window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet!

Enda · 14 Mar, 2021 08:00

Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet! 01

Aki mobil

Daya listrik pada mobil konvensional disimpan pada sebuah benda yang disebut aki. Baterai berukuran besar yang umumnya terletak berdampingan dengan mesin ini memiliki peran yang sangat vital. Mengapa demikian? Jika tegangan listrik pada aki berkurang, maka mesin mobil tidak akan bisa menyala.

Salah satu cara untuk menghidupkan mesin ketika aki tekor yaitu memasukan gigi perseneling, mendorongnya, lalu melepaskan kopling. Jika masalah terjadi pada mobil matik, cara paling sederhana melakukan jumper dengan aki yang memiliki tegangan normal.

Untuk menghindari kurangnya tergangan listrik pada aki, kami ingin menyampaikan beberapa informasi mengenai cara mudah bikin aki mobil tetap awet.

Baca juga: Penyebab Mesin Mobil Pincang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rajin Mengecek Kondisi Aki

Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet! 01

Cek tegangan aki

Agar aki memiliki umur yang panjang, kalian harus selalu rajin untuk mengecek kondisinya. Jika aki yang digunakan adalah aki basah, kalian bisa melakukan pengecekan terhadap ketersediaan air aki.

Jika air aki dirasa kurang, tambahkan air aki sesuai dengan batas yang dianjurkan. Di sisi lain, kalian bisa pergi ke bengkel setiap empat atau lima bulan sekali untuk melakukan pengecekan aki secara berkala.

Hal ini dilakukan tentunya untuk memastikan kondisinya memang masih tetap prima atau tidak. Dengan cara seperti ini tentunya dapat membuat usia baterai lebih awet.

Jangan Pernah Nyalakan Musik Ketika Mesin Mati

Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet! 02

Tape mobil

Hal yang seringkali membuat aki mobil menjadi tekor ialah menyalakan musik ketika mesin mobil dalam keadaan mati. Tentunya hal seperti ini harus dihindari, karena sistem infotaiment sendiri memakan cukup banyak energi listrik.

Jika kebiasaan menyalakan musik disaat mesin mobil mati, dampak buruknya bisa menyebabkan aki mobil menjadi tekor dan umur aki menjadi pendek. Selain tidak disarankan untuk menyalakan musik ketika mesin mobil dalam kondisi mati, kalian juga jangan pernah melakukan pengisian baterai handphone dalam kondisi seperti ini.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil

Pastikan Semua Lampu Mobil Sudah Mati

Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet! 03

Dengan sengaja membiarkan lampu mobil dalam kondisi menyala, bisa mengakibatkan aki mobil cepat cepat tekor. Ada baiknya, sebelum meninggalkan mobil selalu mengecek kondisi lampu mobil dalam keadaan mati. Jika kebiasaan ini selalu dilakukan, dapat dipastikan usia aki mobil akan panjang.

Posisi Aki Harus Selalu Kencang di tempatnya

Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet! 04

Aki yang tidak terpasang dengan baik di tempatnya, bisa menyebabkan kerusakan pada elemen dan juga mengakibatkan arus pendek karena menempel dengan benda yang bisa menghantarkan arus listrik.

Cek Selalu Kondisi Altenator

Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet! 05

Altenator atau biasa disebut dinamo ampere, berfungsi untuk mengisi daya listrik di mobil yang kemudiaan disimpan pada aki. Kondisi altenator yang tidak normal, bisa menyebabkan aki cepat rusak karena tidak adanya arus listrik yang masuk ke dalam aki.

Baca juga: Penyebab Kerusakan Suspensi Mobil

Untuk mengetahui kondisi altenator dalam keadaan normal, kalian bisa melakukan pengecekan ke bengkel terdekat. Cara mudah pengecekan juga bisa dilakukan dengan mendekatkan obeng ataupun benda besi lainnya ke altenator dalam kondisi mesin menyala.

Jika terasa seperti adanya daya tarik seperti magnet, bisa dipastikan altenator dalam kondisi normal melakukan pengisian daya listrik pada aki.

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil