window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sempat Disalip, Toyota Fortuner Berhasil Asapi Mitsubishi Pajero Sport di Akhir 2021, Wuling Almaz Mengekor

Prasetyo · 18 Jan, 2022 12:05

Sempat Disalip, Toyota Fortuner Berhasil Asapi Mitsubishi Pajero Sport di Akhir 2021, Wuling Almaz Mengekor 01

Toyota Fortuner jadi SUV ladder frame terlaris 2021
  • Toyota Fortuner SUV Medium dan Large terlaris di Indonesia
  • Toyota Fortuner berhasil kalahkan Mitsubishi Pajero Sport
  • Wuling Almaz series mampu masuk di posisi tiga besar

Pertarungan di kelas SUV menengah hingga large SUV di Indonesia sepanjang tahun lalu cukup sengit. Pasalnya ada empat nama besar yang berebut menduduki posisi utama. Yaitu Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Wuling Almaz, dan Honda CR-V.

Beberapa bulan di 2021, Pajero Sport sempat memimpin perolehan catatan penjualan terbanyak. Wuling pun juga pernah demikian meski tak sesering Mitsubishi. Namun sepertinya posisi Fortuner cukup sulit dilengserkan.

Data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) baru saja memperlihatkan daftar angka wholesales untuk sejumlah model mobil yang dipasarkan di dalam negeri selama 2021. Dan disitu terungkap jika wholesales (pengiriman unit dari pabrik ke dealer) yang dilakukan Toyota Fortuner jauh lebih banyak ketimbang Mitsubishi Pajero Sport maupun Wuling Almaz.

Penasaran apa saja SUV medium dan large SUV terlaris di Indonesia selama tahun lalu? Yuk kita ulas 7 urutan teratasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Toyota Fortuner

Sempat Disalip, Toyota Fortuner Berhasil Asapi Mitsubishi Pajero Sport di Akhir 2021, Wuling Almaz Mengekor 01

Kemunculan model GR Sport dongkrak penjualan Toyota Fortuner

Seperti yang sudah kami ungkapkan tadi, posisi Toyota Fortuner masih sulit untuk dibendung. Di segmen SUV ladder frame, ia sukses jauh mengasapi Mitsubishi Pajero Sport apalagi Isuzu MU-X. Angka penjualannya mencapai 24.177 unit atau lebih banyak sekitar 7 ribu unit dari Pajero Sport.

Sementara jika disandingkan dengan large SUV merek lain speerti Hyundai Santa Fe, dan Mazda CX-8 atau CX-9 sekalipun, Fortuer juga masih di atas awan seakan tak tertandingi.

Baca juga : New Toyota Fortuner 2.8 2022 Paling Murah Rp580,9 Juta, Apa Saja yang Berubah?

2. Mitsubishi Pajero Sport

Sempat Disalip, Toyota Fortuner Berhasil Asapi Mitsubishi Pajero Sport di Akhir 2021, Wuling Almaz Mengekor 02

Tipe Dakar jadi Mitsubishi Pajero Sport terlaris

Posisi kedua daftar SUV medium dan large terlaris di Indonesia dihuni oleh Pajero Sport. Mitsubishi mampu membukukan total wholesales 16.996 unit untuk periode Januari hingga Desember tahun lalu.

Masih jauh memang selisihnya dengan Toyota Fortuner, namun Pajero Sport tetap dominan jika membandingkannya dengan Isuzu MU-X atau SUV lain non Jepang.

3. Wuling Almaz

Sempat Disalip, Toyota Fortuner Berhasil Asapi Mitsubishi Pajero Sport di Akhir 2021, Wuling Almaz Mengekor 03

Punya banyak fitur sukses membuat Wuling almaz jadi menggoda

Cukup mengejutkan apa yang dicapai Wuling tahun 2021. Karena secara total penjualan pabrikan Cina ini sukses merangsek ke posisi 10 besar. Dan untuk Almaz pun Wuling sanggup mencetak penjualan yang mengagumkan.

Total wholesales Wuling Almaz yang tercatat di GAIKINDO 9.694 unit. Angka ini sudah termasuk penjualan Almaz RS. Dan hebatnya, Almaz mampu mempecundangi Honda CR-V yang posisinya setingkat di bawahnya.

4. Honda CR-V

Sempat Disalip, Toyota Fortuner Berhasil Asapi Mitsubishi Pajero Sport di Akhir 2021, Wuling Almaz Mengekor 04

Honda CR-V Black Edition yang baru masuk di penghujung 2021

Yap diposisi keempat ada Honda CR-V dengan total penjualan 8.972 unit. Ada dua kemungkinan mengapa SUV legendaris Honda ini jadi kalah bersaing dengan Wuling Almaz.

Pertama bisa jadi karena pasokan komponen dari Thailand atau Jepang terhambat apalagi semenjak ada krisis chip semikonduktor yang melanda hampir seluruh produsen otomotif dunia. Kondisi ini membuat inden CR-V jadi lebih lama. Kemungkinan kedua ya karena memang CR-V sudah terlalu over price akibat fitur yang ditawarkan kalah lengkap dengan Wuling Almaz.

Baca juga : Catat Nih Harga Mobil Honda Per Januari 2022, Brio Lebih Mahal dari Avanza, CR-V Naik Hampir Rp100 Juta

5. Hyundai Palisade

Sempat Disalip, Toyota Fortuner Berhasil Asapi Mitsubishi Pajero Sport di Akhir 2021, Wuling Almaz Mengekor 05

Desain menawan jadi salah satu daya tarik Hyundai Palisade

Ketika bicara large SUV di Indonesia memang tak bisa cuma dari brand Jepang saja. Sebab pabrikan Korea pun punya senjata andalan. Satu diantaranya Hyundai yang memiliki deretan SUV tangguh serta diperkuat fitur-fitur modern.

Nah yang cukup mengejutkan, baru diliris akhir 2020, ternyata Hyundai Palisade sudah memikat banyak penggemar SUV di Indonesia. Desain yang European Look, bertabur fitur canggih, serta mesin yang kuat, kami rasa jadi ramuan jitu pemikatnya.

6. Mazda CX-5

Sempat Disalip, Toyota Fortuner Berhasil Asapi Mitsubishi Pajero Sport di Akhir 2021, Wuling Almaz Mengekor 06

SUV stylish yang punya penggemar setia

Ketika seseorang mencari sosok mobil stylish yang terlihat modern, dan fitur-fiturnya juga kekinian, tapi tak mau dari brand Eropa, maka sudah pasti akan dirujuk pada satu merek Jepang yakni Mazda. Terkenal menawarkan mobil dengan Kodo Design yang eksotik, penggemar mobil ini pun biasanya pengguna setia.

Lihat saja bagaimana Mazda CX-5 yang masih cukup laris dipasaran. Padahal ketika kompetitornya sesama Jepang sudah banyak berubah, Mazda CX-5 seakan tampil masih begitu-begitu saja. Tapi tetap laku!

7. Hyundai Santa Fe

Sempat Disalip, Toyota Fortuner Berhasil Asapi Mitsubishi Pajero Sport di Akhir 2021, Wuling Almaz Mengekor 07

Alternatif menarik dibanding SUV Jepang

Lagi-lagi SUV Hyundai masuk ke dalam daftar 7 SUV medium dan large terlaris di Indonesia selama 2021. Sejak masuk ke Indonesia, Hyundai Santa Fe memang dilirik sebagai alternatif SUV non Jepang. Mereka yang mulai jenuh dengan Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport biasanya memang mencoba Santa Fe, dan pasti akan ketagihan.

Apalagi Hyundai juga menawarkan Santa Fe dengan mesin diesel tak kalah bertenaga dibanding dua kompetitornya itu. Bahkan kenyamanan serta fitur yang diusungnya setingkat lebih advance. Jadi tak heran kalau Santa Fe tetap mampu menisi segmennya dengan porsi cukup besar.

Berikut daftar SUV Medium dan Large terlaris 2021 di Indonesia

Daftar SUV Medium dan Large 2021
Urutan Model Penjualan
1. Toyota Fortuner 24.177 unit
2. Mitsubishi Pajero Sport 16.996 unit
3. Wuling Almaz 9.694 unit
4. Honda CR-V 8.972 unit
5. Hyundai Palisade 1.442 unit
6. Mazda CX-5 891 unit
7. Hyundai Santa Fe 733 unit

Baca juga : Pilih Hyundai Santa Fe Bekas 2016 Kalau Cari SUV Diesel Powerful daripada Fortuner atau Pajero Sport

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil