Serba Serbi Honda Civic FD Bekas, Sedan 'Batman' yang Awet Mahalnya

Yongki Sanjaya · 28 Des 2020 16:13

Nama Honda Civic begitu populer di Indonesia, dan hampir tiap generasi selalu jadi favorit. Ada beberapa generasi Civic yang begitu legendaris, salah satunya yaitu Civic FD. Honda Civic FD yang sering disebut sebagai Civic Batman ini harga bekas sedan cenderung stabil, kok bisa?

Misalnya saja, Civic FD tahun 2007 harga bekasnya masih ada di angka Rp 150 juta. Untuk pasaran harga bekas Civic Batman ini paling murahnya yaitu sekitar Rp 110 juta. Bahkan unit termahalnya mencapai Rp 189 jutaan.

Untuk ukuran sedan medium keluaran 2006-2011, angka segitu masih cukup tinggi. Wajar saja sih, karena memang secara performa sedan ini punya tenaga yang besar juga. Bahkan mobil ini kerap jadi andalan di ajang kontes modifikasi maupun balap. 

Saat itu Civic FD masih didatangkan dalam bentuk CBU dari Thailand. Civic FD ini masuk kategori mid-sedan, yang jadi pesaing Toyota Corolla Altis, Mitsubishi Lancer EX dan sebagainya.

Karena desainnya yang timeless dan tetap mewah, tidak sedikit pula remaja hingga eksekutif muda yang menjatuhkan pilihan pada mobil ini sebagai mobil hariannya. Walaupun Honda Civic FD sudah berumur, tapi desainnya yang masih keren dipakai. Bahkan untuk sedan bekas di 2021 mendatang, masih oke diajak ke tongkrongan.

Sedan asal Jepang ini juga punya aspek yang menggabungkan performa sporty dan desain mewah. Di usinya yang sudah tak muda, desain Civic FD masih enak dilihat dan tidak menampilkan kesan mobil tua.

Mesin Gahar Honda Civic FD Bekas, Siap Diajak Ngebut

Mesin Honda Civic FD masuk kategori punya tenaga yang besar tanpa turbo.

Kalau kalian penggemar performa atau punya style berkendara agresif, maka Civic Batman ini jadi pilihan pas. Honda Civic FD hadir dengan 2 pilihan mesin, yakni 1.8 dan 2.0 liter. 

Civic FD1 dengan mesin R18A i-VTEC SOHC berkapasitas 1.800 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 140 dk di 6.300 rpm, dan torsi 177 Nm di 4.200 rom.

Sedangkan Civic FD2 menanamkan mesin k20Z2 i-VTEC DOHC berkapasitas 2.000 cc. Tenaganya mencapai 155 dk di 6.000 rpm, dan torsi 192 Nm di 4.200 rpm. Lumayan besar untuk mesin 2.0 liter. 

Outputnya tersalurkan lewat pilihan transmisi manual atau otomatis lima percepatan. Di varian otomatis, perpindahan transmisi dapat kita lakukan lewat paddle shift. Jadi, kita bisa merasakan sensasi ala mobil balap F1. 

Civic FD Bekas, Sedan Mewah Miskin Fitur? 

Dengan harga yang mahal ini, menunjukkan kelasnya kalau Civic FD sejatinya adalah sedan mewah. Namun soal fitur kenyamanan jangan banyak berharap Kalau Civic Batman ini bisa mirip seperti mobil Rp 180 jutaan versi terbaru.

Fitur bawaan di sedan ini mungkin terasa uzur di standar mobil masa sekarang. Sarana hiburan di Civic FD berupa 2DIN jadul berisi CD player, MP3, dan USB. AC juga manual lewat paduan tombol dan kenop putar. 

Pada masanya, fitur seperti ini cukup memuaskan para konsumen. namun untuk ukuran sedan 1.800-2.000 cc masa kini jelas tidak. Bahkan LCGC atau city car dengan rentang harga serupa pun sudah memakai head unit monitor dengan layar sentuh.

Mungkin untuk fitur hiburan sudah ketinggalan zaman. Tapi saat duduk di balik kemudi, kita disuguhi desain panel instrumen futuristik. Belum lagi, Civic memiliki posisi duduk yang sangat egronomis sehingga benar-benar driver oriented. 

Panel instrumen multiplex sangat revolusioner di zamannya. Dengan layar multiplex ini, pengemudi hanya perlu melirik sedikit kebawah untuk memantau info yang ada. 

Desain Modis Ala Civic Batman, Bukan Sedan Tua yang Membosankan

Sedan ini juga terkenal dengan sebutan Civic ‘Batman’ di kalangan penggunanya. Soalnya bentuk ekor dianggap mirip bat mobile, apalagi untuk yang berwarna hitam. Selain itu desain bodi eksteriornya yang sangat berkarakter, streamline. 

Civic FD cukup populer dalam keluarga Honda Civic, berkat desain yang dianggap lebih bagus daripada generasi sebelum maupun setelahnya. Bahkan performanya pun cukup powerfull bagi penyuka kecepatan sehingga pas dengan desainnya agresif, revolusioner namun kontroversial. 

Banyak yang menganggap kalau Honda Civic generasi ke-8 yang punya kode bodi FD 1 dan FD 2 ini memang generasi Civic yang terbaik. Sebab Civic generasi ke-8 ini yang paling laku dibanding generasi sebelum atau sesudahnya.

Kesimpulan

Sang legenda hidup Civic ini berhasil menjadi sedan yang senantiasa menggoda di tengah usia yang menua. Dengan anggaran alias budget Rp 150 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang Honda Civic FD. 

Bagi yang cari sedan irit BBM, maka bisa membeli varian bermesin 1800 cc dengan transmisi otomatis. Civic FD1 konsumsi bahan bakarnya lebih hemat bila dibandingkan dengan varian bermesin 2000 cc. Tenaganya dirasa sudah mencukupi untuk sebuah sedan. 

Tidak usah khawatir karena transmisi otomatis yang bandel akan membuat Anda merasa aman dan nyaman saat mengendarainya baik untuk daily drive maupun sesekali pelisir keluar kota. Bagi yang doyan ngebut maka kombinasi mesin 2.000 cc dengan transmisi manual boleh jadi incaran.  

Komentar

Mobil Terbaru