Setelah Daihatsu Rocky 2021, Daihatsu akan Siapkan SUV baru pesaing Suzuki Jimny

Dhoni · 11 Feb, 2021 14:15

Suzuki Jimny memang masih berjaya dalam penjualan SUV 4x4 berdimensi ringkas. Hal ini tentu membuat berbagai produsen, termasuk Daihatsu memiliki keinginan untuk menghadirkan mobil serupa demi merebut pasar yang dikuasai Suzuki Jimny. Kemungkinan besar pada akhir 2021, Daihatsu Rugger siap menantang Suzuki Jimny.

Setelah Daihatsu Rocky 2021, Daihatsu akan Siapkan SUV baru pesaing Suzuki Jimny 01

Daihatsu akan hadirkan penantang Suzuki Jimny

Daihatsu memang beberapa tahun silam lebih fokus dalam memproduksi mobil keluarga yang masuk dalam kategori MPV, SUV hingga City Car maupun LCGC. Padahal sebelum memiliki line up yang cukup memiliki pamor dalam dunia mobil offroad atau 4x4, seperti Daihatsu Rocky 4x4 (versi lawas), Daihatsu Hiline GTL 4x4 dan Daihatsu Taft 4x4.

Di Indonesia, line up Daihatsu 4x4 tergolong diminati. Terlebih Daihatsu Taft yang terakhir diproduksi pada 2007. Di beberapa Negara Daihatsu Taft memiliki nama lain, yakni Wildcat, Scat dan Rugger. Nama Daihatsu Rugger sendiri digunakan untuk nama lain dari Daihatsu Taft.

Setelah Daihatsu Rocky 2021, Daihatsu akan Siapkan SUV baru pesaing Suzuki Jimny 02

Daihatsu Taft versi lawas

Namun kehadiran Daihatsu Rugger 4x4 yang seperti dilansir dari Best Car Web, mobil yang akan meluncur pada Desember 2021 berbeda dengan versi pendahulunya. Hal ini mengingat dimensi dari platform yang digunakan Daihatsu Taft Reborn, tidak seperti Suzuki Jimny. Sedangkan Daihatsu Rugger mengincar pasar SUV 4x4 berdimensi ringkas atau compact.

Belum ada kepastian tentang wujud sebenarnya dari Daihatsu Rugger 4x4, mungkin saja menggunakan platform baru karena secara dimensi bila menggunakan platform yang sama dengan Daihatsu Rocky atau Toyota Raize, dimensinya akan jadi lebih besar.

Perbedaan Dimensi Daihatsu Rocky, Suzuki Jimny dan Daihatsu Taft
Dimensi Daihatsu Rocky Suzuki Jimny Daihatsu Taft
Panjang 4.065 mm 3.625 mm 3.395 mm
Tinggi 1.710 mm 1.645 mm 1.475 mm
Lebar 1.635 mm 1.720 mm 1.630 mm

Jika diperhatikan secara dimensi,  kemungkinan Daihatsu Rugger 4x4 menggunakan platform yang sama dengan Daihatsu Taft. Versi ini telah meluncur di Jepang pada Januari 2020. Namun yang pasti platform dari Daihatsu Rugeer akan menggunakan platform DNGA

Untuk mesin yang akan digunakan pada Daihatsu Rugger 4x4, sepertinya akan mengadopsi dari Daihatsu Rocky yaitu 1.000cc 3 silinder Turbo. Begitu pula dengan sistem transmisi, tersedia dalam pilihan manual 6 percepatan dan otomatis CVT.

Setelah Daihatsu Rocky 2021, Daihatsu akan Siapkan SUV baru pesaing Suzuki Jimny 03

Daihatsu Taft concept (car-moby.jpcar-moby.jp)

Sementara untuk sistem gerak roda yang harus dapat mengalahkan atau minimal menyamai Suzuki Jimny, sistem gerak empat roda akan digunakan pada Daihatsu Rugger 4x4. Dengan fitur Dynamic Control 4WD seperti pada Daihatsu Rocky yang dijual di Jepang.

 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Jimny MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru