window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Setelah Daihatsu Rocky, Indonesia Kebagian MPV Hybrid Pertama Daihatsu?

Dhoni · 6 Mar, 2021 14:00

Setelah Daihatsu Rocky, Indonesia Kebagian MPV Hybrid Pertama Daihatsu? 01

Daihatsu siapkan mobil MPV hybrid pertamanya

Sepanjang tahun 2020, Daihatsu hanya melakukan minor facelift dan tidak menambah model baru di Indonesia. Tahun ini semua konsumen Indonesia menantikan kehadiran Daihatsu Rocky 2021. 

Dengan tuntutan mobil ramah lingkungan yang semakin ketat, mendorong Daihatsu yang kini tengah menyiapkan mobil hybrid. Kabarnya mobil ini akan mulai diperkenalkan pada Oktober 2021 di Jepang.

Dari hasil informasi yang kami lansir dari media di Jepang, mobil hybrid pertama Daihatsu nantinya berwujud Multi Purpose Vehicle (MPV). Daihatsu tengah menyiapkan konsep agar dapat memberikan harga yang terjangkau bagi konsumennya.

Mobil Hybrid Daihatsu Pertama 

Daihatsu menurut kabar tengah menyiapkan mobil dengan sistem hybrid pertama sepanjang sejarah pabrikan asal Jepang ini. Kemungkinan terbesar, sistem hybrid yang akan digunakan Daihatsu tetap mengacu pada harga agar ekonomis.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk tahap awal, sistem hybrid ini akan digunakan pada model MPV terbaru Daihatsu, kemudian baru dipasangkan pada Daihatsu Move. Mobil Daihatsu hybrid rencananya akan mulai diluncurkan pada Oktober 2021.

Harga diperkirakan mulai dari Rp225 juta hingga Rp300 jutaan untuk Multi Purpose Vehicle (MPV) berukuran compact ini. Mobil ini memiliki kapasitas dapat menampung 7 orang dengan tiga baris bangku.

Dimenasi MPV compact ini diperkirakan akan lebih kecil dari Toyota Sienta. Rumor lainnya yaitu mungkin saja memiliki kesamaan dengan Daihatsu DN-Multisix konsep seperti yang diperlihatkan pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show pada 2017.

Setelah Daihatsu Rocky, Indonesia Kebagian MPV Hybrid Pertama Daihatsu? 01

Daihatsu DN-Multisix konsep

Dimensi Daihatsu MPV Hybrid Daihatsu diperkirakan akan memiliki panjang 4.100 mm, Lebar 1.680 mm, tinggi 1.700 mm dengan wheelbase 2.710 mm. Meski dimensinya lebih kecil dari Toyota Sienta, namun ruang kabinnya diklaim lebih besar. Di kedua sisinya juga diperkirakan menggunakan pintu model geser yang tampaknya akan mengadopsi milik Daihatsu Thor untuk menekan ongkos produksi.

Mesin Hybrid Daihatsu Pertama 

Sebagai versi hybrid, pihak Daihatsu akan membekali mesin 1.5L NA yang diadopsi dari milik Toyota. Namun jika hadir dalam versi 1.3L akan mengusung mesin buatan Daihatsu sendiri. Mesin ini kemungkinan akan disokong sebuah motor listrik dengan daya dari baterai Lithium ion. 

Setelah Daihatsu Rocky, Indonesia Kebagian MPV Hybrid Pertama Daihatsu? 02

Daihatsu siapkan mobil hybrid pertamanya

Jika mobil hybrid buatan Daihatsu hadir di Indonesia, tentunya akan meramaikan pasar kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air. Hal ini tentunya sesuai dengan arah kebijakan di Indonesia yang tengah menyiapkan diri sebagai negara yang akan memasuki era elektrifikasi, agar kendaraan yang beredar ebih ramah lingkungan.

Sejauh ini di Indonesia telah tersedia berbagai pilihan untuk mobil ramah lingkungan, seperti Corolla Cross Hybrid, C-HR Hybrid, Camry Hybrid hingga Hyundai Kona electric.

Namun rasanya, Daihatsu hybrid baru akan hadir paling cepat di tahun 2022. Peluncurannya jelas menyusul Daihatsu Rocky yang tahun ini dipastikan kehadirannya di Indonesia.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil