window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Spesifikasi Wuling Cortez VS Toyota Kijang Innova, Mana Yang Lebih Unggul?

Anissa · 2 Agu, 2020 10:00

Spesifikasi Wuling Cortez VS Toyota Kijang Innova, Mana Yang Lebih Unggul? 01

Wuling Cortez merupakan mobil MPV yang pertama kali hadir di Tanah Air pada Februari 2018 lalu. Mobil MPV buatan Cina ini menawarkan MPV terbaru dengan desain elegan dan fitur lengkap, tetapi dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan pesaingnya yang kebanyakan berasal dari Jepang. 

Di Indonesia, harga Wuling Cortez berkisar dari Rp 239 juta hingga Rp 277 juta. Mobil Wuling Cortez memiliki saudara, mobil Wuling Almaz dan Wuling Confero. Harga Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan.

Ada juga Wuling Confero memiliki total 4 tipe. Harga Wuling Confero terbaru berkisar dari Rp 151 juta hingga Rp 198 jutaan. Harga Wuling Confero 2020 ini tidak beda jauh dengan harga Wuling Confero 2019.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dalam segmen yang sama, Wuling Cortez harus menghadapi banyak saingan yang telah lebih dulu mempopulerkan namanya di Tanah Air. Sebut saja Toyota Kijang Innova. Mobil MPV besutan Toyota ini memang sudah sangat populer di kalangan pecinta mobil Indonesia.

Meskipun sama-sama MPV, tetapi baik Wuling Cortez maupun Toyota Kijang Innova memiliki keunggulannya tersendiri. Kali ini, kita akan bandingkan spesifikasi kedua model mobil ini dan cari tahu mana yang lebih unggul.

Dimensi

Spesifikasi Wuling Cortez VS Toyota Kijang Innova, Mana Yang Lebih Unggul? 01

Sama-sama mengisi segmen MPV di Indonesia, Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova memang memiliki bodi yang cukup besar dan bisa menampung cukup banyak orang. Agar lebih jelas, mari kita lihat perbandingan dimensinya pada tabel berikut. Kali ini, kita akan bandingkan Wuling Cortez dengan Toyota Kijang Innova 2.0 G MT.

Model Wuling Cortez Toyota Kijang Innova G
Panjang 4.780 mm 4.735 mm
Lebar 1.816 mm 1.830 mm
Tinggi 1.755 mm 1.795 mm
Wheelbase 2.750 mm 2.750 mm
Kapasitas Penumpang 7 orang 7 orang

Dari tabel di atas, bisa disimpulkan bahwa dimensi Wuling Cortez sebagai salah satu mobil Wuling Cortez lebih tinggi dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova G. Sedangkan Toyota Kijang Innova lebih tinggi dan lebih lebar dibandingkan dengan Wuling Cortez. Untuk wheelbase dan kapasitas penumpangnya, kedua model mobil ini memiliki angka yang sama.

Mesin dan Performa

Spesifikasi Wuling Cortez VS Toyota Kijang Innova, Mana Yang Lebih Unggul? 02

Baik Wuling Cortez maupun Toyota Kijang Innova G, keduanya tersedia dalam varian transmisi otomatis maupun manual. Tetapi yang kali ini akan kita bandingkan adalah varian transmisi manual. Untuk lebih rincinya, mari kita lihat tabel di bawah ini.

Model Wuling Cortez Toyota Kijang Innova G
Mesin 4 silinder P-TEC DOHC,DVVT 4 silinder 1 TR-FE ,16 katup, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Mesin 1,5 liter (1.451 cc) 2,0 liter (1.998 cc)
Transmisi Manual 6 Percepatan Manual 5 Percepatan
Power Output 140 HP @ 5.200 rpm 137 HP @ 5.600 rpm
Torsi 250 Nm @ 1.600-3.600 rpm 183 Nm @ 4.000 rpm
Sistem Penggerak Front Wheel Drive Rear Wheel Drive

Soal tenaga dan torsinya, bisa kita lihat bahwa Wuling Cortez mengungguli Toyota Kijang Innova G. Transmisi dan sistem penggerak yang digunakan pada kedua mobil ini juga berbeda.

Fitur

Sekarang mari kita bandingkan soal fiturnya. Untuk fitur keselamatan aktif, Wuling Cortez memiliki Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor parkir, Rearview Camera, serta Vehicle Stability Control System.

Sedangkan untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan Dual SRS Front Airbag, Adjustable Front Seatbelts, Child Safety locks, dan ISOFIX. Dan untuk fitur hiburannya sendiri, mobil MPV ini mengandalkan Advanced 8 inch entertainment system yang terintegrasi dengan mirrorlink, Bluetooth, USB, SD Card, serta AUX.

Spesifikasi Wuling Cortez VS Toyota Kijang Innova, Mana Yang Lebih Unggul? 03

Kemudian pada Toyota Kijang Innova G, fitur keselamatan aktif yang tersemat antara lain Anti lock Braking System, Electronin Brake Distribution dan Sensor parkir. Dan untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini memiliki Dual SRS Airbag+Knee Airbag dan ISOFIX.

Sebagai fitur hiburannya, Toyota Kijang Innova G mengandalkan Advanced Entertainment System 7 inci yang dilengkapi dengan Bluetooth. Untuk keamanannya, pada mobil ini juga disematkan Engine Immobilizer.

Harga

Bicara soal harganya, Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova G memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Wuling Cortez dibanderol dengan kisaran harga Rp238,5 jutaan hingga Rp290 jutaan, sedangkan Toyota Kijang Innova& G dengan transmisi manual dan mesin 2,0 liter dibanderol dengan harga Rp326,05 jutaan.

Kesimpulan

Jika kita melihat dari segi dimensi, performa, maupun fitur yang dimiliki, secara keseluruhan Wuling Cortez memang jauh lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya, yakni Toyota Kijang Innova G. Bahkan jika kita bandingkan harganya, harga Wuling Cortez jauh lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya tersebut.

Spesifikasi Wuling Cortez VS Toyota Kijang Innova, Mana Yang Lebih Unggul? 04

Apabila kita melihat sisi value for money, Wuling Cortez sebagai salah satu mobil Wuling Indonesia menawarkan fitur yang lebih lengkap dan performa yang cukup tinggi. Selain itu, dimensinya yang lebih besar juga memungkinkan kabinnya memiliki ruang yang lebih leluasa, sehingga secara keseluruhan, Wuling Cortez jelas lebih unggul dibandingkan Toyota Kijang Innova G.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Cortez CE 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil