Simak Keistimewaan Daihatsu Sirion 2022 yang Akan Meluncur di Indonesia

Enda · 10 Jan, 2022 20:00

Daihatsu Sirion 2022

Perodua Myvi facelfit atau dengan nama lain Daihatsu Sirion 2022

Daihatsu Sirion hingga kini masih terus dinagakan oleh PT Astra Daihatsu Motor dan sebagai satu-satunya produk ADM yang diimpor langsung dari Neger Jiran. Sebagai city car berpenampilan hatchback, sebenarnya prestasi Sirion di kancah otomotif Tanah Air tidak begitu gemilang. Di segmennya, popularitas mobil ini masih kalah tenar dari Honda Jazz maupun Toyota Yaris.

Mengambil basis Perodua Myvi facelift yang mendapat penyegaran pada November 2021, kabarnya ADM sendiri akan menghadirkan generasi teranyar Daihatsu Sirion 2022 pada tahun ini guna dapat lebih diterima konsumen Tanah Air.

Ingin tahu keistimewaan Daihatsu Sirion 2022 berdasarkan Perodua Myvi yang dijual di Malaysia? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: First Impressions Daihatsu Sirion 2022: Pakai Transmisi D-CVT dan Mesin Xenia Terasa Lebih Baik?

1. Tampilan Daihatsu Sirion 2022 Terlihat Semakin Atraktif Sekaligus Agresif

Daihatsu Sirion 2022

Perodua Myvi facelfit (Daihatsu Sirion 2022) terlihat semakin agresif dan sporty

Daihatsu Sirion 2022 dengan nama Perodua Myfi yang dijual di Malaysia, secara tampilan terlihat lebih atraktif sekaligus agresif. Dibandingkan dengan Sirion yang masih terus dijajakan di Indonesia hingga saat ini, terlihat bahwa generasi anyarnya mengalami update pada desain bemper depan, belakang, grill serta lampu yang terlihat semakin modern.

Pada bumpernya hadir dengan bentuk lebih agresif, dimana berhasil disematkan lampu DRL LED berbentuk vertikal di kedua sisinya. Di bagian paling bawahnya sendiri terlihat semakin sporty berkat adanya tambahan berupa spoiler dengan tampilan lebih add-on yang dikombinasikan warna silver.

Untuk sistem pencahayaan utamanya, Daihatsu Sirion 2022 memperoleh ubahan dari segi reflektor dengan lampu LED serta bentuk lebih modern. Tak luput grillnya yang semakin membesar terlihat lebih eyes catching terlebih adanya list krom memanjang yang seolah menghubungkan kedua buah lampu.

Melihat sisi sampingnya terlihat tak ada ubahan yang berarti kecuali side skirt, dan bumper bagian belakangnya terkesan semakin sporty berkat mendapatkan revisi serta diffuser. 

2. Fitur Smart Link Pada Head Unitnya Memberikan Kemudahan Penggunananya

Daihatsu Sirion 2022

Head unit kini telah dilengkapi Smart Link dan HDMI

Saudara kembar Daihatsu Sirion 2022, Perodua Myvi facelift berhasil tersematkan head unit yang mendukung konektifitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI. Seperti yang diketahui, fitur Smart Link sendiri mampu mengonekan antara sistem hiburan dengan smartphone melalui aplikasi baik untuk memutar musik atau menjalankan fitur lainnya.

Oh iya, guna mendukung mobilitas penggunaan gawai, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan port charging tak hanya di bagian depan, namun juga tersedia pada penumpang belakang.

Baca juga: Daihatsu Sirion 2022 Harganya Mulai Rp150 Jutaan, Pakai Mesin Avanza-Xenia Baru

3. Daihatsu Sirion 2022 Mendapatkan Fitur Keselamatan A.S.A

Daihatsu Sirion 2022

Daihatsu Sirion 2022 mendapatkan fitur keselamatan A.S.A 3.0

Mengetahui fitur keselamatan Daihatsu Sirion 2022 berdasarkan Perodua Myvi facelift, mobil ini berhasil disematkan fitur keselamatan pintar ADAS yang dinamai A.S.A.

Advances Safety Assist (A.S.A) 3.0 yang ada di mobil ini telah mencakup Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Front Dpearture Alert, dan Pedal Misoperation Control.

Selain itu, kalian juga dapat menemukan Lane Departure Warning (LDW), Lane Dpearture Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keep Control (LKC), Blind Spot Monitor (BSM).

Tak hanya itu, di fitur keselamatan pintarnya, mobil ini juga telah dilengkapi dengan Auto High Beam dan juga Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Sebagai fitur keselamatan standar, Daihatsu Sirion 2022 memperoleh 4-6 airbag, ABS (Antilock Brake System) EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan TRC (Traction Control).

4. Daihatsu Sirion 2022 Menggunakan Transmisi D-CVT

Daihatsu Sirion 2022

Daihatsu Sirion 2022 peroleh transmisi D-CVT

Daihatsu Sirion 2022 yang akan tiba di Indonesia dipastikan akan menggunakan transmisi D-CVT. Tingkat kecepatan ini bakal menggantikan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan sebelumnya.

D-CVT pada Sirion 2022 mengandalkan transmisi otomatis yang mana menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kemajuan teknologi tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, transmisi ini dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi D-CVT seperti Sirion 2022 nantinya tidak merasakan perpindahan gigi.

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Selain menyuguhkan pengalaman berkendara lebih halus, sekaligus responsif, penggunaan transmisi D-CVT juga memberikan angka penggunaan BBM yang lebih hemat.

5. 1 Liter Bensin di Daihatsu Sirion 2022 Bisa Menempuh Jarak Hingga 22,2 Km

Daihatsu Sirion 2022

Daihatsu Sirion 2022 mampu menempuh jarak 22,2 km/liter

Berdasarkan data yang kami terima, team R&D Perodua di Malaysia terhadap Myvi facelift atau Sirion 2022 dengan menggunakan Eco Mode pada varian 1.3L nya mampu menempuh jarak 22,2 km/liter. Sedangkan model 1.5L mencatatkan angka 21,1 km/liter.

Sebagai informasi, varian 1.3L Daihatsu Sirion 2022 dibekali jantung pacu 1NR-VE 4-silnder segaris DOHC dual VVTI-i yang dapat menghasilkan tenaga 95 PS dengan torsi 121 Nm. Sedangkan mesin 1.5L 2NR-VE 4-silnder segaris DOHC dual VVTI-i yang ditawarkan dapat memuntahkan daya sebesar 103 PS dan torsi 137 Nm.

Baca juga: FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Sirion STD MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru