window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota

Evan · 5 Sep, 2021 16:05

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota 01

Mobil listrik pertama Subaru

Semakin banyak merek asal Jepang yang tahun depan akan meluncurkan mobil listrik, Subaru salah satunya. Melalui website Subaru global, pabrikan yang bermarkas di Shibuya ini menampilkan foto teaser sebuah mobil pure BEV pertama mereka dengan sebutan Solterra.  

Mobil ini dibangun diatas platform BEV khusus yang sebelumnya telah dikembangkan bersama Toyota. Dari bentuknya, mobil ini seukuran dengan SUV Toyota lainnya yaitu Rav4.

Baca Juga: SUV Listrik Toyota Mulai Menampakkan Diri, Ini Teasernya!

Satu Platform Dengan Toyota 

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota 02

Pakai platform milik Toyota

Subaru menyebutnya sebagai e-Subaru Global Platform  (e-SGP) dan hal ini menjadikan Solterra sebagai produk kedua setelah duet BRZ - GR86, tercipta berkat kolaborasi kedua perusahaan di bidang sports car. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota 01

Mobil konsep Toyota bZ4X 

Toyota di lain pihak memberikan nama bZ4X pada model yang sama serta telah ditampilkan beberapa bulan lalu di Shanghai Auto Show 2021.

Desain Sedikit Berbeda, Menggunakan Bahasa Subaru

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota 02

Pakai gril depan desain khas Subaru

Berbeda dari bZ4X yang masih konsep, Solterra terlihat sudah benar-benar selesai dan siap dijual ke konsumen. Dari teaser yang diberikan bentuk keseluruhan memang masih mirip, namun dengan tarikan desain Solterra mengikut desain Subaru. 

Terlihat dari fascia depan hadir grill dengan bentuk trapesium terbaik khas Subaru, serta penggunaan lampu depan lebih menonjol dibandingkan bZ4X.

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota 03

Eksterior berbeda dengan bZ4X 

Hal yang sama juga bisa ditemukan di bagian belakang. Jika bZ4X menggunakan lampu model bar yang memanjang dari kiri ke kanan, Subaru lebih memilih menggunakan lampu model C.

Baca Juga: Mobil Listrik Toyota bZ4X Debut di Shanghai, Tampil Futuristik!

Detail Interior Sama Persis 

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota 04

Interior serupa dengan milik Toyota bZ4X

Kalau desain eksteriornya Subaru berusaha sebanyak mungkin agar berbeda dari bZ4X, interior beda cerita. Hampir bisa dikatakan sama persis, dengan perbedaan hanya di logo setir yang menggunakan milik Subaru.

Interiornya terlihat sangat modern, dengan hadirnya speedometer digital yang cukup besar dan tegak, serta layar infotainment yang berbentuk seperti tablet. 

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota 05

Interior menampilkan kesan modern dan canggih

Ada juga tuas transmisi yang hadir dalam bentuk roda putaran, membuatnya terlihat semakin modern dan mewah. Ada juga touchpad di konsol tengah yang kemungkinan mengatur layar infotainment. 

Dashboard, pintu, dan jok juga hadir dengan dual tone, hitam dan putih. Memberikan kesan mewah dan juga sporty di kabin. 

Belum Ada Informasi Mengenai Motor Listrik dan Baterai

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota 06

Akan pakai teknologi baterai Toyota

Hingga artikel ini dibuat, belum ada spekulasi mengenai motor listrik maupun baterai yang akan digunakan oleh Solterra. 

Namun jika melihat Kerjasama keduanya, area motor listrik dan baterai sepertinya menjadi tugas Toyota. Sedangkan Subaru mengurus sistem penggerak mobil ini, yang kemungkinan akan memakai All Wheel Drive (AWD)

Baca Juga: Siap-siap! Tahun Ini Subaru Kembali Ke Indonesia. Bawa Model Baru di Akhir 2021

Akan Meluncur 2022, Harga Tidak Terlalu Mahal

Subaru Solterra Siap Meluncur Tahun Depan, SUV Listrik Pertama Subaru dan Toyota 07

Dengan penggerak AWD, dapat diajak off-road ringan

Menurut salah satu bocoran yang beredar, Solterra akan mulai dijual tahun depan. Sedangkan kembarannya bZ4X akan hadir terlebih dahulu di akhir tahun ini. 

Jepang dan Amerika merupakan dua negara yang bersiap untuk menjual kedua model, dengan perkiraan harga mulai dari 30.000 USD atau sekitar Rp 428 Juta.

Baca Juga: Subaru dan Toyota Siap Hadirkan Hot-Hatch AWD di 2022. Reinkarnasi Subaru Impreza WRX STi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Subaru Forester 2.0i-L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil