Sudah Tak Lagi Muda, Harga Bekas Daihatsu Rocky Semakin Tidak Masuk Akal!

Enda · 4 Mei, 2021 21:00

Sudah Tak Lagi Muda, Harga Bekas Daihatsu Rocky Semakin Tidak Masuk Akal! 01

Daihatsu Rocky F78

Lupakan sementara waktu Daihatsu Rocky terbaru yang terlihat minimalis. Di Indonesia, nama Rocky sendiri sudah cukup populer dari tahun 1980-an hingga 1990-an. Saudara terdekat Daihatsu Taft, Taft GT, Hiline serta Feroza ini, terkenal sebagai SUV tangguh disegala medan.

Sedikit melihat sejarahnya, Daihatsu Rocky pertama kali diperkenalkan di hadapan publik pada tahun 1988. Hadir dengan bentuk kotak yang terkesan perkasa, Rocky merupakan turunan dari Taft F69 atau yang biasa disebut Hiline, yang mana pertama kali diluncurkan pada 1986.

Hiline (varian) GTX dengan medium-wheelbase ini diketahui sebagai cikal bakal terlahirnya Rocky di Indonesia. Mengaspal pada 1988, Daihatsu Rocky dengan kode F75 memiliki atap removable yang terbuat dari resin sebagai ikoniknya. Jantung pacu yang digunakan adalah mesin diesel berkode DL42 2.8L (2765 cc) dengan timing belt sebagai penggerak katup untuk memompa injeksi rotari yang menggantikan pompa injeksi in-line. Diketahui Rocky juga mendapat tranmsisi manual 5 percepatan yang lebih tangguh.

Selain atap yang lebih tinggi, secara spesifik perbedaan Rocky dengan saudaranya, Taft ada pada sistem penggeraknya. Dimana Rocky ini hanya dihadirkan dengan sistem penggerak 4x2 pada roda belakang (RWD) saja.

Sudah Tak Lagi Muda, Harga Bekas Daihatsu Rocky Semakin Tidak Masuk Akal! 02

Tampilan belakang Daihatsu Rocky

Selanjutnya pada 1996, Daihatsu Rocky kembali mendapat update. Hal yang membedakan antara Rocky terbaru dengan generasi pra-faceliftnya terlihat pada fascianya. Dimana Rocky generasi kedua memiliki wajah yang lebih modern dan exclusive sama seperti Feroza.

Tidak hanya itu, Rocky generasi terbaru yang diberi kode F78 ini juga telah memakai suspensi independen (Independent front suspension) untuk roda depan dan gardan solid dengan per keong di roda belakang. Bicara mesin yang digunakan, Daihatsu masih mempercayakan mesin diesel generasi sebelumnya, yaitu DL42 2.8L (2765 cc) dengan transmisi manual 5 percepatan. 

Selama kurang lebih 11 tahun, Daihatsu Rocky dengan kode F78 masih terus diproduksi dan dijual yang mana pada akhirnya Rocky telah disuntik mati pada 2007. Oh iya, mengetahui dimensi yang digunakan, Daihatsu Rocky lawas mempunyai panjang 4100 mm, lebar 1.660 dan tinggi 1.915 mm serta wheelbase 2.530 mm.

Baca juga: Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar'

Harga Bekas Daihatsu Rocky Tembus Rp200 Juta!

Sudah Tak Lagi Muda, Harga Bekas Daihatsu Rocky Semakin Tidak Masuk Akal! 03

Harga bekas Daihatsu Rocky tembus Rp200 juta!

Menelusuri salah satu marketplace yang menayangkan iklan baris mobil bekas, di sana terdapat Daihatsu Rocky lansiran 1997 yang ditawarkan dengan harga Rp199.999.999, yang apabila dibulatkan menjadi Rp200 juta. Di dalam deskripsinya, Rocky yang diiklankan tersebut berada di Surabaya dan kondisinya cukup terawat.

“lokasi unit di sby selatan, kondisi barang sangat terawat, tersedia part cadangan gardan depan dan bumper original,” tulis penjual dalam deskripsinya.

Secara detail, pengiklan juga menambah keterangannya dalam iklan sebagai berikut:

Detail Daihatsu Rocky Bekas Rp200 juta
Keterangan Spesifikasi
Merek Daihatsu
Model  Rocky
Varian 2.8 F75 4x4 Solar
Tahun 1997
Jarak tempuh 105.000-110.000 km
Tipe bahan bakar  Diesel
Warna Abu-abu
Transmisi Manual
Tipe bodi  Jeep
Kapasitas mesin >2.000 - 3.000 cc
Tipe Penjual  Individu

Melihat sistem penggerak yang digunakan adalah 4x4, menurut prediksi kami sang pemilik Daihatsu Rocky yang menjual mobilnya tersebut sudah menambahkan gardan di depan milik Daihatsu Taft GT.

Baca juga: Jangan Bingung! Daihatsu Rocky Hadir dengan 20 Varian, Termasuk Pilihan Kombinasi Warna Spesial

Paling Murah Daihatsu Rocky Saat Ini Dibandrol Rp77.7 juta

Sudah Tak Lagi Muda, Harga Bekas Daihatsu Rocky Semakin Tidak Masuk Akal! 04

Paling murah Daihatsu Rocky saat ini dibandrol Rp77.7 juta

Masih menggunakan kata kunci yang sama (Daihatsu Rocky) dalam kolom pencarian iklan mobil bekas, ditemukan Rocky besutan 1991 dengan kondisi yang bisa dikatakan juga cukup baik. Di dalam iklannya, pemilik menawarkan mobil ini Rp77.7 juta.

Di dalam deskripsinya, Rocky yang diiklankan tersebut berada di wilayah Tangerang Kota.

“Spesifikasi Tahun Produksi 1991, Warna Biru, Body Mulus Terawat, Mesin Dalam Kondisi Prima, Mode 4x4 Normal, Kapasitas Mesin 2800 CC, Seluruh Kelistrikan Mobil Normal, Kilometer 300 Ribuan, Kondisi Ban F 85% R 85%, Kaki - Kaki Senyap, AC Dingin, Mobil Siap Pakai, Pajak Panjang Bulan 02/2022, Plat B Tangkab Ganjil,” tulis penjual lainnya.

Selain itu, pemilik juga memberikan garansi terhadap unit mobil bekas yang dijualnya.

“‌Garansi Bebas Banjir, Garansi Bebas Tabrak, Garansi Keabsahan Surat- Surat Kendaraan,” tambah sang penjual.

Secara detail, pengiklan juga menambah keteranganya dalam iklan sebagai berikut:

Detail Daihatsu Rocky Bekas Rp77.7 juta
Keterangan Spesifikasi
Merek Daihatsu
Model  Rocky
Varian 2.8 F75 4x4 Solar
Tahun 1991
Jarak tempuh >300.000 km
Tipe bahan bakar  Diesel
Warna Biru
Transmisi Manual

Kesimpulan

Daihatsu Rocky lansiran lama kini memiliki harga bekas yang semakin tidak masuk akal. Wajar saja, hal ini dikarenakan Rocky dengan kode body F75 dan F78 ini diburu sebagai simpanan kolektor, mobil hoby, mobil off road, maupun mobil berburu yang terbukti akan kehandalannya dalam menerobos berbagai medan berkontur.

Namun begitu, kalian harus memperhatikan dan mengecek secara lebih detail ketika sedang mencari Daihatsu Rocky dalam kondisi bekas. Memiliki usia yang tak lagi muda, mobil bekas seperti Daihatsu Rocky ini memiliki beberapa kelemahan yang harus kalian cek secara betul sebelum membelinya.

Hal pertama pada bagian power steeringnya. Pompa power steering pada mobil ini kerap kali dikeluhkan oleh beberapa pemiliknya karena seringkali jebol. Selain itu, kaki-kaki mobil ini juga terbilang rumit. Sehingga kalian sangat disarankan untuk mengecek bagian kaki-kaki depan sebelum meminangnya.

Setelah membayar dan membawa pulang Daihatsu Rocky, kalian jangan kaget apabila akselerasi mobil ini terkesan lamban. Hal tersebut merupakan karakter mesin yang dimiliki mobil ini. Meski tarikan awal dianggap kurang responsif, ketika masuk  ke dalam habitatnya, mobil ini akan menunjukan taringnya.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Pakai Aksesoris JDM, Makin Nggak Kelihatan Mobil Murah Nih!

Komentar

Mobil Terbaru