Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 Bocor Jelang Peluncuran, Hanya Bermodalkan Mesin Besar Tapi Fiturnya Pelit

Enda · 4 Jan, 2022 14:30

Toyota Fortuner 2.8

Toyota Fortuner 2.8 terlihat sama dengan varian 2.4 diesel dan 2.7 bensin
  • Toyota Fortuner 2.8 belum mendapatkan fitur Toyota Safety Sense (TSS)
  • Toyota Fortuner 2.8 hadir dalam tiga varian, VRZ 4x2, GR 4x2 dan GR 4x4

Toyota Fortuner 2.8 dipastikan akan melantai di Tanah Air dalam waktu dekat. Pemberitaan ini semakin santer setelah beberapa bocoran mengenai sosok SUV bongsor terbaru tiga oval tersebut tersebar luas di dunia maya.

Salah satunya yang diposting akun Instagram @indra_fathan, terlihat bahwa Toyota Fortuner 2.8 bakal ditawarkan dalam tiga varian, yakni; VRZ 4x2, GR 4x2 dan GR 4x4.

Ingin tahu lebih dekat sosok Toyota Fortuner 2.8? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Masa Depan Pick Up Toyota Hilux EV 2024, Bakal Jadi Rival Berat Tesla Cybertruck

Tampilan Toyota Fortuner 2.8 Tidak Ada Perubahan

Toyota Fortuner 2.8

Tampilan luar Toyota Fortuner 2.8 masih terlihat sama

Banyak gosip beredar menyebutkan bahwa Toyota Fortuner 2.8 akan mendapatkan tampilan seperti Fortuner Legender untuk pasar ekspor. Namun pada kenyatannya, bentuk yang diterima masih sama seperti varian GR dan VRZ yang ditawarkan dengan mesin diesel 2.4 dan bensin 2.7.

Seperti yang bisa dilihat, Fortuner 2.8 tetap mempertahankan lampu utama projector dengan bentuk pipih, grill yang berkarakter, under guard lebar, dan LED DRL dibawahnya. Untuk varian GR Sport sendiri menerima tambahan body kit di bagian terluar bumper yang menampilkan kesan lebih agresif sekaligus sporty.

Begitupun sisi sampingnya, model ini juga masih terlihat sama dengan menerima list krom yang ditempelkan di bagian bawah kaca, foot step, serta decal untuk tipe GR Sport. Di sektor lingkar roda, Fortuner 2.8 tersematkan velg alloy berdimensi 18 inch untuk semua variannya. Hanya saja tipe GR Sport mendapat bentuk yang lebih sporty bermodelkan kipas dengan pewarnaan dual-tone. Sedangkan velg yang diterima tipe VRZ memiliki desain palang yang dilabur dengan warna perak.

Begitupun di bagian buritan, semua Fortuner 2.8 dilengkapi LED Rear Lamp Combination memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy. Selain itu juga terdapat fitur kick sensor serta power back door yang tentunya memudahkan setiap penggunannya ketika ingin membuka dan menutup pintu bagasi.

Fitur Unggulan Toyota Fortuner 2.8 Lebih Lengkap?

Toyota Fortuner 2.8

Tampilan interior juga masih terlihat sama

Setelah membahas tampilan, kini lanjut ke fitur unggulannya. Seperti informasi yang kami dapatkan, fitur unggulan pada Toyota Fortuner 2.8 tidak mendapatkan update.

Dimana mobil ini disematkan sistem infotaiment berupa head unit 9 inci yang telah mengadopsi teknologi Miracast, Smart Phone Connection dan voice command. Oh iya, head unit yang dipakai juga mendukung fitur NFC E-Toll Card Checking sehingga memudahkan pengguna ketika mengecek ketersediaan saldo pada uang elektronik.

Selain itu Fortuner juga tambah terlihat advance dengan penyematan New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi beberapa improvement seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display. Sentuhan modern pada area kokpit ini menguatkan excitement penggunanya.

Di sisi lain terdapat tilt & telescopic, Auto AC with dual zone MID, engine start/stop button, rear seat entertainment with illumination, dan surround monitor. Tak hanya itu, kalian juga dapat menemukan Variable Fluid Control (VFC) pada power steeringnya untuk memudahkan pengguna mengendalikan kendaraan ketika melaju di kecepatan tinggi, termasuk saat bermanuver di medan berat.

Guna meningkatkan gaya berkendara, PT Toyota Astra Motor juga menyematkan fitur berupa drive mode system (Eco, Normal, Power Mode) serta pengaturan jok eletrik di semua Fortuner 2.8 khusus untuk pengemudi dan penumpang depan.

Sebagai tambahan, varian GR Sport memperoleh wireless charging yang memudahkan setiap penggunannya ketika ingin menambahkan daya pada gawai.

Baca juga: Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar

Sayang, Fitur Keselamatan Toyota Fortuner 2.8 Tidak Lebih Baik

Toyota Fortuner 2.8

Fitur keselamatan tidak mendapatkan update

Bicara fitur keselamatan, semua Toyota Fortuner 2.8 berhasil diaplikasikan ABS + EBD, dual airbags + knee airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), BA (Brake Assist) serta Automatic Traction Control (A-TRC). Tak tertinggal fitur berupa emergency stop signal ELR shoulder adjust with pre-tensioner and load limiter, child proof rear door locks, side door impact beams, dan engine immobilizer juga telah tersedia.

Khusus tipe GR Sport 4x4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, 7 airbag (dual + knee + side + curtain shield airbag), dan terakhir Downhill Assist Control (DAC).

Tembus 277 PS, Jantung Pacu Toyota Fortuner 2.8 Dikawinkan Transmisi Otomatis 6-Percepatan

Toyota Fortuner 2.8

Mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 yang disematkan pada Toyota Fortuner 2.8

Soal jantung pacu, Toyota Fortuner 2.8 dibekali mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc 4-silinder segaris, 16 valve DOHC dengan VN Turbo Intercooler. Secara data di atas kertas, mesin yang disematkan mampu memeras tenaga hingga 277 PS @3.400 rpm serta torsi puncak sebesar 500 Nm @1.600 hingga 2.800 rpm.

Oh iya, semua tipe Fortuner 2.8 dikawinkan dengan transmisi otomatis otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic yang perpindahan giginya bisa di atur menggunakan paddle shift. Sebagai informasi tambahan, tipe 2.8 GR Sport 4x4 dipadukan transfer case dengan mode pengaturan H2, H4 dan L4 model putar.

Semua Toyota Fortuner 2.8 Mendapat Tambahan Fitur T Intouch

Toyota Fortuner 2.8

Fitur T Intouch hadir di semua Toyota Fortuner 2.8

Jika sebelumnya T Intouch hadir di Camry dan Veloz, fitur canggih ini selanjutnya juga bisa ditemui pada Toyota Fortuner 2.8.

Sebagaimana kegunaannya, fitur T Intouch berfungsi menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota. T Intouch sendiri bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil.

T Intouch pada All New Veloz menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari- hari serta solusi dan manfaat terintegrasi. Pertama, ada fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Kemudian, terdapat fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat.

Disisi lain, T Intouch juga hadir dengan fitur yang dapat memberikan peace of mind bagi pelanggan. Misalnya, adanya fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Selain itu, terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pelanggan kami mengalami kecelakaan, yang menghubungkan pelanggan kami dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) untuk mendapatkan bantuan yang lebih cepat.

Baca juga: Ini 5 Bocoran Toyota Fortuner 2.8 2022 yang Siap Meluncur Sebentar Lagi

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru