SUV Kecil Honda Pesaing Toyota Raize Rilis Tahun Depan, Pakai Mesin City Hatchback

Prasetyo · 2 Sep, 2021 12:02

Honda ZR-V 2022

Kesuksesan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky benar-benar menggoda pabrikan mobil lain untuk terjun ke segmen yang serupa. Setelah Hyundai yang dikabarkan sudah siap dengan Casper sebagai penantangnya, kini giliran Honda yang punya strategi serupa.

Kabar terbaru menyebutkan kalau Honda sudah punya satu senjata baru di segmen SUV compact. Bahkan isunya mobil tersebut juga akan pakai mesin 1.0-liter turbo sehingga benar-benar setara dengan Raize-Rocky.

Sudah Disiapkan untuk Tahun Depan

Honda ZR-V 2022 -1

ZR-V jadi SUV Compact Honda untuk lawan Raize-Rocky

Media lokal di Jepang menyebut kalau SUV baru Honda itu sudah dipersiapkan untuk tahun depan. Jadwal peluncurannya akan terjadi pada Juni 2022 dan tentunya tidak lama berselang bakal mulai diproduksi massal.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Namanya yang sementara banyak muncul adalah Honda ZR-V 2022, tapi diyakini Honda akan pakai nama lain saat perilisan resminya. Sebab isu kehadiran ZR-V sebenarnya sudah cukup lama. Bahkan sebelum kemunculan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia Honda sudah dikabarkan tengah mengembangkan SUV compact bernama ZR-V.

Baca juga : Honda Siapkan Honda ZR-V untuk Hadapi Toyota Raize 2021 dan Daihatsu Rocky 2021

Akan Jadi Adik Honda HR-V

Honda ZR-V 2022 -2

Caption

Memang sampai saat ini belum ada informasi lanjutan apakah SUV Honda terbaru itu benar-benar ZR-V yang dulu sempat digosipkan. Tapi yang jelas, sebuah bocoran dari media lokal lainnya menyebut kalau model anyar ini akan menjadi SUV yang lebih compact dari HR-V.

Perbandingan Dimensi
Dimensi Honda ZR-V 2022 Honda HR-V 2022 Toyota Raize 2021
Panjang 4.100 mm 4.330 mm 4.065 mm
Lebar 1.695 mm 1.790 mm 1.710 mm
Tinggi 1.600 mm 1.580 mm 1.635 mm

Kalau melihat informasi sebelumnya tentang ZR-V, dimensi mobil tersebut memang diklaim akan sangat ringkas. ZR-V disebutkan mengambil basic dari Honda Fit 4 namun dalam versi lebih tinggi. Dibanding HR-V, mobil ini akan lebih pendek 230 mm, lebih ramping 95 mm, tapi tubuhnya lebih jangkung 20 mm.

Pakai Mesin Honda City Hatchback di Thailand

Honda ZR-V 2022 -3

Pakai mesin 1.0L VTEC Turbo

Informasi paling baru malah muncul soal spesifikasi apa yang akan digunakan pada SUV Honda tersebut. Yakni mesin 1.0-liter VTEC Turbo yang dipasang pada City Hatchback untuk pasar Thailand adalah sumber tenaganya. Tenaganya diprediksi akan mencapai 129 PS  dengan torsi 180 Nm.

Sayangnya sejauh ini belum ada informasi apakah ZR-V juga akan dipasang mesin hybrid e:HEV. Tapi kalau melihat rencana Toyota dan Daihatsu yang akan menghadirkan Raize-Rocky hibrida, maka sepertinya mesin bensin dan motor listrik tersebut juga akan jadi pilihan buat konsumen.

Toyota Raize 2022

Raize juga akan dapatkan mesin hybrid

Fitur lain yang bocorannya juga akan dipasang oleh Honda yaitu Electric Parking Brake, Auto Hold Braking, dan Hill Start Assist. Kemudian untuk menegaskan bahwa ini adalah model SUV atau crossover, dibagian atap juga kemungkinan bakal terpasang roof rail.

Benarkan semua prediksi ini? Kita tunggi saja kabar selanjutnya dari Honda.

Baca juga : Raize-Rocky Minor Change Meluncur 1 November 2021, Tambah Fitur dan Pakai Mesin Hybrid!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota Raize 1.2L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru