Suv Retro Modern Dari Jepang Mitsuoka Buddy Ludes Terjual Hingga 2023!

Indra Fathan · 3 Des 2020 14:00

Mitsuoka Buddy, SUV pertama dari pabrikan Jepang Mitsuoka Motors yang berbasis Toyota RAV4 ini ternyata sudah ludes terjual walau baru meluncur resmi di Jepang pada 26 November 2020 lalu. Menurut laporan dari Car Watch seperti yang dikutip oleh Motor1, total sebanyak 200 unit jatah produksi SUV ini selama 2 tahun, masing-masing 50 unit pada 2021 dan 150 unit pada 2022, dinyatakan sudah terjual semua, dan jika Anda ingin memesan mobil ini sekarang, maka harus menunggu hingga 2023, jadi masih memakan waktu sangat lama untuk mendapatkannya.

Nah, mungkin kalian belum mendengar apa itu Mitsuoka Motors ini. Secara popularitas, memang brand ini kalah telak jika dibandingkan dengan brand sesama Jepang seperti Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Daihatsu, Mitsubishi, bahkan Subaru sekalipun. Tetapi ciri khas Mitsuoka yang sangat terkenal dibandingkan dengan brand Jepang lainnya adalah desain mobil-mobinya yang sangat berbau retro atau klasik, dengan menggunakan basis dari mobil-mobil Jepang brand lain, contohnya sedan Mitsuoka Galue yang berbasis Nissan Teana, Ryugi yang diambil dari Toyota Corolla Axio (sedan Corolla yang khusus dijual di Jepang), Rock Star dari Mazda MX-5, dan yang terbaru Mitsuoka Buddy dari Toyota RAV4.

Kembali lagi ke Buddy, seperti mobil-mobil Mitsuoka lainnya, desain bodi SUV pertama ini menggabungkan unsur retro yang terlihat jelas di bagian depan dan belakang dan modern dengan mempertahankan basis desain asli RAV4 yang punya floating roof di kaca sampingnya. Jika Anda lihat tampilan depannya, kesan retronya tampak jelas terlihat; mengadopsi ciri khas SUV Amerika era 1970-an dan 1980-an, dengan gril kotak besar dan bumper khas mobil retro yang dibalur ornamen chrome. Sedangkan di bagian belakang juga dirombak total mirip mobil retro, dengan lampu belakang berdesain vertikal dan emblem Mitsuoka yang memanjang serta bumper berornamen chrome. Meski begitu, mobil ini masih mempertahankan emblem Hybrid khas Toyota di bagian samping dan belakang.

Berbeda dengan eksterior yang bercitarasa retro, bagian interiornya sangat minim perbedaannya dibandingkan Toyota RAV4. Desain dasbornya masih sama persis dengan basis SUV-nya, seperti setir (hanya diganti logo Mitsuoka), panel instrumen, head unit, transmisi, serta jok dan doortrim-nya. Hanya, oleh Mitsuoka, diberi ubahan minor yaitu di desain jok yang khusus ada di SUV Buddy. Sedangkan fitur-fiturnya juga sama persis dengan Toyota RAV4, contohnya lampu berteknologi LED, head unit 9 inci yang support Android Auto dan Apple Carplay, panoramic sunroof, digital rear view mirror, panoramic view monitor, pre-collision safety, dynamic radar curise control, automatic high beam, dan lainnya.

Mitsuoka Buddy tersedia dalam 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2.000 cc M20A-FKS bertenaga 171 PS dan torsi 201 Nm dengan menggunakan transmisi Dynamic Shift CVT, serta mesin hybrid 2.500 cc A25A-FXS tenaga 178 PS dan torsi 221 Nm ditambah dua motor listrik masing-masing tipe 3NM bertenaga 120 PS dan torsi 202 Nm dan 4NM bertenaga 54 PS dan torsi 121 NM, transmisinya sendiri berjenis Electronically-controlled CVT, dan menggunakan baterai jenis Nickel Hydrogen berkapasitas 6,5 Ah. Di Jepang, harga mobil ini paling rendah adalah 4.697.000 yen atau sekitar 638 jutaan rupiah untuk tipe 2.0ST 2WD, sedangkan termahal seharga 5.899.300 yen atau sekitar 801 jutaan rupiah untuk tipe Hybrid DX 4WD. 

 

Komentar