SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe?

Enda · 4 Mei, 2021 13:00

SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe? 01

Daihatsu Terios R AT Deluxe vs Toyota Raize GR CVT Two Tone

Tren kendaraan SUV beberapa tahun belakangan ini memang terus meningkat. Tidak hanya di Indonesia, hal serupa juga terjadi di beberapa negara di belahan dunia, seperti; Peru, Hili, Saudi Araiba, Malaysia, Jepang dan Filipina.

Mengetahui demand akan kendaraan SUV yang terus meningkat, beberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan produk terbarunya, yaitu Toyota Raize yang masuk dalam golongan A-SUV.

Sebagai SUV kompak, Raize ditawarkan dengan varian serta harga yang beragam. Ketika kalian mempunyai budget Rp250 juta, Toyota Raize GR CVT Two Tone bisa menjadi pilihan. Dengan budget yang sama, apabila kalian menginginkan LSUV 7-seater, menurut kami pilihan lain ada pada Daihatsu Terios R AT Deluxe.

Bingung ingin mengejar tampilan atau kapasitas lebih banyak dengan budget Rp250 jutaan? Berikut ulasan mengenai Toyota Raize GR CVT Two Tone dan Daihatsu Terios R AT Deluxe.

Tampilan Toyota Raize GR CVT Two Tone Jauh Lebih Menggoda Dari Daihatsu Terios R AT Deluxe

SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe? 02

Tampilan depan Toyota Raize GR

Pertama kali ketika mengamati mobil, kalian pasti akan tertuju langsung pada tampilan depannya. Pada fascia, Toyota Raize GR CVT Two Tone menampilkan kesan sporty dan atraktif yang banyak disukai kaum milenial saat ini.

Hal ini terlihat dari penggunaan bumper depan bermodelkan trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif. Selain memberikan visibilitas yang baik, sistem pencahayaan berteknologi LED dengan Illuminating headlamp, daytime running lght (DRL), dan Sequential Turn Lamp, dibuat lebih berkarakter, agresif dan berkelas.

Bergeser ke bagian sampingnya, Raize varian ini memiliki tampilan kokoh khas SUV dan velg besar berukuran 17 inch. Begitupun pada buritannya, demi menyesuaikan tampilan depan dan sampingnya, Raize mempunyai bagasi serta bumper yang berotot dan kekar. Pada trim ini, Raize ditawarkan dengan atap yang dilabur model two-tone berwarna hitam.

SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe? 03

Daihatsu Terios R Deluxe

Melihat tampilan luarnya, Daihatsu Terios R AT Deluxe terlihat lebih mewah dan sporty dibandingkan beberapa varian dibawahnya. Dimana pada tipe ini berhasil dilengkapi dengan grille besar beraksen krom, rumah fog lamp dilapisi krom yang dihubungkan dengan kelir hitam, serta under guard yang dilabur warna perak.

Bagian sampingnya juga terlihat lebih adventure berkat side skirt yang dicat silver serta velg berpalang 17 inci dengan warna two-tone. Bergeser ke bagian buritan, varian R AT Deluxe ini mendapatkan garnish berukuran besar dengan warna hitam glossy yang dikombinasikan list krom pada bagian atasnya.

Bumpernya sendiri berwarna hitam doff berbahan dasar plastik yang mana dibawahnya juga terdapat under guard berkelir silver. Secara tampilan luar, varian R AT Deluxe ini jelas terlihat lebih mewah dan sporty dibandingkan beberapa varian dibawahnya.

Fitur Unggulan Toyota Raize GR CVT Two Tone Lebih Mengagumkan

SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe? 04

Tampilan dashboard Toyota Raize GR

Mencoba melihat ke bagian dalam, Toyota Raize GR CVT Two Tone berhasil disematkan beragam fitur unggulan berkendara modern seperti pengaturan ac digital, tombol start/stop engine serta mengatur tampilan head unit Interactive 9 Inch dengan floating design.

Mengenai fitur entertainmentnya, mobil ini dapat terhubung dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya. Tidak hanya itu, Raize juga dilengkapi fitur dengan teknologi MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe? 05

Tampilan dashboard Daihatsu Terios R Deluxe

Menurut data, varian ideal Daihatsu Terios ini memiliki sistem hiburan berupa 2 DIN Touchscreen Audio (2 USB, Aux in, Tuner, Mirroring), Front&2nd Row Speakers, Speed Sensing Auto Door Lock, Back Sonar, Front Power Outlet dan Rear Parking Camera.

Selain itu, ada juga fitur unggulan demi menunjang kenyamanan berkendara. Antara lain: Start Stop Button, Audio & Phone Handsfree Steering Switch, Retractable Outer Mirror, AC Digital, Tweeter & 3rd Row Speaker, Driver Seat Height Adjuster, 2nd Row & 3rd Row Power Outlet, Front Corner Sensor, dan Arround View Monitor.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Daihatsu Terios R AT Deluxe Lebih Lengkap Dari Toyota Raize GR CVT Two Tone

SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe? 06

Fitur Keselamatan VSC pada Toyota Raize

Toyota Raize varian ini diketahui belum mendapatkan fitur keselamatan tambahan berupa Toyota Safety Sense (TSS). Adapun trim GR CVT Two Tone pada Raize ini hanya mendapatkan Anti-lock Braking System (ABS), Seatbelt Warning, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Alarm + Immobilizer, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera dan 2 Airbag di depan.

Sebagai tipe teratas dari Daihatsu Terios, varian R AT Deluxe berhasil disematkan beberapa fitur keselamatan dan keamanan yang terbilang lebih lengkap. Diantaranya; dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Immobilizer, Integrated key with alarm, dengan tambahan Auto on Headlamp dan terakhir Key Free System.

Daihatsu Terios Punya Tenaga Lebih Besar, Tapi Toyota Raize Lebih Hemat Bahan Bakar

SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe? 07

Mesin 1.0L turbo Toyota Raize

Toyota Raize GR CVT Two Tone hadir dengan mesin 1.0L turbo berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 998 cc yang dapat memeras tenaga hingga 98 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm. Secara konsumsi bahan bakar, SUV terbaru Toyota ini berada di level 17-18 km/liter.

Melihat Daihatsu Terios R AT Deluxe, secara jantung pacu mobil ini berhasil ditanamkan mesin berkodekan 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc dapat memeras tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm. Bicara konsumsi bahan bakarnya, penggunaan dalam kota Terios mampu mencatat angka 11 km/liter, sedangkan ketika dibawa berpergian ke luar kota dapat menghasilkan konsumsi BBM 14,5 km/liter.

Digunakan Berpetualang, Daihatsu Terios R AT Deluxe Lebih Juara

SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe? 08

Baik Toyota Raize dan Daihatsu Terios pada pembahasan kali ini, keduanya menggunakan transmisi otomatis. Dimana pada Raize sendiri memakai transmisi jenis CVT, sedangkan Terios menawarkan otomatis 4-percepatan.

Transmisi CVT yang dikawinkan dengan mesin 1.0L turbo pada Raize ini ditranslasi melalui penggerak roda depannya. Untuk penggunaan dalam kota, Raize ini terbilang jauh lebih unggul. Selain halus dalam setiap perpindahan percepatan secara otomatis, penggerak FWD sangat cocok digunakan di dalam kota dengan kontur jalan yang merata.

Berbeda dengan Raize, transmisi konvensional yang ada pada Daihatsu Terios lebih cocok digunakan berpetualang ke luar kota. Hal ini dikarenakan putaran yang dihasilkan dari mesin melalui gear box tersebut disalurkan melalui penggerak roda belakang (RWD), yang dapat dengan mudah menakhlukan berbagai jenis medan berkontur.

Kesimpulan

Ketika kalian mempunyai budget Rp250 jutaan dan berencana untuk dibelikan kendaraan jenis SUV baru, tentunya akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Apabila kalian memiliki jumlah anggota tidak lebih dari lima orang, serta lebih mempertimbangkan soal kenyamanan serta memiliki tampilan yang lebih atraktif, bisa menjatuhkan pilihan pada Toyota Raize GR CVT Two Tone.

Berbeda jika kalian mempunyai jumlah anggota hingga tujuh orang, gemar berpetualang, namun tetap menginginkan kendaraan SUV terjangkau dengan transmisi otomatis, pilihan lain ada pada Daihatsu Terios R AT Deluxe.

Komentar