Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru?

Evan · 30 Sep, 2021 17:03

Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru? 01

Sekarang ini banyak pabrikan otomotif yang membangun kendaraan dalam satu platform berbagi alias sharing platform. Sehingga memungkinkan satu platform tersebut dikembangkan menjadi beberapa model mobil. 

Sama halnya dengan pabrikan Honda, menggunakan platform Honda Global Small Car menjadi basis lahirnya BR-V 2022. Tetapi meluncurnya LSUV ini beberapa waktu lalu, justru jadi tanda tanya tersendiri.

Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru? 02

Model baru Mobilio harusnya meluncur lebih dulu

Karena life cycle atau siklus produksi mobil Honda biasanya sekitar lima tahun untuk tiap generasi, Honda Mobilio yang diluncurkan pada 2014 sudah semestinya juga mendapat pembaharuan menyeluruh sejak 2019 lalu. Bahkan Honda Mobilio 2022 harusnya yang lebih dulu muncul, baru kemudian BR-V menyusul setelahnya.

Prediksi kami, Mobilio generasi terbaru kemungkinan akan hadir dengan menggunakan platform baru milik model Honda lainnya. Dan platform ini juga sudah dipakai pada model Honda Shuttle. Mobil yang juga berjenis MPV ini sudah hadir sejak tahun 2011 di Jepang, dan kabarnya akan keluar versi major change tahun depan. 

Berikut bocoran Shuttle terbaru yang bisa saja jadi Honda Mobilio generasi terbaru.

Baca juga: 5 Modifikasi All New Honda BR-V 2022, Gaya Rally Look Paling Keren

Eksterior Campuran Fit GR1 dan Odyssey 

Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru? 01

Render Honda Shuttle 2022

Karena generasi pertama dan kedua Honda Shuttle mengambil basis dari Honda Fit (Jazz), maka untuk bocoran di model terbaru sepertinya akan tetap membawa beberapa ciri khas desain dari Fit GR1 yang diluncurkan tahun lalu. 

Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru? 02

Desain Honda Fit GR1

Dari gambar render yang dirilis Bestcarweb, fascia depan hingga tengah dari Shuttle 2022 masih sangat kental desain milik Fit, terutama di pilar A yang agak tegak.

Sedangkan dari bagian tengah ke belakang mobil, agaknya mirip dengan kepunyaan Odyssey. Terlihat dari pilar D yang siluetnya agak turun dan menyambung ke bagian lampu.

Ada Mesin N/A dan Hybrid Pakai Baterai Baru

Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru? 03

Mesin konvensional L13B

Berlanjut ke bocoran soal dapurpacu Shuttle, Honda akan tetap menjejalkan pilihan mesin bensin L13B empat silinder naturally aspirated bertenaga 92 PS dan torsi puncak 114 Nm. Mesin ini juga dipasangkan pada Honda Fit terbaru.

Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru? 04

Mesin dan transmisi model hybrid masih sama

Sementara mesin hybrid L15B Earth Dreams yang juga digunakan pada model sebelumnya, akan mendapatkan sedikit ubahan di area motor dan baterai, dengan menggunakan dua motor (sebelumnya hanya satu), dan memakai baterai model Lithium-Ion. Meskipun dari segi tenaga kemungkinan tidak jauh berbeda karena mengincar efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh

Spesifikasi Mirip, Shuttle akan Jadi Honda Mobilio 2022?

Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru? 05

Dimensi keduanya mirip

Jika dilihat lebih teliti, dimensi dari kedua mobil sangat mirip. Honda Shuttle generasi kedua memiliki ukuran (PxLxT) 4.440 mm x 1.695 mm x 1.570 mm , sedangkan Mobilio saat ini memiliki panjang 4.386 mm x 1.683 mm x 1.603 mm. 

Perbedaan hanya soal wheelbase Shuttle yang lebih pendek 120 mm dari milik Mobilio (2.650 mm), karena Shuttle sendiri merupakan MPV lima penumpang, berbeda dengan Mobilio yang dirancang sebagai tujuh penumpang.

PT Honda Prospect Motor (HPM) tentunya bisa memodifikasi sedikit area bagasi Shuttle agar mampu menampung tambahan penumpang dan bagasi.

Spesifikasi dan Harganya Mirip, Honda Mobilio 2022 Akan Berbasis Shuttle Generasi Terbaru? 06

Harga juga beda tipis

Begitu pula soal harga, di Jepang Shuttle hadir dengan empat tipe, yaitu varian G, tipe Hybrid Base, Hybrid X dan paling mahal trim Hybrid Z.

Tipe G sendiri dibanderol dengan harga 1,969 Juta Yen atau jika dirupiahkan sekitar Rp250 jutaan. Harga ini tidak jauh beda dari tipe yang setara yaitu Mobilio E CVT, yang dijual seharga Rp241 Juta.

Lalu bagaimana menurut anda, cocokkah Shuttle 2022 menjadi next Honda Mobilio?

Baca juga: Bukan Cuma Harga, Ini Perbedaan Fitur All New Honda BR-V E M/T dengan CVT

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Mobilio S MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru