window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Rp600 Ribu, Daihatsu Sirion R CVT Lebih Layak Dibeli Ketimbang Rocky 1.2 X CVT?

Enda · 10 Jun, 2022 12:30

Daihatsu Sirion R CVT

Belum lama ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengenalkan versi facelift generasi ketiga Sirion dengan tampilan yang kian stylish serta terasa lebih nyaman saat digunakan. Bermain di segmen city car berpenampilan hatchback, Daihatsu Sirion 2022 ditawarkan dalam dua varian, X CVT dan R CVT.

Saat diluncurkan, Sirion R CVT diniagakan Rp236,8 juta. Ditawarkan lebih mahal Rp600 ribu dari Daihatsu Rocky 1.2 X CVT, apakah tipe teratas Sirion ini lebih layak dibeli ketimbang Rocky atau justru sebaliknya?

Baca juga: Ini 5 Keunggulan Daihatsu Sirion 2022 yang Tidak Dimiliki Honda Brio RS

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sensasi Berkendara Daihatsu Rocky 1.2 X CVT Tak Senyaman Sirion R CVT

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT

Bantingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT cukup keras

Saat ini Daihatsu Rocky 1.2 X CVT diniagakan Rp236,2 juta. Bicara kapasitas daya angkut penumpang, baik Sirion maupun Rocky sama-sama mampu dimuati hingga empat orang sekaligus.

Untuk kenyamanan berkendara, bermain di segmen crossover kompak Daihatsu Rocky ini terbilang stiff ketika melewai jalan yang berkontur. Tak hanya itu, peredam mobil ini juga terbilang tipis sehingga suara bising dari luar masih bisa didengar dari dalam kabin.

Bicara Daihatsu Sirion, pada versi pre-faceliftnya saja mobil ini terasa lebih nyaman ketimbang Rocky baik dari segi suspensi maupun peredam kabinnya. Namun untuk keleluasan kabin, Rocky terasa lebih lebar. Hal ini dibuktikan berdasarkan dimensinya, di atas kertas Rocky memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm serta wheelbase 2.525 mm.

Menyoal dimensi Daihatsu Sirion, menurut spesifikasi mobil ini mempunyai panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.525 mm dan wheelbase 2.500 mm.

Daihatsu Sirion R CVT

Sebagai city car hatchback, Daihatsu Sirion R CVT terasa nyaman

Sebagai informasi, untuk ground clearancenya Rocky lebih tinggi 50 mm dari Sirion. Dimana Sirion sendiri berada di angka 150 mm. Punya jarak permukaan kabin dengan tanah lebih tinggi, tentunya Rocky lebih bisa diandalkan ketika dibawa berpegian keluar kota.

Adu Fitur Daihatsu Sirion R CVT Vs Daihatsu Rocky 1.2 X CVT

Daihatsu Sirion R CVT

Fitur Daihatsu Sirion R CVT lebih komplit

Guna memberikan kenyamanan selama berkendara, Daihatsu Sirion R CVT disematkan dengan head unit yang mendukung konektivitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI. Tak hanya itu, sistem hiburannya juga dilengkapi fitur Smart Link yang mampu terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi baik untuk memutar musik atau menjalankan fitur lainnya.

Memudahkan penggunanya dalam melakukan pengaturan, setirnya telah dibekali switch control yang terhubung langsung dengan sistem hiburannya. Untuk panel instrument clusternya, line up terbaru Daihatsu ini telah dilengkapi MID 4,2 inci dengan pilihan menu yang lebih informatif serta tombol PWR mode di kanan stirnya.

Selain itu juga didalamnya terdapat air purifier yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan selama berkendara karena mendapatkan sirkulasi udara yang lebih bersih dan lebih sehat di dalam kabin. Di sisi lain, varian teratasnya juga dilengkapi tombol retractable di bawah pengaturan kaca spionnya.

Perlu diketahui, mobil ini telah dibenamkan tombol start/stop engine, pengaturan AC digital, peringatan pemakaian seatbelt, tombol untuk membuka dan mengunci pintu, serta saklar sensor parking yang bisa dinonaktifkan dengan hanya sekali menekan tombol.

Oh iya, versi facelift Daihatsu Sirion generasi ketiga ini juga mendapatkan Idle Stop System yang berfungsi mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti. Dengan adanya fitur ini tentunya juga dapat menghemat penggunaan BBM. Jika tidak ingin menjalankannya, kalian bisa menonaktifkan dan mengaktifkan kembali menyesuaikan kebutuhan.

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT

Interior Daihatsu Rocky 1.2 X CVT

Lantas bagaimana dengan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT? Seperti yang diketahui mobil ini telah dibekali sistem informasi berkendara dengan layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif yang modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Pada sistem hiburannya sendiri disematkan head unit touchscreen 7 inci yang support dengan smartphone connectivity. Tak hanya itu, di mobil ini kalian juga bisa menjumpai beragam fitur seperti; audio steering switch control, AC digital, keyfree, start/stop button, alarm dan back sonar.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Daihatsu Sirion 2022 X dan R

Fitur Keselamatan Daihatsu Sirion R CVT Paling Komplit

Daihatsu Sirion R CVT

Fitur keselamatan Daihatsu Sirion R CVT paling lengkap

Dari segi keselamatan berkendara Daihatsu Sirion R CVT mendapatkan 4 airbags di depan, VSC (Vehicle Stability Control), traction control, ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, ISOFIX, dan seatbelt 3 titik yang ada di model sebelumnya tetap dipertahankan pada generasi faceliftnya.

Namun, untuk memberikan keselamatan secara lebih maksimal, pihaknya telah menambahkan fitur berupa HSA (Hill Start Assist). Seperti yang diketahui fitur ini dapat mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik agar dapat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas ketika siap bermanuver.

Bicara Daihatsu Rocky 1.2 X CVT, mobil ini telah tersematkan dual front airbag, side impact beam, front disc brake, rear drum brake, ABS, EBD, 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, 2 titik sensor parkir, kamera parkir, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Daihatsu Sirion Punya Tenaga dan torsi Lebih Besar

Daihatsu Sirion R CVT

Mesin 1NR-VE Daihatsu Sirion 2022

Untuk membuatnya berjalan, Daihatsu Sirion didukung dengan mesin bensin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4-silinder segaris berkapasitas 1.329 cc. Di atas kertas, mesinnya mampu meletupkan tenaga sebesar 95 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 121 Nm @4.200 rpm.

Mengenai Daihatsu Rocky, crossover ini mengandalkan mesin berkodekan WA-VE 3 silinder dengan 12 katup berteknologi DOHC, Dual VVT-i berkubikasi 1.198 cc yang mampu memeras tenaga 88 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 112 Nm @4.500 rpm.

Sebagai informasi, keduanya menggunakan transmisi CVT Dual Mode. Teknologi Dual Mode yang digunakan mampu menghadirkan pengalaman berkendara yang halus, responsif, sekaligus hemat dalam hal penggunaan bahan bakar. Selanjutnya, putaran mesin yang diatur dengan transmisi CVT Dual Mode ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD) untuk membuatnya bergerak.

Kesimpulan

Lebih mahal Rp600 ribu, menurut kami Daihatsu Sirion R CVT lebih cocok dipinang ketimbang Rocky 1.2 X CVT untuk yang mengincar rasa nyaman dan fun to drive saat berkendara. Namun untuk perjalanan keluar kota, mobil ini dirasa kurang pantas terlebih saat melewati jalan yang berkontur.

Pasalnya untuk ground clearancenya sendiri lebih rendah 50 mm yang bisa mengakibatkan bagian bawah mobil mudah bersenggolan dengan objek di permukaan tanah.

Mengenai fitur unggulan, tipe teratas Sirion ini lebih lengkap dibandingkan Rocky 1.2 X CVT. Sebenarnya bukan cuma fitur unggulan saja yang lengkap, fitur keselamatan Sirion juga lebih komplit yang tentunya dapat memberikan rasa aman kepada penggunanya ketika mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Oh iya, untuk performa Sirion memiliki tenaga dan torsi lebih besar, sehingga sangat cocok bagi kalian yang senang akan kecepatan.

Baca juga: Daihatsu Rocky Tipe 1.2 X dan 1.2 M Harganya Selisih Rp14 Jutaan, Ini Perbedaan Fiturnya

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil