window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Rp25,8 Juta, Bedanya Mitsubishi Xpander Cross 2022 MT dan Premium CVT Bukan Cuma di Transmisi!

Enda · 1 Sep, 2022 13:30

Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross 2022

Di GIIAS kemarin PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Mitsubishi Xpander Cross 2022. Versi facelift Xpander Cross ini memperoleh penyegaran di beberapa bagian seperti tampilan dan fiturnya yang memberikan pengalaman berkendara semakin nyaman dan aman.

Bicara soal tampilan, Xpander Cross facelift tetap mempertahankan desain khas Mitsubishi yakni “Dynamic Shield”. Namun untuk wujudnya terlihat lebih agresif, modern Sekaligus mewah. Pembaruan yang terjadi dari sisi eksterior sendiri meliputi; T-Shape Headlamp, LED Fog Lamp, distinctive trapezoid grille, bumper depan dan belakang yang lebih berotot, velg 17 inci two-tone dengan desain atraktif, dan wheel arch moulding yang disempurnakan.

Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross 2022

Interior Mitsubishi Xpander Cross

Pada bagian dalam, mobil ini terasa semakin nyaman dan presitisius. Hal tersebut dikarenakan Xpander Cross 2022 dibalut dengan material kulit pada dashboardnya yang dipadukan aksen carbon berwarna hitam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, mobil ini juga mendapatkan berbagai macam tempat penyimpanan serbaguna, serta pilihan konfigurasi kursi yang flexibel memberikan kemudahan dan utilitas maksimal. Tak berhenti sampai di situ, untuk pusat informasi kendaraannya tampil lebih canggih berkat penggunaan meter cluster 8 inci dengan tiga mode tampilan layar, serta lingkar kemudi kepunyaan Pajero Sport yang dilengkapi dengan beberapa tombol pengaturan.

Sebagai informasi, varian manual Mitsubishi Xpander Cross facelift kini diniagakan Rp309.950.000 dan tipe Premium CVT nya dibandrol Rp335.750.000. Memiliki selisih harga baru mencapai Rp25,8 juta, berikut perbedaan dari keduanya.

Baca juga: 7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah

Ground Clearance Mitsubishi Xpander Cross MT Lebih Tinggi

Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross 2022

Ground Clearance Mitsubishi Xpander Cross 2022 MT lebih tinggi

Seperti yang diketahui untuk suspensi belakangnya Mitsubishi Xpander Cross facelift mendapatkan upgrade dibanding model sebelumnya. Untuk peredam kejutnya sendiri memakai kepunyaan Pajero Sport ditambah dengan alat untuk memberikan kenyamanan meski mobil ini terlihat semakin tinggi.

Secara dimensi melihat daripada spesifikasinya mobil ini memiliki panjang 4.595 mm lebar 1.790 mm tinggi 1.750 mm. Untuk jarak permukaan tanah dengan kabin kendaraan sendiri antara varian Premium CVT dengan MT berbeda. Dimana ground clearance Premium CVT mencapai 220 mm, sedangkan MT di angka 225 mm.

Nuansa dan Fitur di Dalam Keduanya Berbeda

Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross 2022

Interior Mitsubishi Xpander Cross 2022 Premium CVT

Guna memberikan kenyamanan terhadap pengguna selama dalam perjalanan, kedua varian Mitsubishi Xpander Cross 2022 telah tersematkan wireless charger dan around view monitor yang membantu pengemudi parkir dengan lebih aman. Tidak berhenti sampai di situ, mobil ini juga dilengkapi dengan micron air filtration yang menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam kabin.

Bicara akan sistem hiburannya, pada center clusternya tersematkan head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang mendukung konektivitas seperti; AM/FM radio, USB player, serta smartphone connectivity. Sembagai pembeda, untuk joknya varian Premium CVT dibungkus bahan kulit berwarna biru tua yang terlihat mewah, tidak seperi tipe MT nya masih menggunakan bahan fabric.

Selain itu, untuk sistem parking brakenya tipe Premium CVT telah dilengkapi fitur Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold (BAH). Sistem rem elektrik ini memudahkan pengemudi hanya dengan cukup menekan tombol untuk mengaktifkan rem parkir, maka motor listrik pada setiap kaliper rem akan menekan brake pad pada cakram untuk mengunci roda.

Untuk melepas rem parkir ini juga cukup dengan menekan tombol ke arah berlawanan dan rem parkir pun akan terlepas dan roda mobil tidak terkunci. Sementara fitur BAH berfungsi untuk mengaktifkan rem parkir secara otomatis setiap kali mobil berhenti sempurna. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan pada kondisi macet atau ketika kendaraan berhenti di lampu merah.

Baca juga: Xpander dan Xpander Cross Pecut Penjualan Mitsubishi di GIIAS 2022, Model Lain Terlupakan?

Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross 2022

Interior Mitsubishi Xpander Cross 2022 MT

Di Mitsubishi Xpander Cross MT, untuk parking brake nya masih menggunakan model tuas yang cara penggunannya ditarik dan untuk menurunkannya diharuskan menekan tombol di depan tuas.

Tidak berhenti sampai di situ, perbedaan keduanya juga terletak pada console box dimana varian Premium CVT dilengkapi dengan arm rest dengan material soft touch yang terasa nyaman saat menyandarkan tangan. Selain itu juga varian ini memperoleh tambahan USB console type A dan C yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan daya pada gawai.

Fitur Keselamatan Keduanya Tak Ada yang Berubah

Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross 2022

Fitur keselamatan kedua varian Mitsubishi Xpander Cross 2022 sama

Dari sisi fitur keselamatan, Mitsubishi Xpander Cross telah dibekali dengan ABS + EBD + BA, dual SRS airbags,  Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA), multi arround monitor, kamera 360 derajat, speed sensing door lock, keyless operation system dan immobilizer with security alarm.  

Paling baru keduanya didukung dengan sistem pengereman Active Yaw Control (AYC) yang meningkatkan performa saat menikung. Fitur AYC akan memastikan penggunanya tidak akan keluar dari jalur yang ditentukan. Selain itu fitur ini membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan khususnya ketika di jalan yang licin, sehingga meningkatkan rasa aman dan nyaman dalam berkendara.

Sama-sama 1.500 Cc, Keduanya Hanya Beda di Transmisi

Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross 2022

Mesin 1.5L MIVEC Mitsubishi Xpander Cross 2022

Mitsubishi Xpander Cross 2022 menggunakan mesin 1.5L MIVEC 4-silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1.499 cc. Di atas kertas, jantung pacu berkombusi injeksi tersebut sanggup memeras tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm dengan torsi mencapai 141 Nm @4.000 rpm. Untuk transmisinya tipe termurah dikawinkan dengan manual 5-percepatan, sedangkan varian teratasnya menggunakan CVT yang terkenal halus setiap perpindahan secara otomatis namun responsif dan irit bahan bakar.

Kesimpulan

Ditawarkan dalam dua varian, yakni Premium CVT dan MT, kedua tipe Mitsubishi Xpander Cross ini memiliki selisih harga baru mencapai Rp25,8 juta. Punya perbedaan harga yang cukup banyak, antara Premium CVT dengan MT bukan cuma berbeda di transmisi tapi juga di pembungkus jok serta fitur didalamnya.

Baca juga: Operasi Plastik, Mitsubishi New Xpander Cross Kini Adopsi Banyak Komponen Pajero Sport

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Cross MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil