Subaru dan Toyota Siap Hadirkan Hot-Hatch AWD di 2022. Reinkarnasi Subaru Impreza WRX STi

Dhoni · 12 Feb, 2021 12:00

Duet antara Toyota dengan Subaru sebenarnya telah menghasilkan model kembar Toyota 86 dan Subaru BRZ. Tak lama lagi, patnership antara keduanya akan kembali melahirkan hasil kolaborasi terbarunya. Kali ini, DNA mobil reli akan menjadi bagiannya dengan mengusung gerak seluruh roda (All Wheel Drive – AWD).

Subaru dan Toyota Siap Hadirkan Hot-Hatch AWD di 2022. Reinkarnasi Subaru Impreza WRX STi 01

Namun sebelum melanjutkan tentang kolaborasi Toyota dengan Subaru, model yang dihasilkan pada Impreza tersedia dalam jenis sedan dan  hatchback. Berbeda dengan WRX yang seperti mengkhususkan diri pada model sedan saja. Tetapi, konon pada generasi ketiga dari Impreza WRX STi akan menjadi satu-satunya model hatchback yang dihadirkan.

Subaru dan Toyota Siap Hadirkan Hot-Hatch AWD di 2022. Reinkarnasi Subaru Impreza WRX STi 02

Mungkin berdasarkan hal tersebut, varian terbaru dari hasil kolaborasi disebut ‘Hot-Hatch’ sebagai pembuka jalan dari kebangkitan Impreza WRX STi. Entah bagaimana awalnya yang pasti akan mengadopsi gen sporty milik Impreza. Untuk hal ini, mari kita lihat bagaimana perbandingan antara Impreza Sport empat pintu dengan Toyota GR Yaris model 2 pintu:

Dimensi Subaru Impreza Sport vs GR Yaris
Spesifikasi Subaru Impreza GR Yaris
Length (mm) 4,475 3,995
Width (mm) 1,775 1,805
Height (mm) 1,515 1,445
Wheelbase (mm) 2,670 2,560

Namun ukuran bukan menjadi satu-satunya hal pembeda, dari sumber yang kami peroleh bahwa sistem gerak roda AWD dari Toyota Yaris WRC tidak digunakan, tetapi kemungkinan Subaru akan mengadopsi sistem Symmetrical AWD milik mereka sendiri.

Subaru dan Toyota Siap Hadirkan Hot-Hatch AWD di 2022. Reinkarnasi Subaru Impreza WRX STi 03

Untuk mesin, Subaru diharapkan akan tetap dapat mempertahankan mesin Boxer seperti  model sebelumnya.

Subaru dan Toyota Siap Hadirkan Hot-Hatch AWD di 2022. Reinkarnasi Subaru Impreza WRX STi 04

Namun seluruh hal tersebut masih menunggu kepastian saat peluncuran mobil hasil kerjasama Toyota maupun Subaru. Diperkirakan akan dirilis pada akhir 2022, kira-kira apakah akan tetap membawa desain keren layaknya Impreza WRX STi seperti saat ini, atau malah akan tampil layaknya Subaru XV coupe yaa?

 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota 86 M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru