Sosok Honda e:N Concept Debut Di Cina, Bakal Jadi Honda Civic Masa Depan

Ilham · 25 Nov, 2021 09:30

Sosok Honda e:N Concept Debut Di Cina, Bakal Jadi Honda Civic Masa Depan 01

Honda e:N Coupe Concept debut di Guangzhou Auto Show 2021

Jika di Indonesia pabrikan mobil Honda terlihat santai dengan pengembangan mobil listrik, tidak demikian dengan prinsipal globalnya yang terlihat agresif. Hal ini tercermin dari gelontoran jagoan mereka di Cina, tepatnya lewat ajang Guangzhou Auto Show 2021 yang menampilkan line up dari keluarga e:N Concept.

Tak tanggung, ada dua dari tiga varian dari e:N Concept yang lahir di event tersebut pekan ini. Keduanya adalah e:N SUV Concept dan e:N Coupe Concept. Namun ke depannya, Honda akan menghadirkan satu lagi varian dari keluarga e:N Concept, yaitu e:N GT Concept. Meski beda bodi dan desain, tapi ketiganya saling berbagi platform yang oleh Honda disebut dengan e:N Architecture (Arsitektur e:N).

Hal ini mengingatkan kita akan sosok Honda Civic yang platformnya fleksibel untuk dijadikan bermacam varian. Sebut saja sedan, hatchback, coupe hingga SUV yang dikenal dengan nama Honda CR-V.

Baca Juga: Indonesia Bisa Ketinggalan Nih, Honda Thailand Buka Opsi Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

Arti Nama e:N

Dilansir Carscoops, nama e:N oleh Honda dijelaskan dalam dua bagian. Di mana huruf 'E' merujuk pada kata e:Technologies yang menjadi bagian penggerak elektrik mereka. Sedangkan 'N' diartikan sebagai New atau Next yang menjadi simbol produk mereka di masa depan.

Sosok Honda e:N Concept Debut Di Cina, Bakal Jadi Honda Civic Masa Depan 01

Versi SUV masih menampilkan desain serba tajam

Tidak heran jika mobil-mobil Honda e:N akan memasuki pasar kendaraan listrik di masa depan. Karena mereka tengah bersiap tidak akan lagi memproduksi mobil baru bermesin bensin konvensional.

Honda mengatakan pada bulan Oktober lalu bahwa mereka telah mengembangkan Arsitektur e:N baru secara eksklusif untuk jajaran kendaraan dan baterai e:N yang akan disediakan oleh CATL (Contemporary Amperex Technology Co. Limited), Cina.

Dikembangkan Bersama Rekanan Cina

Prinsipal Honda di Jepang ternyata tidak sendirian dalam pengembangannya. Karena model-model tersebut dibangun bersama rekan Honda di Cina, yaitu GAC dan Dongfeng Honda.

Sosok Honda e:N Concept Debut Di Cina, Bakal Jadi Honda Civic Masa Depan 02

Hadir dalam tiga bodi berbeda

Bahkan rencananya, pembagian produksi dari versi massal kendaraan listrik tersebut sudah dipersiapkan. Di mana model e:N SUV akan diproduksi oleh GAC. Sementara lima tipe lainnya dari e:N bakal dibuat oleh Dongfeng Honda sekitar lima tahun mendatang.

Sebagai persiapan produksi, Honda sudah merencanakan dibukanya pabrik baru di Negeri Tirai Bambu itu pada tahun 2024. Nantinya pabrik tersebut akan jadi basis produksi mobil listrik mereka untuk pasokan di pasar global.

Baca Juga: Ini Dia Nasib Honda Mobilio Setelah All New Honda BR-V 2022 Meluncur

Dipersiapkan Dalam Tiga Penggerak

Arsitektur e:N nantinya akan hadir dalam bermacam range jelajah, serta tiga varian penggerak. Mulai dari Arsitektur e:N F untuk tipe penggerak depan dan Arsitektur e:N W AWD dengan penggerak empat roda. Serta Arsitektur e:N W RWD yang menampilkan mobil penggerak roda belakang.

Sosok Honda e:N Concept Debut Di Cina, Bakal Jadi Honda Civic Masa Depan 03

Ada tiga sistem penggerak

Kembali ke e:N Concept, baik versi coupe dan SUV menghadirkan bodi yang tidak biasa untuk sebuah mobil harian. Di mana sudutnya kaku dan tajam yang mengingatkan kita akan sosok pikap Tesla Cybertruck. Apalagi ada lampu LED tipis yang menonjolkan kesan futuristik.

Selain itu, Honda belum mengumumkan sumber penggerak dari kedua mobil ini. Tapi estimasinya keduanya digerakan oleh motor listrik Honda e:NS1 dan e:NP1 yang punya daya jelajah 500 km. Selain itu, fitur-fitur terbaru seperti Honda SENSING, Honda CONNECT dan Digital Cockpit juga hadir di mobil ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda Civic Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru