window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sosok Hyundai Creta Baru Made in Cikarang Bakal Tampil Beda Dengan Versi India

Budi · 9 Jun, 2021 13:00

Sosok Hyundai Creta Baru Made in Cikarang Bakal Tampil Beda Dengan Versi India 01

Belum lama ini, situs berita dari India, indianautosblog menampilkan rekaan sosok Hyundai Creta yang akan mendapatkan tampilan baru alias facelift. Yang menarik, mereka menyebutkan bahwa gambar rekaan tersebut berasal dari mobil yang tengah di tes dengan kamuflase penuh yang disebutkan ada di Korea Selatan. Padahal, berdasarkan plat nomor yang digunakan, mobil itu dites di Indonesia!

Sosok Hyundai Creta Baru Made in Cikarang Bakal Tampil Beda Dengan Versi India 02

Ya, Hyundai memang disebut-sebut tengah melakukan serangkaian uji coba mobil baru mereka yang dirakit di pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Cikarang, Jawa Barat. Dan berdasarkan pengamatan dari beberapa foto spyshoot yang beredar, diduga kuat mobil tersebut adalah Hyundai Creta yang telah mendapatkan penyegaran. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Hyundai Creta 2021 sudah mendarat di Brunei Darussalam, akankah Indonesia menyusul?

Dimensi Sama, Tampang Depan yang Beda

Sosok Hyundai Creta Baru Made in Cikarang Bakal Tampil Beda Dengan Versi India 01

Sosok compact SUV dengan dimensi yang serupa, bentuk kaca samping yang digunakan, serta bentuk velg yang digunakan begitu meyakinkan untuk menduga mobil ini sebagai Hyundai Creta. Yang berbeda, tampaknya untuk Hyundai Creta yang diproduksi dan akan dipasarkan di Indonesia, mobil ini akan mendapatkan tampilan bagian depan yang baru, dengan pendekatan yang serupa dengan Hyundai Tucson.

Sosok Hyundai Creta Baru Made in Cikarang Bakal Tampil Beda Dengan Versi India 02

Hal ini berarti Hyundai Creta bisa jadi akan mendapatkan grill bergaya ‘parametric dynamics' layaknya Tucson. Grille tidak akan mendapatkan sentuhan chrome dan tampil lebih ramping dengan finishing berwarna gelap. Lampu utama model split yang terbagi dua juga didesain ulang dengan beberapa sudut lebih tajam. Lampu DRL berteknologi LED kini menyatu dengan grill. Lubang udara di bagian bawah bumper juga mendapatkan revisi dengan adanya aksen mirip skid plate.

Sosok Hyundai Creta Baru Made in Cikarang Bakal Tampil Beda Dengan Versi India 03

Sementara di bagian belakang, kamuflase yang digunakan tampak lebih rapat, sehingga belum bisa diketahui seperti apa perubahannya. Namun beberapa rumor menyebutkan bahwa akan ada penggunaan lampu belakang model baru yang menghilangkan pemisah di bagian lampu dan akan hadirnya lampu horizontal yang menyambungkan kedua sisinya (light bar).

Sosok Hyundai Creta Baru Made in Cikarang Bakal Tampil Beda Dengan Versi India 04

Untuk bagian kabin, tampaknya Hyundai akan tetap mempertahankan interior yang digunakan, dengan beberapa penyempurnaan fitur. Beberapa penambahan antara lain penggunaan material kulit di dalam kabin, serta fitur kamera 360 dan koneksi Android Auto dan Apple CarPlay. 

Baca juga: Hyundai Creta 2021 Buatan Indonesia Segera mengaspal di Malaysia

Tersedia Beberapa Pilihan Mesin

Untuk jantung pacu di balik kap mesinnya, Hyundai diprediksi akan menggunakan mesin bensin 5-silinder 1.5L bertipe Smartstream dengan limpahan tenaga 115 PS dan torsi maksimal 141 Nm yang serupa dengan yang digunakan KIA Sonet. Meski begitu, Hyundai Creta di India juga ditawarkan dengan mesin bensin 4-silinder 1.4L dengan Turbocharger yang bertenaga 140 PS dan torsi 242 Nm. Mesin serupa dengan KIA Seltos ini tampaknya lebih masuk akal untuk diterima di kelas yang sama di Indonesia.

Sosok Hyundai Creta Baru Made in Cikarang Bakal Tampil Beda Dengan Versi India 05

Untuk mendampingi opsi mesin tersebut, Hyundai bisa menawarkan pilihan transmisi manual 6-speed, otomatis iVT alias CVT atau bahkan otomatis 7-speed DCT. Untuk dapat bersaing di pasar Tanah Air, PT Hyundai Motor Indonesia harus bisa menjaga harga jualnya di kisaran Rp300 juta hingga Rp350 jutaan agar bisa bersaing dengan KIA seltos yang juga masih satu darah. Tapi kalo memang dirakit di sini, bisa jadi malah lebih murah. Setuju gak?

Untuk lihat video saat mobil ini dicoba di Tol Trans Jawa, lihat aja di Instagram milik Indra Fathan di bawah ini:

Baca juga: Deretan Small SUV 2021 Terjangkau akan datang di Indonesia, salah satunya Hyundai Creta 2021

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Tucson GLS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil