window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Sampai Rp5 Jutaan, Perbedaan Fitur di New Toyota Calya Tipe E dan G Sedikit Banget!

Enda · 11 Jul, 2022 08:30

Perbedaan New Toyota Calya E dan G

Tak hanya New Daihatsu Sigra, di waktu yang bersamaan New Toyota calya juga turut diluncurkan. Berbeda dengan saudara kembarnya, MPV 7-seater entry level berlogokan tiga oval tersebut mendapatkan New Front Mid Grille Design dengan aksen geometris dan berlapis chrome yang menghadirkan kesan lebih sporty namun tetap terlihat elegan. 

Bukan cuma grillnya saja, beberapa bagian di eksterior, interior dan fiturnya mobil ini tutur memperoleh penyegaran agar tampil lebih sporty, modern, sekaligus nyaman dan terasa semakin prestisius.

Tidak seperti Sigra yang ditawarkan dalam banyak varian, untuk Calya facelift sendiri PT Toyota Astra Motor hanya menjajakan dua model, yaitu E dan G. Mengenai harganya New Toyota Calya diniagakan Rp161,2 juta sampai dengan Rp180,8 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hanya punya dua varian yang ditawarkan, apa sih bedanya New Toyota Calya E dan G? Daripada pensaran, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Toyota Calya Facelift Lebih Mahal dari Daihatsu Sigra Facelift 2022, Bedanya Dimana?

Eksterior New Toyota Calya E dan G Sama Persis

Perbedaan New Toyota Calya E dan G

Tampilan luar New Toyota Calya E dan G sama

Baik varian E maupun G New Toyota Calya kini terlihat sama. Seperti yang terlihat pada fascianya, mobil ini mengadopsi New Front Mid Grille Design dengan aksen geometris dan berlapis chrome yang menghadirkan kesan sporty dan elegan. Selain itu lampu utamanya juga terlihat semakin atraktif sekaligus modern diperkuat dengan adanya New Smoked LED Headlamp. Di bumpernya, kedua tipe turut dilengkapi dengan foglamp yang mampu meningkatkan penerangan saat berkendara di malam hari.

Melihat bagian samping, New Toyota Calya E dan G diaplikasikan velg 14 inci dengan desain baru two-tone machining berlabur chrome yang sporty dan kokoh. Tak hanya itu, keduanya pun memperoleh retractable outer mirror yang mana dapat membuka dan menutup spion secara otomatis hanya dengan menekan tombol, side moulding, side visor, dan mud guard.

 

Perbedaan New Toyota Calya E dan G

Tampilan belakang varian E dan G sama

Guna meningkatkan kearodinamisan berkendara serta menegaskan kesan modern, tipe E dan G juga dilengkapi new shark fin antenna. Menilik buritan daripada keduanya, TAM sendiri membekalinya garnish black chrome, serta list krom di kaca.

Tampilan Interior Keduanya Sama

Nuansa interior New Toyota Calya E maupun G terasa sama. Keduanya terasa lebih nyaman dan tenang berkat penggunaan New Two-tone Brown & Black with New Black Headlining di sekujur interior. Perpaduan warna cokelat dan hitam yang digunakan meningkatkan kesan prestige kembali diperlihatkan oleh New Two-tone Brown & Black with New Stitch Design pada seluruh jok mobil.

Untuk sistem hiburannya, keduanya sama-sama disematkan head unit AVX layar sentuh yang bisa dikendalikan oleh tombol yang terdapat pada lingkar kemudi. Hanya saja untuk varian G head unitnya telah mendukung konektivitas Smartphone Mirroring Connection, sedangkan tipe dibawahnya hanya bisa terkoneksi dengan jaringan Bluetooth Connection.

Baca juga: Harga Rp10 Jutaan Lebih Murah, New Sigra Tipe R MT Bisa Menang Banyak Dari Calya G MT?

Fitur Keselamatan Varian G Seidkit Lebih Lengkap

Perbedaan New Toyota Calya E dan G

Fitur rear parking camera di varian G New Toyota Calya 

Mengetahui fitur keselamatan yang ada pada New Toyota Calya E dan G, keduanya telah dibekali dengan 3-point seatbelt di seluruh bangku, dual SRS airbag, front seatbelt with pretensioner & force limiter, ISOFIX, side impact beam, Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOA Body (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, dan sisi mobil, serta Rear Parking Sensor.

Terasa semakin aman, tipe G nya berhasil ditambahkan parking camera untuk meningkatkan visibilitas ke belakang ketika mundur yang terkoneksi langsung dengan head unitnya. Untuk keamanannya, keduanya berhasil dilengkapi immoblizer serta main & spare key integrater with remote.

Transmisi Otomatis Hanya Tersedia di Tipe G

Perbedaan New Toyota Calya E dan G

Transmisi otomatis hanya tersedia di tipe G

Sama seperti yang diluncurkan pada 2016, New Toyota Calya E dan G dibenamkan jantung pacu berkodekan 3NR-VE, 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i berkomubusi injeksi dengan kubikasi 1.197 cc. Menurut data di atas kertas, mesin yang dignakan mampu memeras tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm.

Khusus tipe G, mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Sedangkan varian E hanya tersedia transmisi manual saja.

Sebagai informasi, tipe G New Calya memperoleh stabilizer pada suspensinya guna memberikan kestabilan berkendara saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi maupun sedang bermanuver.

Kesimpulan

Secara tampilan New Toyota Calya E dan G terlihat sama. Yang berbeda dari keduanya hanya pada sistem hiburan dimana tipe G dilengkapi dengan mirroring, parking camera, stabilizer pada suspensi serta transmisi matic.

Hanya memiliki sedikit perdebaan, untuk kalian yang berniat membeli Calya facelift dengan transmisi manual kami sarankan untuk menjatuhkan pilihan pada tipe E. Selain harganya lebih terjangkau, untuk pajak tahunan mobil ini juga lebih murah.

Baca juga: Bedanya Sampai Rp6,6 Juta, Perbedaan New Daihatsu Sigra Tipe X dan R Cuma Gini Doang?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil