window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sering Dengar Istilah Blind Spot dan Black Spot Saat Berkendara? Ternyata Artinya Berbeda

Herdi · 21 Nov, 2022 09:05

Sering Dengar Istilah Blind Spot dan Black Spot Saat Berkendara? Ternyata Artinya Berbeda 01

  • Kenali arti dari Blind Spot dan Black Sport.
  • Keduanya penting dalam berkendara di jalan raya.
  • Walau mirip Blind Spot adalah memiliki makna yang berbeda dengan Black Spot.

Dalam dunia otomotif berbagai istilah kerap terdengar cukup asing  di telinga kaum awam. Termasuk penyebutan kata Blind spot dan Black Spot. Meski sama-sama menggunakan ejaan spot di belakangnya. Namun yang pasti kedua istilah ini ternyata berbeda. Hanya saja semuanya berkaitan dengan masalah kecelakaan. 

Nah, Anda yang belum tahu apa itu blind spot dan black spot? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Tilang Elektronik Dinilai Bisa Tingkatkan Disiplin Berkendara Dibanding Tilang Manual

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Blind Spot Adalah Titik yang Tidak Terlihat Pengemudi

Ilustrasi area blind spot

Ilustrasi area blind spot

Melansir Jasa Marga, blind spot adalah titik buta yang merupakan area tidak terlihat oleh pengemudi. Alhasil, si pengemudi tidak bisa melihat keberadaan pengguna jalan lain termasuk mobil, motor atau yang lainnya, meskipun relatif jaraknya dekat.

Penyebab blindspot beragam, mulai dari ukuran kendaraan yang terlalu besar, muatan kendaraan dalam jumlah banyak, cuaca, lokasi jalan berbelok, jangkauan jarak pandang yang terbatas, dan perihal lainnya.

Selain itu, titik buta seseorang berbeda-beda, termasuk jangkauan spion yang cukup terbatas, muatan yang dibawa menghalangi pandangan, dan desain kendaraan yang juga berbeda-beda. Setiap pengemudi sudah seharusnya memperhitungkan titik butanya masing-masing.

Cara mengurangi blindspot, yaitu sebaiknya sebelum mengemudi terlebih dahulu mengatur kaca spion yang disesuaikan dengan posisi pengemudi. Selain itu, bisa juga memberi kaca tambahan untuk mengurangi bagian titik buta.

Baca juga: Kecelakaan Maut Terulang Lagi, Truk Seruduk Mobil dan Motor di Jalan Turunan Cibubur

Ilustrasi Area Blindspot

Ilustrasi Area Blindspot

Pengemudi juga tetap berkendara di zona aman dan terbuka. Jika ingin menyalip jangan melalui sisi kiri, karena pengemudi akan kesulitan melihat kendaraan yang menyalip dari kiri.

Ketika hendak berbelok, sebaiknya selalu menyalakan lampu sein atau membunyikan klakson. Termasuk saat hendak ingin menyali sebagai tanda atau pengingat.

Pengemudi juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di pada mobil, yang saat ini banyak jenisnya mulai dari blindspot warning, blindspot collision, hingga blindspot monitoring.

Pada intinya fitur ini akan memberikan informasi adanya keberadaan kendaraan lain di sekitar area titik buta, melalui tanda di kaca spion atau bunyi yang memanfaatkan sensor.

Black Spot Adalah Lokasi Rawan Kecelakaan

Ilustrasi kecelakaan.

Kecelakaan di jalan raya

Sementara itu, untuk istilah blackspot cenderung mengarah pada suatu lokasi, yang angka kecelakaan tinggi dan kejadiannya sering terulang dalam waktu singkat atau relatif sama karena ada suatu.

Perihal ini juga tertuang dalam Panduan Teknis Rekayasa Keselamatan Jalan Direktur Jenderal Bina Marga Dalam Instruksi Direktur Jenderal Bina Marga Nomor 02/IN/Db/2012.

Sebagai ilustrasi, blackspot biasa terjadi kira-kira sepanjang 500 m yang sering terjadi kecelakaan dengan Angka Ekivalensi Kecelakaan (AEK) lebih dari 30 kejadian yang dihitung berdasar data kecelakaan selama dua tahun. Dalam kecelakaan tersebut juga terdapat korban, seperti meninggal dunia, luka berat atau luka ringan. 

Baca juga: 17 Mobil Kecelakaan di Tol Cipularang, Lagi-lagi Akibat Bus Rem Blong

Ilustrasi kecelakaan.

Kecelakaan lalu lintas di jalan tol

Hal ini mengacu pada Keputusan Kakorlantas Polri No. 43/2016 tentang Pedoman Penentuan dan Pengkajian Blackspot. AEK dihitung berdasarkan data kecelakaan dari Kepolisian yang terhimpun dalam sistem IRSMS (Indonesian Road Safety Management System).

Kriteria Suatu Lokasi Disebut Blackspot dan Cara Menanganinya

Anda yang kerap melakukan perjalanan, sebaiknya mengetahui beberapa kriteria lokasi yang disebut blackspot, yaitu lokasi terjadi tergolong tinggi. Kemudian area Blackspot atau lokasi kejadian kecelakaan relatif menumpuk atau berulang.

Selanjutnya, lokasi kecelakaan biasanya berupa persimpangan atau segmen ruas jalan sepanjang 100-300 meter untuk jalan perkotaan dan ruas jalan sepanjang 1 km untuk jalan antarkota.

Ilustrasi kecelakaan

Kecelakaan maut di Cibubur

Selain itu, lokasi black spot terjadi dalam ruang dan rentang waktu yang relatif sama. kemudian lokasi Black Spot memiliki penyebab kecelakaan dengan faktor yang spesifik.

Sejatinya Jasa Marga atau pihak terkait di jalan raya maupun jalan tol, termasuk kepolisian memiliki solusi untuk menangani Blackspot, antara lain:

  1. Penanganan lokasi rawan kecelakaan sangat bergantung kepada akurasi data kecelakaan, karenanya data yang untuk upaya ini harus bersumber pada instansi resmi.
  2. Penanganan harus dapat mengurangi angka dan korban kecelakaan semaksimal mungkin pada lokasi kecelakaan.
  3. Solusi penanganan kecelakaan dipilih berdasarkan pertimbangan tingkat pengurangan kecelakaan dan pertimbangan ekonomis.
  4. Upaya penanganan ditujukan meningkatkan kondisi keselamatan pada lokasi kecelakaan dilakukan melalui rekayasa jalan, rekayasa lalu lintas dan manajemen lalu lintas.    

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil