Sketsa mobil top gear: Gunakan pensil untuk meninggalkan kenangan gambar Landrover seri 3 paling klasik

Adji · 10 Des, 2020 16:00

Salam dari penulis

Halo pembaca Autofun. Salam, perkenalkan saya adalah sketcher khusus ilustrasi gambar otomotif juga penggemar dunia otomotif.

Tentang Ilustrasi dan sketsa otomotif

Disini saya akan mengajak pembaca untuk berbagi bagaimana membuat gambar ilustrasi dan Teknik mewarnai yang menyenangkan sambil membahas obyek kendaraan tersebut. Di saat pandemic saat ini mungkin gerak kita terutama yang hobby otomotif sangatlah terbatas, tapi selalu ada jalan keluar untuk sekedar menikmati hobby kita. Sebagai orang yang juga menggemari otomotif sekaligus senang corat-coret  sketsa otomotif, keterbatasan gerak ini saya lebih banyak memanfaatkan dan mengoptimalkan waktu di rumah.

Banyak hal yang dapat dipelajari dan akan saya bagikan bagi pembaca penyuka otomotif terutama yang suka mengutak-atik modifikasi diatas kertas atau dengan kata lain melalui gambar sketsa. Untuk pembaca yang sudah terbiasa membuat sketsa tangan pasti sudah tau tahapan persiapannya, tidak banyak tuntutan maupun persiapan yang harus diadakan, cukup dengan mempelajari teknik dan karakter alat ataupun media yang akan kita pergunakan yang saat ini banyak bisa kita lihat tutorialnya di youtube, Instagram dan lainnya.

Oke untuk mempersingkat saya akan langsung pada pokok konten kita.

Pengenalan Teknis Obyek Sketsa

Untuk saat ini saya akan mempresentasikan menggambar manual yaitu sketsa gambar Teknik pencil warna dipadukan dengan teknik marker, sambil sedikit mengulas spesifikasi kendaraan yang saya gambar.

Saya mencoba memuat salah satu jenis kendaraan segala medan yang cukup popular dan melegenda, yaitu Landrover series 3 yang diproduksi oleh British Leyland  antara tahun 1971 hingga 1985, berjenis offroad vehicle, berpenggerak 4x4, mesin karburator 2250cc 4 silinder segaris dengan tenaga 54 kw, manual 4 percepatan, 2 percepatan transfer manual geabox, seri ini juga disebut Defender ( untuk Indonesia lebih popular dengan julukan Landrover series. Untuk sebutan Defender lebih mengacu pada generasi tahun 1990 keatas yang terkenal dengan sebutan Defender 90 untuk short wheelbase dan 110 untuk long wheelbase dan TDI yang berarti Turbo Diesel Injection). Kapan-kapan menarik untuk membahas landrover seri selanjutnya sambal kita buat sketsa tangannya… hmmm cukup menarik untuk bahasan selanjutnya.

Kita lanjutkan… Landrover yang kita jadikan obyek saat ini adalah sebuahb kendaraan yang dimiliki oleh seorang senior arsitek yang tinggal di Jakarta yang tergabung dalam keanggotaan iALRC yaitu sebuah klub landrover di Indonesia yang beranggotakan para arsitek profesional.

Sekarang kita membahas teknik membuat sktesa kendaraan . Pertama yang harus kita persipakan tentunya adalah kertas, kebetulah sya memakai kertas A3 200mg, pensil warna, marker dan pensil 2B, 6B, 8B dan pensil Konte (hanya option/tidak wajib).

Kedua tentu saja obyek yang akan Digambar. Banyak obyek di sekeliling kita yang menarik yang dapat dijadikan obyek langsung maupun sumber ide. Sebaiknya jika mengambil obyek di sekeliling kita ada kalanya kita harus mengabadikan obyek tersebut beserta foto detil-detil obyek tambahan untuk mendukung detail pada gambar kita.

Langkah 1:

Mulailah dengan membuat corat-coret siluat mobil dengan tipis dan tekanan pensil mengambang sampai proporsi bentuk dasar dan sudut pandangnya kita dapatkan sesuai dengan keinginan kita.

Gambar 1

Langkah 2:

Step selanjunya adalah mempersiapkan arah nuansa atau suasana gambar kita, fokuskan pada salah satu. Suasana obyek atau hanya obyek itu sendiri yang jadi fokus. Itu akan mempengaruhi cara kita mewarnai.

 Gambar 2: Fokus pada obyek saja

Menaruh obyek dalam suasana tertentu

Gambar3: Menaruh obyek dalam suasana tertentu

Gambar 4: Fokus pada dramatisasi suasana

Dalam tulisan saya saat ini saya coba membahas menggambar obyek dengan suasana (lihat Gambar 2)

Langkah 3:

Saya memulai dengan membuat sudut dan proporsi yang menarik, dengan mulai mengguratkan pensil ukuran B secara tipis untuk medapatkan proporsi berdasarkan foto yang sebelum sudah terlebih dulu diabadikan.

Gambar 5

Langkah 4:

Selanjutnya memberi warna pada obyek yang berwarna hitam ( tidak selalu harus dari obyek yang berwarna hitam/ hanya untuk memudahkan saja) untuk secara perlahan menemukan  dan memunculkan bentuk nyata kendaraan. Bagaimana kira-kira menurut pembaca hasilnya?

Gambar 6

Langkah 5:

Tahap selanjutnya adalah memberi aksen warna pada Pernik lampu, plat nomer aksesoris stiker.

Gambar 7

Langkah 6:

Selanjutnya mewarnai cat badan kendaraan. Dalam mewarnai badan kedaraan sangat penting menentukan tone dan penekanan gelap terang. Di tulisan ini saya mengambil contoh badan landrover seri 2 dengan warna abu muda. Permainan warna gelap terangnya tidak terlalu sulit namun banyak efek detail harus dibuat missal, plat sudut alumunium tanpa cat lengkap dengan kelingan pengunci sambungan serta efek kaca geser profil ban serta sedikit efek bayang pada bagian bawah .

Gambar 8: Selesai

Nah selanjutnya silakan menikmati rentetan proses gambar sketsa. Silakan memberikan komentar ataupun masukan pada kami di kolom yang telah disediakan.

Semoga hari anda menyenangkan. Salam.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan follow IG saya: 

https://www.instagram.com/sketcarsm/

Komentar