window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Siap-Siap Harga Mobil Diesel Toyota Naik Bulan April 2022 Akibat Standarisasi Euro 4!

Indra Fathan · 8 Mar, 2022 14:00

Siap-Siap Harga Mobil Diesel Toyota Naik Bulan April 2022 Akibat Standarisasi Euro 4! 01

 

  • Harga mobil diesel Toyota akan naik di April 2022.
  • Penyebabnya diberlakukan standar emisi gas buang Euro 4 di Indonesia
  • Dengan diterapkannya regulasi Euro 4, kendaraan bermesin diesel modern diimbau tak pakai bahan bakar solar subsidi.

Era standarisasi emisi Euro 4 di Indonesia akan memasuki babak baru, khususnya bagi kendaraan yang menggunakan mesin diesel. Karena mulai April 2022 mendatang, pemerintah Indonesia mewajibkan semua kendaraan bermesin diesel yang dijual di Tanah Air memiliki standar emisi Euro 4, seperti mobil bensin yang telah berlangsung sejak 2018 silam.

Meski sempat tertunda dari jadwal seharusnya pada April 2021, namun para brand otomotif sudah menyatakan kesiapan dan dukungannya dalam menyediakan produk-produk berstandar emisi Euro 4. Satu diantaranya adalah Toyota yang memiliki berbagai produk bermesin diesel. Seperti Toyota Kijang Innova, Fortuner, Hilux, Hiace, Land Cruiser, dan truk Dyna.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Masuki Era Euro 4, KTB Siapkan 29 Varian Baru Truk Mitsubishi dengan Upgrade Spesifikasi

Toyota Indonesia Naikkan Semua Harga Mobil Diesel

Siap-Siap Harga Mobil Diesel Toyota Naik Bulan April 2022 Akibat Standarisasi Euro 4! 01

Toyota Land Cruiser 300 bermesin diesel

Atas alasan standarisasi Euro 4 yang membutuhkan komponen khusus dalam mesinnya, Toyota dikabarkan akan menaikkan harga produk-produk bermesin dieselnya mulai April 2022 mendatang. Dari informasi yang didapatkan, kenaikan harga pada setiap mobilnya akan bervariasi.

Contohnya kenaikan harga terkecil terdapat pada pickup Toyota Hilux yang hanya naik Rp6 juta. Sedangkan kenaikan harga mobil diesel Toyota terbesar terjadi di truk Dyna yang naik Rp23 juta hingga Rp33 jutaan.

Baca juga: Toyota Fortuner Buatan Indonesia untuk Australia Ternyata Sudah Dilengkapi TSS, Ada Tombol SOS Juga!

Harga Toyota Kijang Innova dan Fortuner Naik Rp7 Jutaan

Siap-Siap Harga Mobil Diesel Toyota Naik Bulan April 2022 Akibat Standarisasi Euro 4! 02

Harga Innova diesel juga akan naik

Sedangkan pada dua mobil Toyota bermesin diesel terpopuler di Tanah Air seperti Kijang Innova dan Fortuner dikatakan oleh sumber tersebut hanya akan naik Rp7 jutaan dari harga saat ini.

Kenaikan harga juga terjadi pada mobil komersial Toyota lainnya yang menggunakan mesin diesel. Misalnya Toyota Hiace yang alami kenaikan harga bervariasi tergantung modelnya. Yakni Hiace Premio akan naik Rp12 juta dan Hiace Commuter yang berbasis model lawasnya akan naik Rp17 juta.

Sedangkan Land Cruiser 300 yang baru saja meluncur tak luput dari kenaikan harga. Banderolnya disebut-sebut bakal terkerek sekitar Rp7,2 juta dari harga saat ini.

Baca juga: Shell Sediakan BBM Euro 5 Buat Pemilik Mobil Diesel Turbo, Harganya Rp11 Ribuan per Liter

Konsumen Wajib Isi BBM Sesuai Buku Manual

Tidak hanya kenaikan harga, mobil diesel Toyota berstandar Euro 4 yang diterima oleh konsumen pada bulan April 2022 juga harus memastikan bahwa bahan bakar yang mereka isi sesuai dengan regulasi Euro 4 sebagaimana yang tercantum pada buku manual. "Semua konsumen mobil Toyota sebaiknya merujuk pada buku manual mobil yang dimilikinya untuk mengetahui bahan bakar apa yang sesuai dengan mobilnya," ujar Dimas Aska, Head of Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM).

Siap-Siap Harga Mobil Diesel Toyota Naik Bulan April 2022 Akibat Standarisasi Euro 4! 03

Bahan bakar diesel Euro 4 harus digunakan pada mobil bermesin diesel terbaru

Hal ini ditegaskan Dimas, terkait sempat beredarnya berita viral di sosial media mengenai konsumen Toyota Fortuner 2.8 yang diwajibkan menggunakan bahan bakar tertentu oleh dealer tempatnya membeli mobil. Apalagi konsumen tersebut juga mengunggah dokumen bahwa akan ada surat pernyataan bagi konsumen mobil diesel Toyota terkait dengan kewajiban mengisi bahan bakar sesuai standar Euro 4.

"Saat ini yang terpenting adalah sosialisasi dari pihak dealer (Toyota) kepada calon konsumen dan konsumennya bahwa mulai bulan April (2022) mendatang, regulasi emisi Euro 4 sudah diberlakukan dan produk Toyota bermesin diesel juga akan mendapatkan penyesuaian (secara teknis) tersebut," ujar Dimas.

Terkait dengan kemungkinan gugurnya warranty, Dimas memastikan bahwa selama konsumen memenuhi syarat yang disebutkan di buku manual, maka warranty akan tetap diberikan. Jika kemudian ada hal kemudian yang ditemukan terkait dengan penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai misalnya, maka konsumen seharusnya mengerti resikonya. "Bisa saja tidak ada kerusakan yang terjadi, tapi ada komponen yang harus diganti lebih cepat," imbuhnya. "Yang terpenting, harap diperhatikan apa yang sudah dituliskan di buku manual," tutupnya.     

Baca juga: Isuzu Indonesia Pastikan Isuzu Traga Hingga GIGA Siap Tenggak Bahan Bakar Euro4 Mulai April 2022

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil