window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Simak Kelebihan dan Kekurangan Peugeot 3008 Allure, SUV Bertabur Fitur yang Kerap Dilupakan

Mark Jacob · 10 Agu, 2020 13:00

Simak Kelebihan dan Kekurangan Peugeot 3008 Allure, SUV Bertabur Fitur yang Kerap Dilupakan 01

Bagi sebagian orang, nama Peugeot 3008 Allure memang cukup asing di telinga. Padahal, mobil yang berada di segmen SUV ini menjadi salah satu SUV yang kaya akan fitur. Dijual dengan harga Rp690 jutaan hingga Rp840
jutaan, Peugeot 3008 Allure juga menawarkan desain yang sedikit berbeda. Mobil yang didatangkan secara utuh dari Perancis ini boleh jadi terlupakan diantara SUV yang ada di Indonesia.

Tapi, ada beberapa hal yang tidak boleh dilupakan dari SUV berkapasitas 5 penumpang mewah yang satu ini. Salah satunya adalah kelebihan dan kekurangan. Peugeot 3008 Allure memiliki kelebihan dan kekurangan yang jarang diketahui. Bagi kamu yang hendak membeli, simak dulu kelebihan dan kekurangan Peugeot 3008 Allure berikut ini.

Kelebihan Peugeot 3008 Allure

Dimensi Tak Terlalu Besar

Bagi sebuah SUV, Peugeot 3008 Allure memiliki kelebihan dari segi dimensi menurut kami. Dimensinya tak terlalu besar, namun kami juga tak setuju jika SUV ini disebut berukuran kecil. Ukurannya cukup pas untuk digunakan membelah jalanan Ibukota seperti Jakarta. Peugeot 3008 Allure memiliki dimensi panjang 4.670 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.655 mm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Simak Kelebihan dan Kekurangan Peugeot 3008 Allure, SUV Bertabur Fitur yang Kerap Dilupakan 01

Jika melihat data tersebut, dimensi Peugeot 3008 Allure tak berbeda jauh dengan Toyota Rush yang memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm. Bahkan Peugeot 3008 Allure ini juga memiliki dimensi yang tak jauh berbeda dengan Honda CR-V. Honda CR-V memiliki dimensi panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.679 mm. Bagi pecinta SUV dengan dimensi kompak, Peugeot 3008 Allure cukup menggoda bukan?

Desain Keren dan Futuristik

Memang, harga yang ditawarkan untuk mobil ini jauh lebih mahal. Akan tetapi, kamu mendapatkan sebuah mobil dengan desain yang keren dan futuristik. Pada bagian depan, terdapat logo Singa kebanggan Peugeot yang membuat mobil ini sedikit jumawa. Bagian depan memiliki tampilan layaknya sebuah SUV mewah yang kerap digunakan oleh kaum aristocrat. Desainnya anti mainstream, bahkan tak terlihat murah.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Peugeot 3008 Allure, SUV Bertabur Fitur yang Kerap Dilupakan 02

Peugeot 3008 Allure menggambarkan sebuah SUV khas Eropa yang lebih mengedepankan desain yang indah. Terlebih saat melihat di bagian belakang. Lampunya menyerupai bentuk cakar singa yang terdiri dari 3 lampu yang sudah menggunakan LED. Sebagai salah satu ciri khas SUV, Peugeot 3008 Allure tak lupa menggunakan aksen hitam doff di bagian bawah. Yang menggambarkan kesan tangguh pada sebuah mobil.

Interior Sangat Keren dan Mewah

Masuk ke bagian dalam, ini merupakan poin penting dari Peugeot 3008 Allure. Mobil ini memiliki desain interior yang sangat keren. Bahkan saking kerennya, mobil ini terlihat memiliki interior yang datang dari masa depan. Hal tersebut dapat dilihat dari bagian dasbor yang memiliki banyak lekukan. Instrument clusternya pun sudah memakai model digital dengan layar resolusi yang berkualitas tinggi.

Setirnya dibuat dengan desain ala hexagonal, dengan beberapa tombol pengaturan. Lalu pada tombol pengaturan di dasbor tengah, dibuat menyerupai tombol yang ada pada kokpit pesawat. Tuas transmisinya pun juga dibuat seperti segi enam, dengan desain yang sangat keren. Jujur, ini adalah salah satu interior mobil terbaik yang ada di Dunia saat ini.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Peugeot 3008 Allure, SUV Bertabur Fitur yang Kerap Dilupakan 03

Jika melihat interior, Peugeot 3008 Allure menggunakan material soft touch berwarna hitam dengan paduan aksen silver. Aksen silver ini dapat dilihat pada bagian kisi ac, doortrim, setir, konsol tengah dan beberapa bagian di dekat instrument cluster.

Bertabur Fitur Canggih

Sebagai SUV mewah, Peugeot membenamkan berbagai fitur canggih untuk membuat konsumennya merasa nyaman. Mulai dari lampu eksterior serba LED, panoramic sunroof berukuran 16 inci, head unit layar sentuh 8 inci yang sudah bisa mirroring, instrument cluster digital, kamera 360 derajat hingga park assist.

Ada juga 180 derajat reverse camera, lane departure warning, navigasi, hill start assist, dan penghangat pada jok depan. AC nya pun sudah memakai system dual zone, sehingga penumpang depan dapat mengatur masing-masing kebutuhan suhu yang dibutuhkan. Belum selesai sampai disitu, mobil ini juga dilengkapi dengan paddle shift, dan transmisi dengan model yang cukup sporty.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Peugeot 3008 Allure, SUV Bertabur Fitur yang Kerap Dilupakan 04

Pengemudi juga bisa memilih grip control yang dibutuhkan oleh mobil. Mulai dari mode pasir, salju, jalan licin hingga jalan offroad. Tak lupa ia juga sudah memiliki cruise control sebagai teman mengemudi di jarak jauh. Bagaimana dengan mesinnya? Peugeot 3008 Allure dibekali mesin berkapasitas 1.598 cc, 4 silinder, DOHC, VVT, twin scroll turbo high pressure.

Mesin tersebut mampu melontarkan tenaga hingga 166 ps @6.000 rpm dan torsi maksimal 240 Nm @1.400 rpm. Tenaga yang massif tersebut disalurkan ke roda depan dengan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan. Walaupun kapasitas mesinnya kecil, akan tetapi performa mesinnya sangat bisa diandalkan. Selain itu, Peugeot 3008 Allure juga memiliki fitur blindsport monitoring assist, motorized tailgate, built in GPS.

Keamanan Jempolan

Kelebihan lain dari Peugeot 3008 Allure adalah fitur keamanannya. Mobil ini memiliki fitur keamanan yang sangat luar biasa baik. Ia memiliki airbag sebanyak 8 titik yang mampu memberikan keamanan bagi penumpang depan dan belakang. Bahkan penumpang belakang mendapatkan airbag yang terdapat di sisi samping untuk menahan benturan saat terjadi kecelakaan.

Struktur casisnya pun dibuat sangat rigid, sehingga tahan benturan. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan driver attention alert, dan speed limit recognition system untuk mengingatkan pengemudi agar tidak melaju dengan kecepatan yang tinggi. Di atas kertas, mobil ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan tentunya sangat mewah. Tapi tetap saja ada kekurangannya.

Kekurangan Peugeot 3008 Allure

Merek Kurang Diminati

Bagi orang Indonesia, merek asal Eropa satu ini dianggap sebagai merek yang kurang ramah untuk dirawat. Masyarakat Indonesia cenderung lebih menyukai merek mobil asal Jepang dan merek Eropa yang berasal dari Jerman.

Banyak persepsi dan spekulasi masyarakat Indonesia mengenai Peugeot. Peugeot dianggap salah satu kendaraan yang tidak cocok digunakan di Indonesia lantaran dianggap sering mogok. Padahal, hal tersebut belum tentu benar.

Bengkel Sangat Sedikit di Indonesia

Salah satu hal yang memperkuat alasan mengapa nama Peugeot kurang diminati adalah jumlah dilernya yang sangat sedikit di Indonesia. Di Indonesia, Peugeot hanya memiliki 5 jaringan diler saja. Diler tersebut terletak di Sunter (Jakarta), Cilandak (Jakarta), BSD (Tangerang), Solo (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur). Jumlah jaringan yang sangat sedikit inilah yang menjadi kekurangan utama dan ketakutan konsumen untuk merawat mobil yang sudah dibelinya.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Peugeot 3008 Allure, SUV Bertabur Fitur yang Kerap Dilupakan 05

Lantas, bagaimana dengan konsumen di luar pulau Jawa? Sejauh ini pihak Peugeot akan mengirimkan mekanik untuk memperbaiki mobil pada konsumen di luar pulau Jawa jika ada kerusakan. Selebihnya, konsumen bisa mendatangi diler yang ada di beberapa wilayah yang sudah disebutkan di atas.

Harga Spare Part Mahal

Karena jumlah dilernya sedikit, tentu hal tersebut memiliki efek domino lain. Salah satunya adalah harga spare part yang menjadi mahal dan sulit untuk didapatkan. Untuk mendapatkan spare part di bengkel resmi, tentu pemilik akan mengeluarkan uang yang sedikit lebih mahal. Bahkan bisa saja konsumen nantinya harus menunggu selama beberapa waktu kiriman spare part dari Perancis.

Tapi walaupun demikian, Peugeot Indonesia tetap melayani pesanan mobil walaupun sudah memiliki usia lebih dari 20 tahun. Seperti Peugeot 206 306 atau 406 masih bisa didapatkan melalui bengkel resmi. Walaupun harganya akan menjadi jauh lebih mahal dibanding harga bengkel spesialis Peugeot.

Kesimpulan

Kendati demikian, kami setuju jika Peugeot 3008 Allure ini memang dikhususkan bagi mereka yang menyukai mobil yang memiliki desain berbeda. Karakter pembelinya pun memang menyasar konsumen yang sudah memiliki beberapa mobil, dan memang menyukai keindahan dibanding sebuah merek. Dengan harga yang ditawarkan, Peugeot 3008 Allure punya harga yang cukup mahal untuk sebuah SUV.

Simak Kelebihan dan Kekurangan Peugeot 3008 Allure, SUV Bertabur Fitur yang Kerap Dilupakan 06

Tetapi harga tersebut kami rasa sangat sebanding dengan apa yang didapatkan oleh konsumen. Konsumen bisa mendapatkan mesin bertenaga, mobil kaya fitur, desain interior yang sangat mewah dan keren, tentunya desain eksterior yang berbeda dari mobil kebanyakan. Sehingga hal tersebut mampu membuat pemilik Peugeot 3008 Allure menjadi bangga. Karena mobilnya akan sering dilihat orang. Hmmm, kamu setuju nggak dengan kelebihan dan kekurangan Peugeot 3008 Allure ini?

Spesifikasi Teknis Peugeot 3008 Allure
Dimensi Panjang 4.670 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.655 mm
Mesin 1.598 cc, 4 silinder, DOHC, VVT, twin scroll turbo high pressure
Tenaga 166 ps @6.000 rpm dan torsi maksimal 240 Nm @1.400 rpm
Rem Ventilated disc, solid disc
Velg dan ban 18 inci - 225/55
Harga OTR Jakarta Rp690 jutaan - Rp840 jutaan

Jika Anda tertarik untuk membeli Peugeot 3008 ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

 

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Peugeot 3008 Active

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil