Simak Adu Ruang dan Kepraktisan dari Honda Civic Hatchback RS Dengan Pesaingnya Ini!

Anissa · 16 Sep, 2020 12:00

Simak Adu Ruang dan Kepraktisan dari Honda Civic Hatchback RS Dengan Pesaingnya Ini! 01

Belum lama ini, Honda baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Honda Civic Hatchback RS. Mobil ini merupakan varian tertinggi dari Honda Civic, dan memiliki tampilan sporty yang khas. 

Dalam segmen hatchback, mobil ini harus berhadapan dengan beberapa pesaing yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Dan salah satu mobil yang dianggap sebagai pesaing utamanya ialah Mazda CX-3. Selain karena berada dalam segmen yang sama, kedua mobil ini banyak dibandingkan karena dimensinya yang juga tidak jauh berbeda ukurannya.

Kali ini, kita akan menggali lebih dalam dan mencoba untuk membandingkan kedua model mobil tersebut dalam segi ruang dan kepraktisannya. Mana yang akan lebih unggul?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Perbandingan Ruang dan Kepraktisan

Jika dilihat secara sekilas, dimensi bodi mobil Honda Civic Hatchback RS memang tidak begitu jauh perbedaannya. Tetapi untuk lebih rincinya, mari kita lihat pada tabel berikut ini. 

Keterangan Dimensi Honda Civic Hatchback RS Dimensi Mazda CX-3
Panjang 4.501 mm 4.275 mm
Lebar 2.075 mm 1.765 mm
Tinggi 1.421 mm 1.535 mm
Wheelbase 2.700 mm 2.570 mm
Kapasitas Bagasi 727 Liter / 1.308 Liter (setelah kursi belakang dilipat) 351 Liter / 1.260 Liter (setelah kursi belakang dilipat)

Kendati sekilas terlihat memiliki ukuran dimensi yang hampir sama, ternyata perbedaan ukuran dimensi Honda Civic Hatchback RS dan Mazda CX-3 memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Secara keseluruhan, dimensi Honda Civic Hatchback RS ini memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga menjamin leg room yang lebih leluasa.

Simak Adu Ruang dan Kepraktisan dari Honda Civic Hatchback RS Dengan Pesaingnya Ini! 01

Tetapi khusus untuk tingginya, Mazda CX-3 ternyata memiliki tinggi bodi yang melebihi Honda Civic Hatchback RS. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap head room-nya yang menjadi lebih leluasa.

Perbedaan lain yang paling signifikan ialah pada bagian kapasitas bagasi dari kedua mobil ini. Kapasitas bagasi Honda Civic Hatchback RS bisa menampung barang sebanyak 727 liter, dan jika kursi belakangnya dilipat, kapasitasnya bisa bertambah menjadi 1.308 liter. 

Sementara itu, pesaingnya, yakni Mazda CX-3 hanya memiliki kapasitas bagasi sebesar 351 liter. Dan setelah kursi barisan belakangnya dilipat, mobil ini hanya bisa menampung kapasitas maksimal sebesar 1.260 liter.

Simak Adu Ruang dan Kepraktisan dari Honda Civic Hatchback RS Dengan Pesaingnya Ini! 02

Sekarang kita beralih bagian kepraktisan pengendaraan dari kedua model mobil ini. Baik Honda Civic Hatchback RS maupun Mazda CX-3, keduanya dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya. Keduanya juga tampak mengedepankan desain kokpit yang driver-oriented.

Honda Civic Hatchback RS dilengkapi dengan Auto A/C dan setir dengan pengaturan Tilt & Telescopic sehingga setirnya bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudinya. Pada bagian setirnya juga terdapat berbagai tombol kendali yang bisa digunakan oleh pengemudi untuk melakukan pengaturan dengan mudah meskipun sedang berkendara. 

Simak Adu Ruang dan Kepraktisan dari Honda Civic Hatchback RS Dengan Pesaingnya Ini! 03

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur cruise control, engine start/stop button, power steering, dan keyless entry. Adjustable headrest tidak lupa disematkan pula untuk menambah kemudahan penumpang mengatur headrest mereka. Pengaturan tempat duduknya pun sudah menggunakan Electric Adjustment.

Sama pada Honda Civic Hatchback RS, pengaturan posisi setir pada Mazda CX-3 ini juga sudah menggunakan teknologi Tilt and Telescopic. Setirnya juga dilengkapi dengan berbagai tombol kontrol untuk mempermudah pengemudi melakukan pengaturan ketika berkendara. 

Simak Adu Ruang dan Kepraktisan dari Honda Civic Hatchback RS Dengan Pesaingnya Ini! 04

Selain itu, pada Mazda CX-3 juga disematkan full-automatic A/C. Beberapa fitur lain yang sama dengan pesaingnya ialah Cruise Control, Engine start/stop button, adjustable headrest, dan keyless entry. Sayangnya, pengaturan tempat duduk pada mobil ini masih menggunakan manual seat adjustment.

Kesimpulan

Di pasaran, Honda Civic Hatchback RS generasi terbaru dijual dengan harga Rp499 jutaan, sementara Mazda CX-3 dibanderol dengan kisaran harga Rp399,9 hingga Rp464,4 jutaan. Mengingat harganya yang lebih mahal, tentu ekspektasi konsumen terhadap Honda Civic Hatchback RS menjadi lebih besar.

Simak Adu Ruang dan Kepraktisan dari Honda Civic Hatchback RS Dengan Pesaingnya Ini! 05

Dilihat dari ruangnya, Honda Civic Hatchback RS memang lebih unggul dibanding Mazda CX-3. Tetapi dalam hal kepraktisan, hanya ada perbedaan pada bagian pengaturan kursi, dimana Mazda CX-3 masih menggunakan manual seat adjustment, sementara Honda Civic Hatchback RS sudah menggunakan electric seat adjustment. 

Bagi konsumen yang tidak terlalu mementingkan pengaturan kursi dan ingin membeli mobil yang lebih terjangkau, mungkin Mazda CX-3 bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Tetapi bagi konsumen yang memiliki budget lebih dan menginginkan paket lengkap dari sebuah hatchback, maka Honda Civic Hatchback RS merupakan pilihan yang tepat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

Komentar

Mobil Terbaru