendaraan yang sama, fitur-fitur yang juga nyaris serupa, jika kebutuhan Anda untuk sebuah mobil adalah sebagai alat transportasi, maka kami memilih All-New Daihatsu Xenia sebagai opsi paling value for money.

Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW 09

Banderol harga All-New Xenia 2022 varian paling tinggi dengan A.S.A adalah Xenia 1.5 R CVT A.S.A Rp270,5 Juta. Sementara untuk Avanza, varian tertingginya yaitu All-new Avanza 1.5G CVT TSS berbanderol Rp293,4 Juta. Selisih yang cukup besar untuk menambahkan fitur Blind Spot Monitoring dan Rear Crossing Traffic Alert. Selain itu, Anda hanya perlu mempertimbangkan soal perbedaan layanan purna jual di antara keduanya


 

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil