Siapa Lebih Irit? Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport

Franky · 23 Mei, 2020 17:00

Siapa Lebih Irit? Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport 01

Rivalitas Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport di lini Sport Utility Vehicle (SUV) sudah sering kita dengar. Bagaimana tidak, kedua mobil ini tetap menjadi mobil SUV terbaik sejuta umat bagi konsumen Indonesia.

Walaupun banyak pilihan SUV lainnya di pasaran yang tak kalah garang dan bertenaga, seperti mobil Toyota Fortuner, Hyundai Santa-Fe, KIA Sorento, Isuzu MU-X, dan Chevrolet Captiva, dan Mitsubishi Pajero tetap menjadi primadona pilihan konsumen Indonesia.

Dari segi penjualan saja, kedua mobil ini bersaing cukup sengit untuk menggaet calon pembeli. Di tahun 2019 saja, Toyota Fortuner mampu terjual sebanyak 17.204 unit. Sedangkan Mitsubishi Pajero mampu mengungguli di angka 18.238 unit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Siapa Lebih Irit? Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport 01

Toyota Fortuner memiliki total 8 varian. Harga Toyota Fortuner terbaru berkisar dari Rp 493 juta hingga Rp 580 jutaan. Diantaranya ada 2 jenis mobil VRZ, yakni Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT dan Toyota Fortuner VRZ AT 4x4 yang dibanderol dengan biaya sebesar Rp 542 juta dan Rp 685 jutaan. Ini merupakan harga mobil Fortuner terbaru 2020. 

Di mata masyarakat Indonesia, keduanya punya persamaan soal perawakannya yang kekar, mampu memancarkan karakter maskulin dan kesuksesan dari pengguna serta punya ketangguhan di medan berat. Tak heran, banyak orang membandingkan keduanya dalam berbagai segi.

Baca juga : Biaya Perawatan Toyota Fortuner Mahal? Ini Fakta Selengkapnya

Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar BBM Toyota Fortuner Vs Mitsubishi Pajero Sport

Siapa Lebih Irit? Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport 02

Sama-sama dimodali dengan dapur pacu garang dan memiliki performa tinggi, tentunya ada biaya yang harus dibayar. Keunggulan untuk terus berpacu tanpa terlalu sering keluar masuk SPBU tentu menjadi nilai plus. Lalu di antara keduanya, siapakah yang lebih irit? Karena alasan inilah maka akan dibahas lebih lanjut tentang konsumsi BBM Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Cara Kami Menguji Keiritan Bahan Bakar

Umumnya, ada dua cara untuk mengukur tingkat konsumsi BBM. Pertama, dengan melakukan perjalanan rute pendek atau biasa disebut rute dalam kota. Di rute ini cenderung menggunakan rotasi gigi yang tidak stabil dan percepatan yang naik turun karena seringnya melakukan stop and go.

Sedangkan cara yang kedua yaitu rute panjang atau rute luar kota. Di rute yang kedua, putaran gigi yang dipakai dan percepatan relatif lebih stabil. Cruising di kecepatan tinggi dan stabil malah tidak membebankan kinerja mesin.

Baca juga : Adu Tenaga Toyota Fortuner Melawan Mitsubishi Pajero Sport

Tingkat Konsumsi BBM Toyota Fortuner

Toyota Fortuner terbaru memiliki dua model utama di pasaran, yakni berbahan bakar bensin dan diesel. Keduanya memang memiliki tipe mesin yang berbeda, tentu saja tingkat konsumsi bahan bakarnya berbeda pula. Perlu diingat, mobil Fortuner baru memiliki dua fitur utama untuk mengatur tingkat konsumsi BBM yaitu Eco Mode dan Power Mode.

Siapa Lebih Irit? Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport 03

Eco Mode merupakan pengaturan mesin yang menjadikan tingkat konsumsi BBM menjadi rendah dengan mengorbankan sedikit performa mesin. Dilansir dari Toyota, Eco Mode mampu memangkas konsumsi BBM sebesar 10 - 15 %.

Sedangkan untuk Power Mode justru kebalikannya karena Akselerasi Toyota Fortuner baru menjadi lebih kencang. Dalam pengujian ini, pengaturan yang digunakan adalah Eco Mode.

Baca juga : Adu Ekonomis, Perbandingan Biaya Perawatan Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport

1. Tingkat Konsumsi BBM Toyota Fortuner Bensin

Pada jalur jauh atau jalur luar kota, performa mesin mobil Fortuner baru bensin sangat stabil. Kecepatan yang tidak naik turun, dan perputaran gigi yang konstan mampu menekan konsumsi BBM Toyota Fortuner menjadi 11,1 Km/Liter.

Siapa Lebih Irit? Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport 04

Pada jalur dekat atau jalur dalam kota, terjadi fluktuasi konsumsi BBM. Saat diam di lampu merah atau tersendat di jalanan yang lumayan padat, konsumsi BBM Toyota Fortuner Bensin turun hingga 9,6 Km/Liter.

2. Tingkat Konsumsi BBM Toyota Fortuner Diesel

Jika sebelumnya membahas mesin berbahan bakar bensin, kini beralih pada primadona Toyota Fortuner yaitu bermesin Diesel. Dengan kapasitas tangki sebesar 80l, dimensi badan mobil yang besar dan mesin yang garang, tentu banyak orang berpikir untuk urusan tingkat keiritan BBM diesel lah yang juara, apakah seperti demikian? Langsung saja dilihat hasil pengujiannya.

Pada jalur jauh atau jalur luar kota, tingkat konsumsi BBM Toyota Fortuner terbaru tercatat sebesar 16,4 Km/Liter. Cukup fantastis mengingat dimensi badan mobil Fortuner Toyota yang besar.

Disisi lain, perhitungan uji bahan bakar untuk jalur dekat atau jalur dalam kota Toyota Fortuner bermain di kisaran 12,2 Km/Liter-nya.

Baca juga : Ingin Beli Toyota Fortuner 2021 Secara Kredit? Berikut Simulasi Cicilannya

Tingkat Konsumsi BBM Mitsubishi Pajero Sport

Jika sebelumnya, Toyota Fortuner dijelaskan dalam dua kategori yakni bensin dan diesel, tak demikian pada Mitsubishi Pajero Sport. Pasalnya, mobil SUV besutan Mitsubishi ini menggunakan mesin diesel saja. Maka dari itu, akan ada dua kategori utama yang akan kami gunakan yakni Mitsubishi Pajero Sport 4x2 dan Mitsubishi Pajero Sport 4x4.

Siapa Lebih Irit? Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport 05

Pajero Sport Dakar memiliki dua model yang akan diuji. Model pertama yaitu berpenggerak roda dua (4x2) dan berpenggerak roda empat (4x4). Keduanya memiliki tingkat konsumsi yang berbeda. Pihak Mitsubishi mengatakan bahwa, penerapan transmisi 8-percepatan yang membuat akselerasi lebih ringan dengan konfigurasi rasio gigi-giginya telah berkontribusi guna menekan tingkat konsumsi BBM di Pajero Sport. Seberapa jauhkah perbedaan yang akan ditampilkan dari kedua model tersebut?

1. Tingkat Konsumsi BBM Mitsubishi Pajero Sport (4x2)

Untuk jalur luar kota, Multi Information Display (MID) mencatatkan angka sebesar 12,5 Km/Liter-nya. Dengan pembawaan yang santai, jalur yang lengang dan tidak terburu-buru untuk menginjak pedal gas tentunya.

Berbeda lagi halnya untuk jalur dalam kota. Konsumsi BBM terbilang cukup boros, tercatat sebesar 10,5 Km/Liter pada MID.

Siapa Lebih Irit? Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport 06

2. Tingkat Konsumsi BBM Mitsubishi Pajero Sport (4x4)

Mitsubishi Pajero Sport berpenggerak roda empat diklaim sedikit boros dari saudaranya. Tidak heran karena komponen penggeraknya yang lebih banyak sehingga menambah beban kendaran secara umum.

Dalam pengujian luar kota, Pajero Sport (4x4) tercatat menghabiskan BBM sebanyak 12,3 Km/Liter. Beda tipis yang hanya berjarak 0,2 Km/Liter.

Sedangkan untuk pengujian dalam kota tingkat konsumsi BBM Pajero Sport (4x4) adalah 9,8 Km/Liter. Memang terlihat cukup boros, lantaran beban penggunaan empat mode penggerak serta melalui jalanan kota yang cukup padat merayap.

Baca juga : Punya Banyak Kelemahan, Toyota Fortuner Legender Tidak Cocok Masuk Indonesia?

Kesimpulan

Dari data di atas kita bisa melihat bahwa Toyota Fortuner unggul tipis dalam tingkat konsumsi BBM. Dengan rata-rata konsumsi BBM sebesar 12,3 Km/Liter baik yang berbahan bakar bensin maupun diesel.

Lain lagi dengan Mitsubishi Pajero Sport yang hanya mencatat rata-rata konsumsi BBM sebesar 11,2 Km/Liter dari kedua tipe model.

Dalam pengujian kali ini, Toyota Fortuner tampak unggul soal keiritan bahan bakar ketimbang Mitsubishi Pajero Sport. Meski begitu, kami mengakui bahwa selisih keduanya tak terpaut jauh, hanya di kisaran 1 Km/Liter saja. Apakah perbedaan ini mempengaruhi pilihan Anda? Yang jelas, pilihan terakhir ada pada Anda tentunya.

Baik mobil Fortuner baru maupun Mitsubishi Pajero, tak bisa dipungkiri banyak variabel yang harus diperhatikan dalam pengujian tingkat konsumsi BBM pada suatu kendaraan. Mulai dari jalur yang ditempuh, kondisi mobil, kondisi pengendara hingga gaya berkendara tiap-tiap orang. Tidak lupa dengan harga mobil yang perlu dipertimbangkan juga.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru