window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sering Terlupakan, Ini Fungsi dan Waktu Penggantian Oli Transmisi di Mobil Manual

Yongki Sanjaya · 2 Feb, 2022 19:00

Sering Terlupakan, Ini Fungsi dan Waktu Penggantian Oli Transmisi di Mobil Manual 01

Oli transmisi selama ini hanya identik dengan mobil dengan transmisi otomatis. Walau memakai transmisi manual, sebenarnya masih banyak mobil yang menggunakan oli transmisi untuk mempermudah kinerja gigi transmisinya. 

Bagi kamu yang memiliki mobil dengan transmisi manual, jangan sampai abai dengan siklus penggantian oli transmisi. Jadi, tak cuma oli mesin saja yang diperhatikan tapi juga pelumasan untuk gigi transmisinya. 

Sebagai informasi, kerja girboks di transmisi manual mengalami gesekan yang sifatnya berbeda atau berlawanan arah gerak. Nah, oli transmisi cairannya lebih encer supaya mereduksi gesekan, juga memiliki aditif penahan suhu panas. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jadi, fungsi oli transmisi adalah menjaga suhu komponen gigi di dalam girboks tetap dingin. Pada saat sedang berkendara, transmisi manual atau otomatis akan menghasilkan panas. 

Oli inilah yang bertugas menjaga suhu komponen di dalam transmisi tetap baik. Jadi fungsinya hampir sama seperti oli pada mesin mobil. 

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk ganti oli transmisi manual?

Periode Ganti Oli Transmisi, Waktunya Sangat Lama Sampai Terlupakan

Sering Terlupakan, Ini Fungsi dan Waktu Penggantian Oli Transmisi di Mobil Manual 01

Banyak pemilik mobil transmisi manual kurang memperhatikan kualitas oli dari transmisi. Oli pada transmisi manual juga wajib diganti secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menjaga komponen gigi di dalam transmisi tetap terjaga dengan baik. 

Tidak seperti mobil matic, oli transmisi pada mobil manual sangat jarang diganti. Jika harus diganti, biasanya setelah menempuh jarak hingga puluhan ribu kilometer. Penggantian oli transmisi pada mobil manual bila mengacu pada buku pemilik kendaraan, bisa mencapai 40.000 kilometer.

Biasanya, mobil manual direkomendasikan untuk mengganti oli transmisi setiap kelipatan 20.000 km sampai dengan 40.000 km. oli transmisi manual memang perlu diganti secara berkala. Hal ini karena juga menyangkut kinerja kendaraan yang bergantung pada pelumasan. 

Semakin kecil gesekan pada sistem transmisi, akan membuat kerja mesin semakin halus. Tentu saja ini juga akan membuat usia pakai komponen pada sistem transmisi menjadi lebih lama.

Estimasi Harga dan Volume Oli Transmisi yang Digunakan Mobil Manual

Sering Terlupakan, Ini Fungsi dan Waktu Penggantian Oli Transmisi di Mobil Manual 02

Harga oli transmisi manual ini bervariasi tergantung merek dan spesifikasi yang diminta tiap mobil. Kisaran harganya antara Rp50 ribu bahkan ada juga yang sampai Rp200 ribuan per liter. 

Volume oli yang perlu dibeli juga tidak sebanyak oli mesin, karena oli transmisi biasanya hanya membutuhkan 1 liter hingga 1,2 liter oli saja. Saat ganti oli transmisi juga perlu mempersiapkan budget tambahan untuk biaya jasa di bengkel yang pastinya berbeda-beda.

Ganti oli transmisi ini begitu penting karena membuat performa mesin mobil kembali optimal. Tarikannya menjadi enteng dan mesin terasa halus. Hal ini terjadi karena zat aditif pada oli transmisi manual mampu memperbaharui kinerja transmisi seperti baru lagi.

Ciri Oli Transmisi Mobil Manual Waktunya Harus Diganti

Transmisi Manual Susah Pindah Gigi

Salah satu tanda yang mengharuskan kita untuk mengganti oli transmisi mobil manual adalah susah atau keras saat pindah gigi. Biasanya saat memasukkan gigi, tuas persneling agak keras dan sulit masuk ke gigi yang diarahkan.

Gejala tersebut sebenarnya menandakan adanya dua kemungkinan masalah di seputar transmisi. Pertama, mungkin saja oli transmisinya sudah jelek atau bisa juga kampas koplingnya sudah tipis. Biasanya cara termudah dan termurah untuk mendeteksi adanya masalah adalah dengan mengganti oli transmisinya terlebih dahulu.

Warna Oli Transmisi Sudah Berubah Menghitam 

Sering Terlupakan, Ini Fungsi dan Waktu Penggantian Oli Transmisi di Mobil Manual 03

Untuk mengetahui kondisi oli transmisi biasanya terdapat dipstick oli khusus untuk transmisi. Dipstick ini berbentuk seperti dipstick oli mesin.

Indikator dari kondisi oli yang masih bagus yaitu berwarna pink atau kemerahan. Jika warna oli transmisinya sudah agak menghitam sebaiknya segera lakukan penggantian.

Kondisi oli seperti itu menunjukkan tanda penurunan kualitas. Bisa juga oli tersebut sudah kotor akibat filternya sudah terlalu kotor.

Dengung dari Transmisi

Jika sedang berkendara dan kamu mendengar bunyi dengung dari bagian bawah mobil, bisa jadi itu berasal dari transmisi. Transmisi yang sudah berdengung sudah seharusnya dicek kondisi olinya.

Dengung tadi berasal dari persinggungan antar gir yang ada di dalam transmisi. Biasanya bunyi dengung berasal dari oli transmisi yang kualitasnya sudah menurun sehingga friksi di girboks cukup besar.

Kesimpulan

Setiap komponen yang ada di mobil butuh mendapatkan perawatan rutin. Walaupun jarak penggantian cukup lama, tapi oli transmisi ini jangan sampai terlupakan.

Melihat periode penggantiannya, maka oli transmisi ini jadwalnya bisa kita barengi saat servis besar. Kita bisa sekalian melakukan penggantian sembari melakukan general check kondisi kendaraan setiap 40.000 kilometer. Jadi, jangan sampai kelupaan ya! 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil