Setelah Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS

Yongki Sanjaya · 19 Jul, 2021 13:00

Setelah Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS 01

Kabar soal peluncuran Toyota Avanza 2022 semakin santer berhembus, dimana mobil sejuta umat ini akan pakai platform baru. Kabarnya, Toyota Avanza akan memakai platform DNGA yang digunakan oleh Daihatsu Xenia. Lantas apa menariknya platform ini? 

Platform baru ini akan membawa perubahan signifikan pada jenis mesin, bantingan suspensi yang lebih nyaman, pengendalian yang lebih stabil dan juga ruang kabin yang lebih lega. Fitur keselamatan pastinya akan bertambah dan mungkin juga Toyota ikut mengaplikasikan TSS yang sukses di Raize. Konon kabarnya, mesin dan konfigurasi yang digunakan oleh Avanza juga berganti. 

Setelah Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS 02

Toyota Avanza generasi kedua saat ini memang sudah memasuki usia ke-10 tahun. Setelah mengalami beberapa kali facelift, Avanza sudah memasuki masa akhir life cycle. Sudah waktunya PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan generasi ketiga dari Avanza yang kemungkinan besar hadir di 2022. 

Baca juga:

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas?

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Akan Dapatkan 6 Airbag dan AEB Untuk Sikat Mitsubishi Xpander!

Toyota Avanza 2022 Sudah Waktunya Berubah, Tapi Harganya Jangan Kemahalan

Memang sudah sepantasnya Toyota Avanza ini berubah total demi mengejar keunggulan spesifikasi dibandingkan para rivalnya. Mau tidak mau, Avanza juga terpaksa meninggalkan penggerak roda belakang yang selama ini jadi andalan bersama Xenia. Demi kenyamanan, Avanza nantinya akan memakai penggerak depan dan mengadopsi konfigurasi yang sama seperti Sienta. 

Lantas, apa perubahan yang bisa diharapkan dari sosok Toyota Avanza 2022? Berikut ini perkiraannya berdasarkan informasi yang kami dapat. 

Adopsi Platform DNGA, Toyota Avanza 2022 Pakai FWD

Setelah Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS 03

Kabar yang paling santer berhembus ialah soal aplikasi platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini sendiri mengusung konsep 1-1-1-1 dengan filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Hal tersebut mengartikan setiap pengembangan produk berbasis DNGA telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetailnya. 

Sempat disinggung di atas kalau Avanza akan berubah dari sisi mesin, bantingan suspensi yang lebih nyaman, pengendalian yang lebih stabil dan juga ruang kabin yang lebih lega.

Isu peluncuran Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022 ini sudah mencuat sejak Daihatsu memunculkan mobil konsep DN Multisix. Pihak Daihatsu saat peluncuran Terios tak menyebut kalau SUV ini memakai basis DN Multisix, yang artinya mobil konsep itu akan dipersiapkan sebagai MPV.

Kabar soal platform Avanza ini terungkap dari Malaysia melalui pihak supplier komponen Perodua, Sapura Industries Berhad. Perusahaan ini menginformasikan jika Perodua Alza alias Daihatsu Xenia 2022 akan menggunakan kode proyek D27A memakai DNGA. Supplier komponen itu memprediksi jika waktu peluncuran Xenia model baru ini akan ada di akhir 2021.

Toyota Avanza 2022 Akan Berbagi Mesin dan Transmisi dengan Yaris dan Sienta

Setelah Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS 04

Untuk common part yang sesuai dengan penggerak roda depan, Toyota bisa mengaplikasikan mesin 2NR-FE dan transmisi CVT. Sebagaimana diketahui, dapur pacu itu sudah cukup lama dipakai pada Sienta, Vios, dan Yaris. Jadi bisa sekaligus menekan budget development dan produksi.

Mesin ini sudah cukup terbukti handal walaupun memakai blok berbahan alumunium. Ini bisa kita ketahui dari Toyota limo taksi yang mesinnya minim masalah setelah digunakan bertahun-tahun. 

Setelah Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS 05

Sebagai informasi, mesin 2NR-VE dan 2NR-FE merupakan dua mesin yang berbeda. 2NR-VE yang kini digunakan pada Avanza/Xenia 1.5 dan Veloz 1.5 merupakan mesin yang diimprovisasi oleh Daihatsu dan mengunakan blok mesin dari bahan hi-tensile steel. Sedangkan 2NR-FE dikembangkan oleh Toyota dan merupakan mesin dengan blok berbahan alumunium.

Apabila mengadopsi segelondong mesin, transmisi, hingga penggerak FWD, menjadikan Toyota Avanza 2022 cenderung lebih nyaman, punya ruang kabin lebih lapang, serta konsumsi bahan bakar lebih hemat. Gejala limbung yang selama ini jadi ciri khasnya bisa semakin diperbaiki. 

Bagaimana dengan fitur yang diusungnya?

Ikuti Jejak Raize Toyota Avanza 2022 Bakal Pakai Fitur TSS

Setelah Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS 06

Kemunculan Toyota Raize dengan fitur keselamatan aktif TSS disambut dengan baik oleh masyarakat. Memang secara segmentasi, Raize dengan fitur canggih itu dibeli sebagai mobil kedua, bukan mobil pertama. Namun, Avanza dengan segmentasi luas bukan berarti tidak pantas menyandang TSS.

Fitur canggih bisa disediakan pada Avanza tipe tertinggi atau mungkin Veloz bila model itu masih eksis nanti. Dalam daftar TSS yang ada pada Raize terdapat fitur Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Setelah Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS 07

Sebab, rumor ini bisa jadi benar adanya bila merujuk bocoran dari negara tetangga. Menurut sumber kami menyebut kalau fitur enam buah airbag dan autonomous emergency braking (AEB) akan menjadi kelengkapan standar bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru tahun 2022.

Fitur tadi ini jelas akan membuat Toyota Avanza 2022 dan Xenia baru dapat menyaingi kompetitor terdekat mereka, yaitu Mitsubishi Xpander atau bahkan Honda BR-V terbaru.

Dengan platform baru dan kemungkinan tambahan sejumlah fitur canggih, semoga saja harga Toyota Avanza tidak mengalami kenaikan yang cukup drastis.
Kisaran Rp230 juta sampai Rp250 juta kami rasa cukup mengusik keberadaan Xpander atau BR-V tanpa banyak menggerus pasar Rush.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru