Simak Suzuki Ertiga yang dibangkitkan di atas kertas. Akankah ini menjadi LMPV pilihan baru Anda?

Adji · 4 Mar, 2021 18:30

 

Simak Suzuki Ertiga yang dibangkitkan di atas kertas. Akankah ini menjadi LMPV pilihan baru Anda? 01

Halo pembaca Autofun.

Salam dari Penulis.

Apakabar? Kita jumpa kembali dalam tema sketsa yang lain.

Ide Ilustrasi dan sketsa otomotif

Ide sketsa kali ini datang dari permintaan seorang Dosen senior dari kota hujan Bogor, yaitu mengilustrasikan dan mengabadikan kendaraan andalan sehari-hari sang dosen yang menemani dalam berbagai acara resmi, mengajar maupun bersantai Bersama keluarga. Sebuah MPV popular dari pabrikan Suzuki yaitu Ertiga Gen 1 dengan aksesoris side skirt dan over fender minimalis.

Disini saya akan mengajak pembaca untuk mengikuti proses pembuatan sketsa dari mulai kerangkat awal sampai dengan hasil jadi sebuah tampilan gambar yang cukup presentative dan menarik.

Gambar Suzuki Ertiga

Simak Suzuki Ertiga yang dibangkitkan di atas kertas. Akankah ini menjadi LMPV pilihan baru Anda? 02

Simak Suzuki Ertiga yang dibangkitkan di atas kertas. Akankah ini menjadi LMPV pilihan baru Anda? 03

Teknik Gambar Obyek Sketsa

Untuk saat ini saya akan mempresentasikan menggambar manual yaitu sketsa gambar Teknik pencil warna dipadukan dengan teknik marker, sama seperti teknik pada artikel saya sebelumnya, namun ada sedikit perbedaan dengan menambahkan tampilan sebagian interior yaitu dashboard agar suasana dan komposisi gambar lebih hidup dan informatif.

Sekarang kita membahas teknik membuat sktesa kendaraan . Pertama yang harus kita persipakan tentunya adalah kertas, kebetulah sya memakai kertas A3 200mg, pensil warna, marker dan pensil 2B, 6B, 8B dan pensil Konte (hanya option/tidak wajib), juga tak kalah penting adalah pencil jenis H untuk membuat kerangka awal.

Saya akan membuat kolasi gambar dari beberada sudut dalam satu frame.

Mulailah dengan membuat corat-coret siluat mobil dengan tipis dan tekanan pensil mengambang sampai proporsi bentuk dasar dan sudut pandangnya kita dapatkan sesuai dengan keinginan kita. Kita buat dua sisi eksterior dalam sudut yang berbeda.

Simak Suzuki Ertiga yang dibangkitkan di atas kertas. Akankah ini menjadi LMPV pilihan baru Anda? 04

Tahap selanjutnya adalah memberikan efek warna secara bertahap dimulai dari pewarnaan tipis menuju kearah kontras. Kita mulai dari mewarnai obyek multi refleksi yaitu Lampu depan dan lampu belakang juga 3rd party Lamp.

Simak Suzuki Ertiga yang dibangkitkan di atas kertas. Akankah ini menjadi LMPV pilihan baru Anda? 05

Simak Suzuki Ertiga yang dibangkitkan di atas kertas. Akankah ini menjadi LMPV pilihan baru Anda? 06

Selanjutnya memberi warna pada badan kendaraan, kebetulan warna kendaraan pada tema kali ini adalah putih, namun begitu kita tidak bisa mengandalkan putih dari warn dasar kertas yang kita pergunakan.

Kita tetap akan melapisi putih pada cat kendaraan denga teknik campuran warna pensil dan marker yang kita blend ((campurkan dengan teknik blender menggunakan pensil dan marker blender)  secara perlahan akan Nampak efek 3D serta kontor badan kendaraan tersebut  dan memunculkan bentuk nyata kendaraan.

Simak Suzuki Ertiga yang dibangkitkan di atas kertas. Akankah ini menjadi LMPV pilihan baru Anda? 07

Selanjutnya mewarnai cat badan bagian lain kendaraan, missal kaca, grill, material glass, mate glossy maupun crome. Dalam mewarnai badan kedaraan sangat penting menentukan tone dan penekanan gelap terang. Tak lupa profil ban serta velg juga sedikit efek bayang pada bagian bawah .

Nah selanjutnya silakan menikmati rentetan proses gambar sketsa. Silakan memberikan komentar ataupun masukan ataupun ide pada kami di kolom yang telah disediakan.

 

Semoga hari anda menyenangkan. Salam.

Komentar