window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Solusi Cegah Timbulnya Karat Pada Logam, Pertamina Lubricant Luncurkan Cairan Pertamina Spreeze

Enda · 7 Des, 2022 18:30

Pertamina Spreeze

Menjawab akan kebutuhan pasar ritel maupun industri, anak usaha Subholding Commercial & Trading Pertamina, PT Pertamina Lubricants (PTPL) meluncurkan produk terbaru cairan pelumas anti karat Pertamina Spreeze, (Rabu 7/12).

Kemunculan Pertamina Spreeze bagian dari inovasi kerja sama riset dan pengembangan produk yang sudah dilakukan sejak 2019 antara PTPL dan Research & Technology Innovation (RTI) PT Pertamina (Persero).

“Kami ingin terus menghadirkan solusi pelumasan yang baik untuk segmen industri maupun ritel. Kami yakin Pertamina Spreeze dapat menjangkau pasar yang luas dengan segala kebutuhan,” ujar Sari Rachmi, Direktur Sales & Marketing PTPL.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pertamina Spreeze yang dijual resmi untuk kebutuhan ritel hadir dalam dua pilihan, 250 ml yang dibandrol Rp48.900 dan Rp66.600 untuk 400 ml. Untuk mendapatkannya, cairan ini tersedia melalui distributor resmi Pertamina, bengkel, maupun outlet resmi seperti Olimart, Enduro Express dan SPBU Pertamina.  

Baca juga: Daftar Harga BBM Per 1 Desember 2022, Pertamina dan BP Naik, Vivo Turun

Faradina Dwi Martiningrum, Manager Grease & Specialty Product PT Pertamina Lubricants menyampaikan, Pertamina Spreeze memiliki kelebihan lain dibanding pesaingnya.

“Pertamina Spreeze ini memiliki keunggulan dibanding produk lain di kelasnya. Berdasarkan uji lab dengan produk lain dari segi performance kita dua kali lebih baik. Contoh kegunaannya Pertamina Spreeze untuk penetran (Penetrates) membuka baut-baut berkarat atau kering. Tanpa adanya penetran baut yang kering atau berkarat bisa patah,” ungkapnya.

Sebagai pelumas anti karat, Pertamina Spreeze memiliki fungsi lain selain penetran. Dengan formula zat aktif khusus cairan ini mampu membersihkan karat (Cleans), melumasi (Lubricates), menghilangkan kelembapan (Disolace Moisture), melindungi (Protects) dan meningkatkan ketahanan (Improves).

Fungsi dari Cleans pada dasarnya yakni untuk membersihkan kotoran minyak dan grease pada logam. Sementara Penetrates membantu menetrasi bagian berkarat pada logam, yang berguna dalam membuka baut/mur atau bunyi derit pada pintu.

Lubricates sendiri akan melumasi komponen bergerak sehingga menurunkan gesekan secara drastis. Displace Moisture sendiri melindungi dari kelembaban atau uap air. Terpenting zat aktif seperti Protects yang akan mencegah korosi dan oksidasi, serta Improves guna mengurangi gesekan.

Baca juga: Rekomendasi BBM Mobil Diesel Euro 4, Ini Perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex

Cairan Pertamina Spreeze Tidak Merusak Peralatan dan Tidak Menghantarkan Listrik

Pertamina Spreeze

Pertamina Spreeze aman digunakan dan tidak merusak permukaan

Juga digunakan di kilang-kilang dan pengeboran, Pertamina Spreeze telah melewati banyak tahapan uji coba di laboratorium dan lapangan.

“Kita punya zat dengan kandungan lokal di atas 40 persen. Dari sekian banyak uji coba yang dilakukan, produk ini memiliki keunggulan dengan menghasilkan penetrasi yang lebih baik dibanding pesaing lainnya dari brand kuar dengan hasilkan Chlorofluorocarbon (CFC) free, dan cholorinated solvent free yang aman tidak merusak ozon,” kata Ayu Octria Putri, Jr. Specialist III Petchem & Petrol Non Fuel (NF) RTI Pertamina.

Sebagai informasi juga, Pertamian Spreeze juga Low BTX (Benzene, Toluene dan Xylene) Auromatic dengan kadar BTX rendah sehingga tidak karsinogenik atau mengandung zat berbahaya.

Dikatakan Faradina, cairan Pertamina Spreeze tidak merusak peratalan. Low toxicity atau memiliki kadar toksisitas rendah dan tidak menghantarkan listrik.

“Pertamina Spreeze ini jika digunakan untuk membersihkan soket lampu atau bagian yang mengandung listrik terasa aman dipakai karena tidak menghantarkan listrik. Kalau dipakai untuk membersihkan kaca lampu yang kuning bisa, ada yang beberapa mencoba tapi kami tidak ada klaim resmi untuk membersihkan itu,” Tutupnya. 

Baca juga: Viral Pakai Pertalite Kendaraan Jadi Makin Boros, Pertamina Malah Sarankan Hal Ini

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil