window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wajib Rutin Dirawat, Jangan Sampai Ban Cadangan Mobil Muncul Kerusakan Seperti Ini

Ilham · 22 Mei, 2022 14:05

Wajib Rutin Dirawat, Jangan Sampai Ban Cadangan Mobil Muncul Kerusakan Seperti Ini 01

  • Kondisi ban cadangan mobil sering luput dari perawatan.
  • Tak jarang ban cadangan menjadi tak layak pakai.
  • Padahal ban cadangan juga perlu rutin dicek agar tak muncul berbagai masalah.

Seperti julukannya, ban cadangan memang hanya dipakai saat darurat, yakni ketika ban utama mengalami masalah, seperti kempes atau bocor.  Sayangnya, sebagian orang justru tak pernah menenggok sama sekali sehingga saat akan digunakan kondisi sudah tak layak pakai.

Karena ban serep kerap dipandang seperti hanya bagian dari aksesori atau pelengkap kendaraan saja. Padahal fungsinya tidak bisa dianggap enteng.

Apalagi di mobil-mobil saat ini, ban cadangan hanya disimpan di kolong mobil posisinya sering tak terpantau. Alhasil, ban cadangan alias ban serep pun luput dari perawatan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Wajib Rutin Dirawat, Jangan Sampai Ban Cadangan Mobil Muncul Kerusakan Seperti Ini 01

Posisinya yang tersembunyi sering luput dari perhatian

Padahal ban serep wajib mendapatkan perawatan berkala. Karena jika tidak dilakukan perawatan, kondisi ban serep dapat mengalami penurunan dan bisa tidak dapat digunakan saat dibutuhkan. Tentu kondisi tersebut akan sangat merepotkan saat membutuhkan ban serep di perjalanan.

Sejumlah masalah pun kerap ditemui jika ban cadangan lama tak ditengok. Lalu apa saja masalah itu?

Baca Juga: Gandeng Drifter, Ban GT Radial Unjuk Ketangguhan di Sirkuit Mandalika

Ban Cadangan Kempes

Salah satu masalah yang biasanya terjadi ketika ingin memakai ban cadangan adalah tekanan anginnya yang kurang, atau kempes. Hal ini malah berkebalikan dengan fungsinya sebagai ban yang dapat dipakai kapan saja ketika darurat.

Wajib Rutin Dirawat, Jangan Sampai Ban Cadangan Mobil Muncul Kerusakan Seperti Ini 02

Cek selalu tekanan angin ban cadangan

Dalam mengantisipasi hal tersebut, yang perlu diperhatikan ialah tekanan angin ban cadangan yang perlu juga dicek rutin. Ingat, meski tidak digunakan tekanan angin dalam ban cadangan dapat berkurang akibat penguapan di ruang penyimpanan. 

Untuk itu disarankan mengecek tekanan angin pada ban serep setidaknya sebulan sekali. Disarankan juga untuk mengisi tekanan ban serep dengan tekanan 5-8 Psi di atas ban utama. Semisal, isi dengan tekanan 38-40 Psi.

Karet Ban Cadangan Mulai Getas

Selain tekanan angin, coba cek juga kondisi karet ban cadangan. Karena usia pakainya yang jarang dan tidak masuk dalam skema rotasi ban utama, ada kemungkinan karet ban sudah getas karena usia.

Pasalnya, penting untuk diketahui bila banyak kejadian akibat ban cadangan yang telalu lama disimpan membuat kualitas karetnya menurun. Terutama untuk ban yang tersimpan di bawah ruang bagasi karena minimnya udara di ruangan tersebut.

Wajib Rutin Dirawat, Jangan Sampai Ban Cadangan Mobil Muncul Kerusakan Seperti Ini 03

Karet ban cadangan bisa getas meski tak dipakai

Jika sudah getas, lebih baik langsung mengganti ban cadangan tersebut. Karena alih-alih bisa dipakai saat darurat, ban yang tak layak pakai itu justru berpotensi membahayakan dalam perjalanan.

Baca juga : Sudah Tahu Posisi Ban Serep Mobilmu? Beda Jenis Mobil Beda Letaknya Lho!

Pelek Ban Cadangan Karatan

Selain ban, kondisi pelek pada ban cadangan yang kerap bertipe kaleng juga perlu diperhatikan kebersihannya. Untuk itu pastikan juga ban dan pelek cadangan dalam kondisi bersih bebas dari kotoran atau cipratan lumpur.

Wajib Rutin Dirawat, Jangan Sampai Ban Cadangan Mobil Muncul Kerusakan Seperti Ini 04

Lebih baik diganti jika tak layak

Hal tersebut guna menghindari karat pada pelek. Selain itu ada baiknya ban serep digunakan meskipun ban utama tidak bermasalah, hal ini dilakukan agar karet ban serep tidak pecah atau kaku karena lama tidak digunakan.

Dengan melakukan rotasi ban utama dengan ban serep juga dapat membuat umur ban dapat sama satu sama lain dan tidak ada ban yang habis terlebih dahulu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil