Soal Ruang dan Fitur Praktis, Wuling Almaz Atau DFSK Glory i-Auto Yang Lebih Unggul?

Anissa · 23 Mei, 2020 19:00

Soal Ruang dan Fitur Praktis, Wuling Almaz Atau DFSK Glory i-Auto Yang Lebih Unggul? 01

Saat mendengar kata SUV, kebanyakan orang akan langsung teringat pada mobil besar dengan ruang yang luas, yang bisa mengangkut banyak orang dan dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang akan menambah kenyamanan berkendara. Hal ini juga yang banyak diekspektasi dari Wuling Almaz sebagai SUV Wuling pertama di Indonesia. Kendati demikian, DFSK Glory i-Auto sebagai pesaing langsung dari Wuling Almaz ini juga ternyata memiliki keunggulan yang bisa menyamai mobil Wuling Almaz. 

Bicara soal SUV, kita tentu menginginkan ruang kabin yang luas dan kepraktisan penggunaan yang membuat pengendaraan lebih mudah dan nyaman. Baik Wuling Almaz maupun DFSK Glory i-Auto, keduanya memiliki hal-hal tersebut. Tetapi mana kira-kira SUV yang lebih baik?

Ruang

Seperti yang kita tahu, kedua model mobil SUV yang akan kita bandingkan ini memang memiliki dimensi yang cukup besar. Tidak heran jika akhirnya ada banyak orang yang mengharapkan ruang kabin yang luas dari kedua mobil ini.

Pertama, kita lihat mobil Wuling Almaz. Mobil SUV Wuling Almaz ini memiliki leg room yang sangat luas, baik di bagian depan maupun di bagian belakangnya. Kemudian untuk urusan head room, mobil Almaz Wuling ini juga tidak perlu dikhawatirkan karena dengan tinggi mobil yang mencapai 1.760 mm, dapat dipastikan bahwa head room yang tersedia pasti akan cukup luas. Selain itu, kursi yang ada di dalamnya juga cukup nyaman, terlebih jika mobil ini harus digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Soal Ruang dan Fitur Praktis, Wuling Almaz Atau DFSK Glory i-Auto Yang Lebih Unggul? 02

Kemudian untuk DFSK Glory i-Auto, karena dimensinya sedikit lebih lebar dibandingkan dengan mobil Wuling cars Almaz, maka mobil ini dapat dipastikan memiliki ruang kabin yang sedikit lebih luas dibandingkan dengan pesaingnya tersebut. Sedangkan karena dimensi tinggi kendaraan ini justru sedikit lebih pendek dibandingkan dengan Wuling Almaz, maka head room-nya sedikit lebih kecil. Tetapi kedua SUV ini memang tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan di bagian dimensi maupun ruangnya.

Soal kenyamanan kursi-kursinya, DFSK Glory i-Auto juga tidak kalah dari mobil Wuling Almaz. Kursi mobil DFSK Glory i-Auto ini terasa sangat nyaman dan ukurannya juga telah disesuaikan dengan ukuran rata-rata tubuh orang Indonesia. Lapisan kulit dengan jahitan asli dan kombinasi warna yang menarik yang membalut kursi mobil ini semakin menambah kesan mewah pada mobil DFSK Glory i-Auto.

Kemudahan Pengguna

Soal kemudahan pengguna, kedua mobil ini memang tidak mengecewakan. Baik mobil Wuling Almaz maupun DFSK Glory i-Auto, keduanya sama-sama dipenuhi dengan berbagai fitur yang dapat mendukung kenyamanan dan kemudahan pengguna saat sedang berkendara. 

Kedua mobil SUV ini telah menyematkan teknologi perintah suara yang mutakhir. Wuling cars Almaz memiliki sistem WIND (Wuling Indonesian Command), sementara DFSK Glory i-Auto memiliki sistem i-TALK. Kedua sistem ini sama-sama berfungsi untuk menerima perintah suara yang bisa digunakan untuk mengoperasikan beragam fitur lain yang ada pada mobil. Teknologi ini juga terbilang baru disematkan di SUV yang ada di Indonesia.

Selain itu, untuk memenuhi urusan infotainment, kedua mobil ini juga dilengkapi dengan layar di bagian dashboard-nya. Mobil Wuling Almaz memiliki layar sebesar 10,4 inci yang terintegrasi dengan hampir seluruh operasional mobil. Sedangkan pada dashboard DFSK Glory i-Auto terdapat sebuah layar berukuran 9 inci yang menggunakan desain floating display sehingga menambah kesan modern.

Soal Ruang dan Fitur Praktis, Wuling Almaz Atau DFSK Glory i-Auto Yang Lebih Unggul? 03

Soal penataan tombol-tombol kendali, lagi-lagi kedua mobil ini juga menganut bahasa desain yang sama. Baik pada mobil Wuling Almaz maupun DFSK Glory i-Auto, keduanya menggunakan penataan tombol kendali yang mengutamakan kemudahan pengendara atau driver-oriented. Sehingga pengendara dapat dengan mudah menggunakan tombol-tombol kendali dengan mudah, tanpa harus kehilangan fokus ketika berkendara.

Setir dari mobil Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto juga dipenuhi dengan tombol kendali. Pada setir mobil Wuling Almaz yang berdesain palang tiga, pengendara tidak hanya dapat mengatur audio, tetapi juga bisa mengoperasikan pemutar musik, volume audio, telepon dengan menghubungkannya ke smartphone, serta memilih tampilan MID yang beraneka ragam. Selain itu, pada Wuling Almaz 2019 ini juga sudah disematkan fitur average consumption pada MID. 

Kemudian jika dilihat sekilas, bentuk setir dari mobil DFSK Glory i-Auto ini memang tampak seperti mobil Eropa yang berkelas. Tidak heran, karena DFSK memang menonjolkan kesan modern pada bagian interiornya. Selain tampak keren, setir ini juga nyaman untuk digenggam berkat penggunaan material kulit sebagai lapisannya, serta ukuran diameternya yang pas. Beragam tombol yang terpasang pada setir ini mobil ini juga bisa dengan mudah digunakan untuk mengatur fungsi audio maupun cruise control dari mobil ini.

Jika kita simpulkan, secara keseluruhan sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan di antara mobil SUV Wuling cars Almaz dan DFSK Glory i-Auto. Kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik dalam hal ruang kabin maupun kemudahan penggunanya. Tetapi baik mobil Wuling Almaz maupun DFSK Glory i-Auto telah menunjukkan kemampuannya sebagai sebuah mobil SUV.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Almaz Smart Enjoy MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru