window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi

Adji · 28 Mar, 2021 16:00

Salam dari Penulis.

Tema dan obyek sketsa kali ini adalah mobil yang telah dinanti-nanti kehadirannya di Tanah Air, yaitu sebuah hatchback kompak pengganti generasi Honda Jazz yang telah dipensiunkan namanya. Disini saya bilang dipensiunkan ‘namanya’, karena pada dasarnya gerenasi Jazz yang kita kenal selama ini ya tidak lain adalah Honda City dengan varian hatchback.

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 01

Ide Ilustrasi

Saya membuat sketsa Honda City hatchback ini bukan tanpa sebab atau dengan kata lain, ketertarikan saya pada disain Honda City Hatchback yang membuat saya tergelitik untuk mencoret-coret diatas kertas dengan minor modifikasi atau custom facelift.

Ada aksesoris sideskirt dan over fender minimalis dan tambahan Wing yang agak besar di belakang. Kemudian saya membuat sketsa 2 model velg yang berbeda nuansa, satu tampilan dengan velg rally look dan tampilan velg sporty elegan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Disini saya akan mengajak pembaca untuk mengikuti proses pembuatan sketsa dari mulai kerangka awal sampai dengan hasil jadi sebuah tampilan gambar yang cukup representatif dan menarik.

Gambar Honda City Hatcback 2021 versi asli  pabrikan

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 01

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 02

Teknik Gambar Sketsa dengan media utama pinsil warna

Saya akan membuat modifikasi ringan dengan menggambar manual yaitu sketsa gambar teknik pinsil warna dipadukan dengan sedikit  teknik marker untuk sekedar meratakan dan mempertegas garis, sama seperti teknik pada artikel saya sebelumnya.

Saya akan membuat kolasi gambar dari dua sudut pandang dalam satu frame, serta menggambarkannya di kertas dengan posisi vertical.

Dimulai dengan membuat corat-coret siluet mobil dengan tipis dan tekanan pensil mengambang sampai proporsi bentuk dasar dan sudut pandangnya kita dapatkan sesuai dengan keinginan kita. Kita buat dua sisi eksterior dalam sudut yang berbeda.

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 03

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 04

Tahap lanjutan dengan memberikan efek warna secara bertahap dimulai dari pewarnaan tipis menuju kearah kontras. Kita mulai dari mewarnai obyek multi refleksi yaitu Lampu depan, foglamp dan facia depan.

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 05

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 06

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 07

Kemudian…

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 08

Selanjutnya memberi gradasi warna pada badan kendaraan, baluran warna yang saya pilih kali ini adalah warna-warna sporty biru muda dan kuning, teknik campuran warna pensil dan sedikit bantuan marker yang kita blend (campurkan dengan teknik blender menggunakan pensil dan marker blender)  secara perlahan akan Nampak efek 3D serta kontur badan kendaraan tersebut  dan memunculkan bentuk nyata kendaraan.

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 09

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 10

Selanjutnya mewarnai bagian lain kendaraan, seperti kaca, grill, material glass, mate glossy maupun efek pantulan pada material chrome. Dalam mewarnai badan kedaraan sangat penting menentukan tone dan penekanan gelap terang. Tak lupa efek bayangan pada bagian bawah.

Sketsa mobil: Wah, Modifikasi Honda City Hatchback di Atas Kertas Untuk Sumber Inspirasi 11

Nah selanjutnya silakan menikmati rentetan proses gambar sketsa. Gambar sketsa kali ini hanya ilustrasi dari ide personal, mungkin setidaknya dapat menjadi referensi modifikasi ringan atau hanya sekedar hiburan menikmati gambar.

Silakan memberikan komentar ataupun masukan ataupun ide pada kami di kolom yang telah disediakan.

Follow Instagram@sketcarsm untuk melihat sketsa-sketsa otomotif yang lain.

Semoga hari Anda menyenangkan. Salam.

Adji

Dia car enthusias dan otomotif sketcher dari Surabaya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda City Hatchback RS 1.5 M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil