Sudah Disiapkan Buat Indonesia, Honda HR-V 2022 Diprediksi Bisa Lebih Laris dari Toyota Raize

Prasetyo · 5 Jul, 2021 13:30

Honda HR-V 2022

Hanya perlu sebulan bagi Honda agar HR-V terbaru untuk bisa meraup penjualan yang sangat mengagumkan. Bagaimana tidak, SUV compact yang punya nama lain Honda Vezel ini sudah mencatat penjualan lebih tinggi enam kali lipat dari target awalnya.

Honda HR-V 2022 diperkenalkan April 2021. Saat itu pihak Honda hanya menargetkan penjualan mobil ini sebanyak 5.000 unit per bulan. Namun nyatanya, di bulan lalu, HR-V sudah terpesan 32.000 unit di seluruh Jepang. Itu artinya lebih dari enam kali lipat dibanding target semua.

Honda HR-V 2022 -1

Paling banyak tipe e:HEV

Pencapaian ini merupakan lanjutan kisah sukses Honda HR-V yang merajai penjualan tahunan mobil jenis SUV di Jepang sejak 2014 hingga 2016. Dalam berapa tahun terakhir, Toyota memang mengambil kendali mahkota itu. Namun diprediksi HR-V akan merebutnya lagi di tahun ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Tanpa Mesin Turbo, Honda HR-V 2022 Mulai Dijual di Jepang, Harganya Lebih Murah Dari Perkiraan!

Penjualan HR-V vs Toyota Raize

Jika Honda mendulang sukses dengan HR-V terbaru, maka di penghujung tahun lalu Toyota juga mencicipi hal yang sama dengan Raize. Sebab di Jepang, mobil ini terjual 9.117 unit hanya di bulan berikutnya pasca peluncuran. Padahal saat dirilis awal November 2019, Toyota hanya menargetkan penjualan Raize 4.000 unit sebulan.

Toyota Raize 2021

Raize tahun lalu jadi SUV terlaris di Jepang

Namun membludaknya jumlah pemesan Honda HR-V 2022 dan Toyota Raize berujung pada antrean inden menjadi mengular. Pihak dealer Honda di Jepang menyebutkan, untuk HR-V tipe e:HEV Z konsumen baru bisa mendapatkan unitnya di November atau Desember tahun ini. Sementara kalau pesan tipe e:HEV Play maka baru mendapatkan unit di Juni 2022.

Honda pun kabarnya berusaha semaksimal mungkin agar daftar tunggu ini tidak terlampau lama. Bahkan ditargetkan waktu inden hanya satu bulan. Sayangnya masalah kelangkaan chip semi konduktor yang saat ini jadi isu global belum bisa terpecahkan. Sementara model hybrid Honda adalah mobil yang butuh chip tersebut.

Honda HR-V 2013

Sejak generasi kedua ini muncul langsung diserbu konsumen

Mengulang Kesuksesan Honda HR-V Generasi Sebelumnya

Apa yang diraih Honda HR-V 2022 ternyata bukanlah yang pertama kali bagi pabrikan berlogo "H" itu. Sebab di tahun 2013, ketiga HR-V generasi kedua mendebut, jumlah unit yang dipesan mencapai 33.000 unit di bulan pertama kehadirannya.

Sukses dengan HR-V pun membawa Honda meraih posisi puncak SUV terlaris di Jepang. Namun pada tahun 2017 hingga 2018, juara pertama direbut Toyota C-HR. Honda pun sempat kembali merebut posisi pertama di tahun 2019. Sayangnya ini menjadi akhir usia HR-V generasi kedua.

Baca juga : Paten Honda HR-V 2022 Sudah Didaftarkan, Isyarat Tinggal Menunggu Waktu Diluncurkan di Indonesia

Toyota Corolla Cross

Corolla Cross ada di segmen yang sama dengan HR-V

Siap Tantang Pasukan SUV Toyota

Honda Vezel terbaru memang mengalami beberapa penyempurnaan. Sayangnya di segmen SUV Compact, Honda tidak punya lebih banyak senjata dibanding Toyota. Sebab lawannya itu selain Raize juga memiliki C-HR, Yaris Cross, belum lagi Corolla Cross yang kabarnya juga akan mendapatkan facelift tahun ini.

Namun kehadrian Honda HR-V 2022 ke Indonesia sepertinya akan terjadi tahun ini. Mengingat Honda sudah terdeteksi mendaftarkan paten untuk mobil tersebut di Tanah Air. Namun apakah nantinya HR-V baru akan juga sama suksesnya dengan di Jepang, kita tunggu saja.

Baca juga : Sebulan Dipasarkan, Penjualan Daihatsu Rocky Kalah Telak dari Toyota Raize

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda HRV 1.5L S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru