Seluruh Model Suzuki 2021 Telah Dilengkapi APAR, Apakah Menaikkan Harganya?

Dhoni · 26 Jan 2021 16:15

Demi mendukung Peraturan pemerintah untuk menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan telah melengkapi pada seluruh mobil model Suzuki 2021. Lalu apakah penambahan APAR ini menjadikan harga mobilnya naik?

Suzuki Jamin Model Vin 2021 Telah Dilengkapi APAR

Sejak Januari 2021, PT Suzuki Indomobil Sales memasang APAR pada unit terbarunya untuk mengurangi risiko yang disebabkan kebakaran di dalam mobil. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Yulius Purwanto - Head of 4W Product Development  “Kami selalu berupaya meningkatkan kualitas setiap kendaraan yang diproduksi. Selain menerapkan peraturan pemerintah, adanya APAR pada setiap unit mobil Suzuki dengan VIN 2021 tentu juga sebagai upaya untuk menekan angka kasus mobil terbakar ketika berkendara yang membahayakan,” terangnya. 

Jenis APAR yang digunakan pada seluruh model Suzuki 2021 merupakan model dry chemical powder. Kemampuan dari jenis APAR pada mobil Suzuki dapat menutup permukaan kebakaran/api dari kontak dengan oksigen sehingga api bisa dipadamkan dengan cepat.

Jenis Alat Pemadam Api Ringan pada Suzuki 2021

Jenis APAR ini telah mengantongi SNI yang juga tidak menimbulkan korsleting pada sistem kelistrikan. Seperti yang telah kami jelaskan tentang penyebab mobil terbakar dan cara menghindari hingga jenis Alat Pemadam Api Ringan, kemampuan dry chemical powder dapat memadamkan api pada benda padat non logam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu, kebakaran pada benda gas/uap/cairan seperti metana, amoniak, dan solar dan juga akibat sistem kelistrikan pada mobil.

Posisi penyimpanan APAR pada mobil Suzuki

Tambah APAR harga mobil tidak naik

Pihak PT Suzuki Indomobil Sales memastikan jenis APAR yang digunakan dapat bertahan selama 8 tahun sebelum digunakan. Untuk konsumen Suzuki yang ingin membeli unit APAR secara terpisah demi melengkapi keamanan pada mobil dapat membeli di dealer Suzuki.

“Keselamatan dan keamanan konsumen adalah prioritas Suzuki. Kami harap dengan memfasilitasi APAR pada setiap unit mobil Suzuki dapat menambah rasa aman dan nyaman ketika konsumen berkendara. Dengan adanya tambahan fitur keamanan ini konsumen sudah tidak perlu lagi membayar biaya APAR karena sudah termasuk di dalam harga kendaraan,” tutup Yulius.

Letak APAR pada mobil Suzuki

Untuk posisi penyimpanan APAR pada Suzuki dipastikan tidak menggangu kenyamanan di dalam mobil. Model Suzuki dengan VIN 2021 yang telah dipastikan terdapat APAR terdiri dari Suzuki S-Cross, Suzuki Jimny, Suzuki  Karimun Wagon R, Suzuki  New Baleno, Suzuki  New Ignis, Suzuki  APV, Suzuki  All New Ertiga dan Suzuki XL7.

Biaya pemasangan APAR mobil Suzuki

Untuk pemasangan Alat Pemadam Api Ringan pada mobil Suzuki di bengkel resmi Suzuki dikenakan biaya sebesar Rp 1.250.000 (tabung APAR) yang dapat bertahan hingga 8 tahun tanpa dibuka. Untuk bracket, dana yang harus dikeluarkan tergantung dari jenis mobil dengan rentang harga mulai dari Rp 100 - 150 ribu. sementara untuk biaya pemasangan tergantung dari pihak bengkel resmi.

 

Komentar