window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sketsa Mobil: Wow, Honda Accord yang ganti lingkar roda kok lebih keren dari aslinya?

Adji · 28 Mei, 2021 18:50

Halo pembaca Autofun.

Salam dari Penulis.

Kali ini kita akan membuat sebuah sketsa sedan midsize premium besutan Honda buatan tahun 2011. Sebuah Accord Full size, sebuah sedan berukuran bongsor layaknya mobil kelas premium yang mempunyai tampilan elegant namun tetap ada unsur sporty pada garis-garis bodynya.

Sketsa Mobil: Wow,  Honda Accord yang ganti lingkar roda kok lebih keren dari aslinya? 01

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

 

Model Kendaraan

Model yang saya buat ilustrasi saat ini adanya sebuah unit mobil Honda Accord yang dimiliki oleh Farid yang tinggal dan juga sebagai owner salah satu bengkel cat dan body work “iCare” di Kawasan Wedoro, di bilangan Sidoarjo. Tidak ada perubahan pada tampilan accord tersebut karena memang berpatokan pada OEM Look, hanya mengganti lingkar roda dengan rims yang lebih besar agar seimbang dengan body yang bongsor.

Teknik Menggambar Reality Dengan Pensil Warna

Disini saya akan mengajak pembaca untuk mengikuti proses pembuatan sketsa dari mulai kerangkat awal sampai dengan hasil jadi sebuah tampilan gambar yang cukup presentative dan menarik.

Tampilan Asli dalam Foto

Tampilan Asli dalam Foto

 Tampak Belakang dalam Foto

Tampak Belakang dalam Foto

Teknik Menggambar kendaraan berwarna deep black glossy dengan media utama pensil pewarna

Saya pertama-tama akan menggambar manual dengan bantuan pencil H3 sebuah bentuk Honda Accord 2011. Kemudian disusul membuat warna perpanel kendaraan. Dengan Teknik menggambar perpanel tersebut dapat membantu kita untuk membuat kontras kekuatan warna dan bayangan pada tiap panel kendaraan dan bisa memberi efek tegas batasan tiap panel. Pekerjaan teknik pencil warna dipadukan dengan sedikit  teknik marker untuk membantu membuat efek bayangan glossy pada badan kendaraan dan mempertegas garis kontur. Teknik tersebut yang akan saya pakai sebagai teknik utama gambar yang akan saya terapkan disini.

Mempersiapkan Coretan Awal

Dimulai dengan membuat corat-coret siluet mobil dengan tipis dengan bantuan pencil jenis H3 sampai proporsi bentuk dasar dan sudut pandangnya kita dapatkan sesuai dengan keinginan kita. Kemudian megcopynya pada jenis kertas yang lebih baik dengan bantuan backlight desk, dan mempertegas garis-garis tersebut.

Sketsa Mobil: Wow,  Honda Accord yang ganti lingkar roda kok lebih keren dari aslinya? 03

Tahap berikut mulai dengan memberikan efek warna secara bertahap per panel body dimulai dari pewarnaan tipis menuju kearah kontras.

Sketsa Mobil: Wow,  Honda Accord yang ganti lingkar roda kok lebih keren dari aslinya? 04

Kita mulai dari mewarnai obyek multi refleksi yaitu Lampu depan, foglamp dan facia depan, membuat lingkar roda.

Sketsa Mobil: Wow,  Honda Accord yang ganti lingkar roda kok lebih keren dari aslinya? 05

Selanjutnya memberi gradasi warna pada badan kendaraan, dalam baluran warna deep black dengan teknik mencapur warna pensil dan bantuan pencil blender yang kita blend.  secara perlahan akan Nampak efek 3D serta kontur badan kendaraan tersebut  dan memunculkan bentuk nyata kendaraan.

Sketsa Mobil: Wow,  Honda Accord yang ganti lingkar roda kok lebih keren dari aslinya? 06

Membuat efek pada velg merupakan pekerjaan yang cukup memakan waktu dan paling sulit mendapatkan proposinya serta posisinya.

Sketsa Mobil: Wow,  Honda Accord yang ganti lingkar roda kok lebih keren dari aslinya? 07

Sentuhan Akhir

Berikutnyamerupakan tahapan-tahapan memperkuat gambar dengan mewarnai bagian lain kendaraan, misal kaca, grill, material glass, mate glossy maupun efek pantulan pada material chrome. Dalam mewarnai badan kedaraan sangat penting menentukan tone dan penekanan gelap terang. Tak lupa t efek bayangan pada bagian bawah.

Sketsa Mobil: Wow,  Honda Accord yang ganti lingkar roda kok lebih keren dari aslinya? 08

Hasil Akhir

Sketsa Mobil: Wow,  Honda Accord yang ganti lingkar roda kok lebih keren dari aslinya? 09

Nah selanjutnya silakan menikmati rentetan proses gambar sketsa. Gambar sketsa kali ini hanya ilustrasi dari ide personal, mungkin setidaknya dapat menjadi referensi atau hanya sekedar hiburan menikmati gambar.

Silakan memberikan komentar ataupun masukan ataupun ide pada kami di kolom yang telah disediakan.

Follow Instagram @sketcarsm untuk melihat sketsa-sketsa otomotif yang lain.

Semoga hari anda menyenangkan. Salam.

Adji

Dia car enthusias dan otomotif sketcher dari Surabaya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Honda Accord 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil