window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Setelah Menunggu 8 Bulan, Toyota GR Yaris Akhirnya Dikirim ke Konsumen

Adit · 15 Nov, 2021 08:06

Setelah Menunggu 8 Bulan, Toyota GR Yaris Akhirnya Dikirim ke Konsumen

PT Toyota Astra Motor (TAM) menepati janjinya menyerahkan Toyota GR Yaris kepada para pembelinya. Seremoninya dilakukan secara simbolis di booth Toyota pada pameran otomotif GIIAS 2021, Sabtu (13/11/2021).

Sebelumnya TAM telah membuka keran pemesanan terhadap hot hatch yang mewarisi DNA mobil reli itu pada Maret 2021 lalu. Gayung bersambut. Mobil baru tersebut langsung mendapat sambutan yang luar biasa. Sebab dalam hitungan sebulan, ada 600 orang yang hendak membeli.

Setelah Menunggu 8 Bulan, Toyota GR Yaris Akhirnya Dikirim ke Konsumen 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: First Drive Toyota GR Yaris: Sensasi Mendebarkan Saat Menjinakkan Si Hatchback Seksi Pelahap Medan Reli

Padahal Toyota GR Yaris yang tersedia di Indonesia terbatas hanya 126 unit. Untuk itu TAM bersama jaringan penjualan Toyota melakukan pengundian secara acak kepada konsumen yang sudah sudah menunjukkan minatnya untuk membawa pulang. 

Direktur Pemasaran PTTAM, Anton Jimmi Suwandy menyatakan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pelanggan terpilih, yang berkenan untuk bersabar dalam menunggu pengiriman unitnya sampai ke rumah. Ini karena distribusinya dilakukan langsung dari Jepang, serta cuma diproduksi 25 ribu unit. 

"Mulai hari ini, kami akan mengirimkan Toyota GR Yaris secara bertahap kepada pelanggan, mengikuti suplai dan alokasi yang telah ditetapkan oleh Toyota global," kata Anton dalam keterangan resmi yang diterima AutoFun Indonesia. 

Setelah Menunggu 8 Bulan, Toyota GR Yaris Akhirnya Dikirim ke Konsumen 01

Toyota GR Yaris, Mobil Reli Buat Harian

Sekilas mengenai mobil tersebut, merupakan hatchback yang dikembangkan oleh divisi motorsport Toyota Gazoo Racing (GR). Racikan performa dan penampilannya disesuaikan dengan model yang sama, yang turun di kejuaraan reli dunia WRC

Idenya karena pabrikan juga ingin para loyalisnya merasakan pengalaman baru mengemudikan mobil berperforma tinggi, seperti yang digunakan pebalap Esapekka Lappi dan Jari Matti Latvala di balap reli beberapa musim lalu. Sederhananya Toyota GR Yaris versi legal street dan cocok untuk daily. 

Setelah Menunggu 8 Bulan, Toyota GR Yaris Akhirnya Dikirim ke Konsumen 02

Baca Juga: Toyota Yaris GR Sport Opsi Murah Buat yang Gak Mampu Beli GR Yaris

Jantung mekanisnya tetap sama, makanya tak salah bila banyak orang melabelinya sebagai hatchback buas. Profil mesinnya berkapasitas 1.618 cc 3-silinder segaris, DOHC 4-katup dengan turbocharger. Di atas kertas menjanjikan tenaga 261 PS pada 6.500 rpm dan torsi 360 Nm di 3.000-4.600 rpm. 

Keluaran daya dapur pacu Toyota GR Yaris itu ternyata lebih baik ketimbang hot hatch lain seperti Peugeot 208 GT dan Ford Fiesta ST. Oh iya mengenai distribusi tenaganya menggunakan transmisi manual 6 tingkat percepatan, kemudian disalurkan ke sistem penggerak semua roda atau all wheel drive (AWD).

Setelah Menunggu 8 Bulan, Toyota GR Yaris Akhirnya Dikirim ke Konsumen 03

Kemudian untuk menyesuaikan output mesin, desainer dari GR mengkombinasikan material ringan, kuat sekaligus beraerodinamika pada panel bodi mobil. Misalnya atap yang didesain lebih rendah dan menggunakan karbon fiber. Lalu ditambahkan body kit serta wide body untuk menjaga kestabilannya.

Tak sampai di situ, Toyota GR Yaris juga dilengkapi fitur penunjang keselamatan berupa Toyota Safety Sense yang terdiri dari Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, dan Automatic High Beam. Semuanya aktif mengurangi potensi terjadinya benturan dan risiko kecelakaan.

Setelah Menunggu 8 Bulan, Toyota GR Yaris Akhirnya Dikirim ke Konsumen 04

Mobil 3-pintu ini dijual dengan dua pilihan warna: merah dan putih. Warna yang disebutkan terakhir ungkap Anton paling banyak peminatnya. TAM juga menyediakan paket aksesori supaya penampilannya makin gahar seperti siap terjun di balapan, harga totalnya Rp 100 juta.  

Sementara itu harga Toyota GR Yaris di Indonesia Rp850 juta on the road Jakarta. Tapi sayangnya sudah tidak bisa dipesan. Kemungkinan tahun depan ada open inden lagi sejalan dengan kuota produksinya yang ditingkatkan, karena permintaan secara global yang melonjak. 

Baca Juga: Galeri Foto: Pembuktian Kelincahan Toyota GR Yaris Di Lintasan Drifting Edutown Arena

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota GR Yaris 1.6 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil