window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suka Pegal Habis Mengemudi? Begini Posisi Duduk Saat Nyetir yang Ideal

Yongki Sanjaya · 14 Mar, 2021 19:00

Suka Pegal Habis Mengemudi? Begini Posisi Duduk Saat Nyetir yang Ideal 01

Aspek kenyamanan mengemudi mobil bisa dilihat dari beragam faktor, salah satu hal yang tak kalah penting yaitu cara dan posisi duduk kalian selama menyetir. Mungkin selama ini Anda menganggap posisi duduk di dalam mobil tidak penting, tapi efeknya pasti langsung terasa setelah mengemudi dalam jangka waktu lama. 

Namun, terdapat cara mengatur posisi duduk yang ideal saat mengemudi. Bila cara dan posisi mengemudi sudah benar, maka Anda pasti akan merasa nyaman dan tentunya aman selama di perjalanan. Berikut ini beberapa tips soal posisi duduk yang ideal saat mengemudi dari pebalap reli internasional asal Indonesia, Rifat Sungkar. 

Posisi Ergonomis Punggung, Hindari Pegal Usai Mengemudi 

Suka Pegal Habis Mengemudi? Begini Posisi Duduk Saat Nyetir yang Ideal 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

“Saat mengemudi itu paling penting adalah soal posisi duduk harus benar-benar ergonomis. Pastikan punggung menempel dengan back rest atau sandaran jok. Selain itu, sesuaikan sandaran sehingga Anda bersandar pada sudut sekitar 100 derajat,” jelas Rifat.

Duduk bersandar pada sudut ini akan menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah. Posisinya cukup rileks tapi tidak membuat kita kehilangan fokus, sehingga akan membuat aktivitas mengemudi menjadi nyaman. Perlu diingat, sebaiknya atur posisi duduk yang ideal sebelum melakukan perjalanan agar Anda merasa nyaman.

Posisi Tangan Saat Mengemudi 

Posisi tangan berperan penting, karena selama perjalanan tangan adalah organ yang mengendalikan setir dan tuas persneling. Ada baiknya untuk berpegang teguh pada aturan posisi arah jam 9 dan arah jam 3.

“Caranya, bayangkan setir kemudi yang Anda kendalikan menyerupai jam dinding. Posisikan tangan kiri sesuai arah pukul 9 dan tangan kanan pada posisi arah pukul 3," jelas Rifat. 

Posisi lingkar kemudi diatur sesuai dengan postur badan. Kita bisa mengatur tinggi dan jarak setir melalui fitur Tilt atau Telescopic Steering yang biasanya tersedia di mobil. Atur posisi setir supaya tangan tidak terlalu menekuk tapi juga tidak membentuk garis lurus. 

" Ini memungkinkan pengemudi mengatur setir naik-turun, dan maju-mundur sesuai kenyaman pengemudi,” tambah Rifat.

Posisi Duduk yang Ideal Saat Mengemudi, Kaki Tidak Boleh Menekuk

Suka Pegal Habis Mengemudi? Begini Posisi Duduk Saat Nyetir yang Ideal 01

Satu hal yang kadang terlupakan oleh kita saat mengemudi ialah posisi kaki yang terlalu menekuk. Selain tangan, posisi kaki saat mengemudi tidak boleh terlalu menekuk dan tidak boleh terlalu lurus. 

Dengan posisi kaki yang tepat saat mengemudi, akan mencegah nyeri lutut. Atur posisi kaki ini dengan menyetel maju mundur jok pengemudi. Bila perlu, atur ketinggian kursi supaya bisa mendapat posisi duduk yang pas. 

Angkat kursi jadi lebih tinggi jika Anda tidak dapat melihat dengan jelas kaca depan. Sebaiknya, jangan mengemudi dengan pinggul lebih rendah dari lutut karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki. 

Pengaturan tinggi ini ada yang versi elektrik dengan menggeser tuas atau memutar knob besar di sisi kanan jok pengemudi. 

Beda Posisi Duduk Saat Mengemudi Malam Hari

Selain mengatur posisi duduk, perhatikan juga waktu mengemudi. Menurut Rifat, saat mengemudi malam hari perlakuannya sedikit berbeda. Berdasarkan survei, pengemudi di Indonesia yang berkendara pada siang hari mendominasi sebesar 80%.

“Jadi, mengemudi di malam hari harus memperhatikan sudut tikungan dan harus merasakannya dengan jelas. Kalau di siang hari pengaturannya sudah pas, tapi di malam hari visibilitasnya berbeda. Harus ada penyesuaian sedikit, paling tidak menyesuaikan jok sekitar 1 atau 2 cm lebih tinggi ketika berkendara di malam hari untuk mendapatkan visibilitas yang tepat,” tutupnya.

Kesimpulan 

Jika posisi duduk saat mengemudi sudah benar, maka kamu dapat merasakan kenyamanan selama di perjalanan. Dengan posisi duduk yang ideal saat mengemudi, bisa mencegah terjadinya cidera yang lebih fatal pada tubuh apabila terjadi kecelakaan. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil