Selisih Rp40 Jutaan, Ini Perbedaan All New Toyota Rush dengan All New Daihatsu Terios

Enda · 18 Des 2020 13:00

All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios

All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios merupakan saudara kembar yang kembali mendapatkan penyegaran secara keseluruhan di penghujung 2017.

Sebagai Low Sport Utility Vehicle (LSUV), sekilas keduanya terlihat sama. Namun, ketika ditilik secara lebih dekat, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang terlihat jelas. Perbedaan yang ada ini membuat All New Toyota Rush maupun All New Daihatsu Terios dibandrol dengan harga yang variatif.

Seperti yang dilansir dari situs resminya, All New Toyota Rush dijual mulai dari Rp255.2 juta – Rp276.6 juta. Sedangkan All New Daihatsu Terios ditawarkan Rp211.8 juta – Rp266.4 juta.

Lantas, perbedaan apa saja yang terjadi antara All New Toyota Rush dengan All New Daihatsu Terios? Dari pada penasaran simak terus ulasannya.

Meski lebih mahal, aksesoris All New Toyota Rush terlihal lebih kalem

Wajah All New Daihatsu Terios

Sama-sama melihat varian teratas dari keduanya, terlihat All New Daihatsu Terios memiliki aksesoris yang terkesan lebih ramai. Hal ini berkat melekatnya beberapa aksen krom di bagian fascia dan buritan, adanya penambahan side skirt dan body kit.

Tidak hanya itu, All New Daihatsu Terios trim paling atasnya ini mendapatkan livery berupa garis tegas berwarna merah dan silver yang menjulang dari depan hingga ke belakang.

Wajah All New Toyota Rush

Sementara pada All New Toyota Rush aksesoris di trim teratasnya terlihat lebih kalem namun tetap memberikan kesan mewah dan sporty. Seperti side moulding berkelir hitam, serta under guard berwarna silver yang ada di depan dan belakang.

Desain velg All New Toyota Rush lebih bergaya dibandingkan All New Daihatsu Terios

Velg All New Daihatsu Terios

Baik All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios pada trim terendahnya sama-sama mendapatkan profil lingkar roda 215 / 65 R16. Begitu juga varian teratasnya berukuran 215 / 60 R17. Meski keduanya memiliki dimensi velg serta penggunaan warna two tone yang sama, desain velg ditampilkan keduanya berbeda.

Velg All New Toyota Rush

Pada All New Toyota Rush, berhasil disematkan velg dengan desain model kipas yang memperlihatkan kesan sporty dan dinamis. Sedangkan All New Daihatsu Terios mendapatkan bentuk model palang yang terlihat lebih atraktif.

Walau lebih murah, All New Daihatsu Terios punya lampu depan yang bisa menyala otomatis

Auto on Headlamp All New Daihatsu Terios

Ini yang menarik dari All New Daihatsu Terios. Pasalnya di trim teratas, LSUV besutan Daihatsu ini sudah dilengkapi fitur Auto on Headlamp.

Fitur ini secara otomatis dapat menyalakan lampu utama dalam kondisi yang gelap. Dengan begitu, visibilitas pengemudi akan sangat terbantu berkat adanya fitur ini. Di All New Toyota Rush, kalian tidak bisa menemukan fitur yang sama.

Fitur keselamatan All New Daihatsu Terios lebih sedikit dibandingkan All New Toyota Rush

Fitur keselamatan All New Toyota Rush

Bicara fitur keselamatan, baik All New Toyota Rush maupun All New Daihatsu Terios berhasil disematkan dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Akan tetapi All New Toyota Rush terbilang lebih safety lagi ketimbang All New Daihatsu Terios. Hal tersebut dikarenakan LSUV garapan pabrikan tiga oval ini mendapat tambahan empat buah airbag di bagian sampingnya yang secara keseluruhan terdapat enam buah kantung udara.

Oiya, sebagai pengingat, All New Toyota Rush mendapat indikator penggunaan safety belt bagi pengemudi dan seluruh penumpang.

All New Terios varian terendah juga belum disematkan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Sedangkan type teratasnya, serta seluruh trim All New Toyota Rush sudah mendapatkan fitur ini ditambah kamera parkir mundur dan emergency stop/brake signal.

Terlihat sama, nyatanya interior All New Rush tekesan lebih lengkap

Tampilan dashboard All New Toyota Rush

Pada Head unit All New Toyota Rush sudah mendukung koneksi internet yang bisa mengakses weblink dan sudah mendukung navigasi Waze.

Sistem infotaiment All New Toyota Rush terkesan unggul dengan 8 surround sound speakers. Sedangkan All New Daihatsu Terios tipe teratasnya hanya memiliki 6 mid-range speaker ditambah 2 tweeter.

Ruang kabin All New Daihatsu Terios

Di baris kedua, penumpang All New Toyota Rush mendapatkan headrest di tengah guna meningkatkan kenyamanan penumpang serta meminimalisir cedera ketika terjadinya benturan dari arah depan.

Harga All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios

Perbandingan harga
All New Toyota Rush All New Daihatsu Terios

1.5 G M/T Rp255.200.000

X MT STD Rp211.800.000

1.5 G A/T Rp265.200.000

X MT DLX Rp221.800.000

1.5 S M/T TRDRp 266.600.000

X AT DLX Rp231.800.000

1.5 S A/T TRDRp 276.600.000

R MT STD Rp244.500.000
- R AT STD Rp254.500.000
- R MT DLX Rp254.500.000
- R AT DLX Rp264.500.000

Kesimpulan

Meski keduanya terlihat sama, nyatanya All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios memiliki perbedaan jika dilihat secara lebih detail.

Perbedaan tersebut seperti yang terjadi pada Xenia maupun Avanza, yakni lebih ke fitur pendukung dan aksesoris. Untuk kalian yang saat ini memiliki budget terbatas dan ingin membeli sebuah SUV terjangkau ketimbang memilih Avanza, All New Daihatsu Terios trim terendah bisa menjadi pilihan tepat. 

Komentar

Mobil Terbaru