Siapkan Kocekmu, Toyota GR Yaris Versi Lebih Kencang Dirilis Januari 2022

Prasetyo · 24 Des, 2021 11:05

Siapkan Kocekmu, Toyota GR Yaris Versi Lebih Kencang Dirilis Januari 2022 01

  • Toyota GRMN Yaris 2022 akan diluncurkan bulan depan
  • Versi lebih hardcore dari Toyota GR Yaris

Toyota GRMN Yaris 2022 dijadwalkan mendebut Januari tahun depan. Ini adalah versi yang lebih hardcode dari Toyota GR Yaris. Adapun Toyota akan menunjuk perhelatan Tokyo Modified Auto Show 2022 sebagi lokasi peluncuran resminya.

Sebagai versi lanjutan, tentunya akan banyak yang diperbaharui dari Toyota GRMN Yaris. Bahkan bukan cuma settingan mesin, tapi juga setup suspensi bakal semakin baik lagi.

Akan seperti apa kira-kira Toyota GRMN Yaris 2022? Mari kita kulik sedikit dari beberapa sumber media internasional.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga : Toyota Kenalkan GR Yaris Peminum Hidrogen, Cocok Buat Petrolhead di Era Ramah Lingkungan

Akan Jadi Toyota GR Yaris Paling Kencang

Siapkan Kocekmu, Toyota GR Yaris Versi Lebih Kencang Dirilis Januari 2022 01

Spyshoot Toyota GRMN Yaris saat diuji coba

Sejumlah informan melaporkan, basis dari pengembangan Toyota GRMN Yaris adalah model GR Yaris RZ High Performance. Untuk proses pengembangannya Toyota bersama tim Toyota Gazoo Racing juga bekerja sama dengan beberapa pihak. Diantaranya sejumlah produsen perangkat high performance guna memasok suku cadang untuk model baru itu.

Dari segi ukuran bodi, GRMN Yaris bakal lebih lebar sekitar 10 mm dibanding GR Yaris saat ini. Sementara panjang dan tingginya tetap sama. Bodi yang lebih mear ini akibat rancangan desain fender dan bodykit baru demi meningkatkan downforce dan juga akselerasi.

Siapkan Kocekmu, Toyota GR Yaris Versi Lebih Kencang Dirilis Januari 2022 02

Desainnya makin agresif

Selain itu tim Gazoo Racing juga sudah melakukan banyak rekayasa teknik baru. Targetnya adalah menciptakan kemampuan kontrol kemudi yang semakin presisi dari GRMN Yaris. Jadi bisa dibayangkan, respon setir dari hatchback ini bakal jauh lebih responsif ketimbang Toyota GR Yaris yang sekarang juga dijual di Indonesia.

Toyota GRMN Yaris Diproduksi Sangat Terbatas

Siapkan Kocekmu, Toyota GR Yaris Versi Lebih Kencang Dirilis Januari 2022 03

Ada banyak perbaikan dari sisi mesin dan suspensi

Informasi selanjutnya juga membocorkan tentang apa saja hal istimewa dari GRMN Yaris. Satu diantaranya mengenai ketersediaan unit mobil tersebut nantinya. Sebab Toyota berencana cuma memproduksi 500 unit saja.

Adapun pilihan warna yang sudah disetujui ada empat. Yakni Pearl White, Pearl Black, Speed Red, dan Matte Grey. Sedikit informasi, warna abu-abunya akan sama dengan Storm Grey Matte yang ada di Toyota GR Supra. Tapi khusus warna ini cuma disediakan 50 unit saja alias limited editon. Wah bakal jadi incaran kolektor nih!

Baca juga : Toyota GR Yaris 2021 Udah Ada yang Jual Lagi, Harga Tembus Rp1 M!

Disediakan Juga Versi Buat Balapan

Siapkan Kocekmu, Toyota GR Yaris Versi Lebih Kencang Dirilis Januari 2022 04

Ada versi buat balapan dan jalan raya

Lalu bagiamana dengan tenaga mesinnya? Toyota rupanya masih percaya mesin 1.6-liter tiga silinder Turbocharged yang kini ada di GR Yaris. Tenaganya diperkirakan ada dikisaran 275 PS dengan torsi 390 Nm. Sementara GR Yaris di Indonesia saat ini punya tenaga 261 PS dengan torsi 360 Nm.

Kenaikan power dan torsi ini karena Toyota mengganti sistem LSD yang lebih baik. Namun mobil ini juga tetap akan pakai sistem penggerak empat roda GR-Four.

Ada tiga tipe yang bakal ditawarkan Toyota. Pertama versi basic, lalu tipe street yang bisa dimiliki masyarakat umum, serta terakhir versi mountain rally. Ya, mobil ini memang disiapkan juga buat kebutuhan balap profesional.

Tidak Semua Bisa Beli Toyota GRMN Yaris

Siapkan Kocekmu, Toyota GR Yaris Versi Lebih Kencang Dirilis Januari 2022 05

GR Yaris saja sudah jadi rebutan, apalagi GRMN Yaris?

Karena hanya disediakan sangat terbatas dan melihat animo Toyota GR Yaris sebelumnya, maka pabrikan Jepang ini akan menerapkan sistem yang cukup unik.

Calon pembeli Toyota GRMN Yaris 2022 boleh mengajukan permohonan pembelian melalui laman khusus Toyota Jepang. Tapi nantinya pihak pabrikan akan mengundi dahulu siapa yang berhak untuk membeli GRMN Yaris. Sedangkan pengiriman unitnya baru dimulai Juli 2022.

Baca juga : First Drive Toyota GR Yaris: Sensasi Mendebarkan Saat Menjinakkan Si Hatchback Seksi Pelahap Medan Reli

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota GR Yaris 1.6 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru