window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki - Toyota Siap Luncurkan SUV Baru Tahun Ini Buat Lawan Hyundai Creta dan Honda HR-V

Prasetyo · 27 Apr, 2022 11:05

Suzuki - Toyota Siap Luncurkan SUV Baru Tahun Ini Buat Lawan Hyundai Creta dan Honda HR-V 01

  • SUV Suzuki - Toyota ini merupakan pengembangan bersama kedua perusahaan.
  • Bukan jadi model rebadge Toyota atas lini produk Suzuki di India.
  • Menggunakan platform TNGA-B serta mesin hybrid.

Pasca meluncurkan Suzuki Ertiga 2022 dan Suzuki XL7 2022, Maruti Suzuki siap mengemparkan lagi industri otomotif dunia. Ini lantaran pabrikan Suzuki di India itu sedang mengembagkan satu model SUV terbaru. Dan menariknya, Maruti Suzuki bekerja sama dengan Toyota untuk model anyar tersebut.

Dikutip dari Autocarindia, Rabu (27/04/2022), SUV kolaborasi Maruti Suzuki dan Toyota itu sudah keluar dalam bentuk prototipe untuk memulai uji coba jalan. Ini berarti versi produksinya kemungkinan besar akan terjadi di Juli 2022 atau akhir tahun ini.

Baca juga : Suzuki Ertiga 2022 Resmi Diluncurkan, Pakai Mesin Hybrid, Harganya Bikin Avanza Minder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menggunakan Platform TNGA dari Toyota

Suzuki - Toyota Siap Luncurkan SUV Baru Tahun Ini Buat Lawan Hyundai Creta dan Honda HR-V 01

Toyota Yaris di Eropa juga terapkan platform TNGA-B

Masih dari sumber yang sama, model SUV ini akan menjadi contoh pertama project kolaborasi yang dikembangkan kedua perusahaan. Kabarnya, kendaraan tersebut akan dibangun di pabrik Toyota di Bidadi Plant 2 di Karnataka, India.

Hal menarik lain adalah SUV tersebut akan menggunakan platform TNGA-B dari Toyota. Namun platform itu akan sedikit dimodifikasi dengan penyesuaian pasar lokal di India. Dan model ini juga akan menjadi produk penting bagi Toyota, karena sebelumnya pabrikan hanya melakukan rebadge dari sejumlah model Maruti Suzuki.

Komponen Dipasok dari Suzuki dan Toyota

Suzuki - Toyota Siap Luncurkan SUV Baru Tahun Ini Buat Lawan Hyundai Creta dan Honda HR-V 02

Prediksi tampilan SUV baru Toyota (foto: Autocarindia)

Selain dikembangkan bersama-sama, demi menekan biaya produksi yang nantinya juga berpengaruh pada harga jual, maka pemasok komponen untuk model tersebut pun dilakukan beriringan. Sejumlah komponen penting akan dipasok oleh Toyota. Sementara komponen lain akan disuplai dari pemasok yang selama ini bekerja sama dengan Maruti Suzuki.

Dan supaya makin murah, sebagian besar komponen akan diproduksi di India. Sehingga baik Maruti Suzuki maupun Toyota menjaga agar seminimal mungkin komponen yang diimpor dari Jepang atau negara lain. Tentu tantangannya adalah menyediakan komponen yang sesuai standar global Suzuki mapun Toyota.

Baca juga : Siapkan MPV Baru, Toyota Hanya Nebeng Emblem di Suzuki Ertiga

Juga Pakai Mesin Hybrid ala Suzuki Ertiga 2022

Suzuki - Toyota Siap Luncurkan SUV Baru Tahun Ini Buat Lawan Hyundai Creta dan Honda HR-V 03

Rekaan SUV baru Suzuki (foto: Autocarindia)

Toyota dikenal sebagai produsen yang sudah banyak memproduksi mobil hybrid. Bahkan platform TNGA pun bisa dimodifikasi untuk diterapkan pada kendarana hibrida. Sementara Suzuki pun mulai seirus mengembangkan sistem hybrid dengan teknologi mild hybrid yang diterapkan pada Suzuki Ertiga 2022 dan XL7 2022.

Bahkan Maruti sudah memulai produksi baterai di India. Menggunakan baterai TDS Battery, untuk hal ini Suzuki menjalin kerjasama dengan Toshiba dan Denso yang juga milik Toyota. Sehingga diperkirakan SUV Suzuki dan Toyota itu juga akan mengguakan sistem hybrid.

Banyak Teknologi Baru untuk Lawan Hyundai Creta dan Honda HR-V

Suzuki - Toyota Siap Luncurkan SUV Baru Tahun Ini Buat Lawan Hyundai Creta dan Honda HR-V 04

Calon lawan kuat Honda HR-V

SUV Suzuki - Toyota ini dipercaya bakal kaya fitur. Itu melihat Baleno baru dan Brezza terbaru yang juga dibekali banyak teknologi. Apalagi rival terkuatnya yaitu Hyundai Creta serta Honda HR-V memiliki fitur yang tak sedikit pula. Belum lagi Kia Seltos pun punya fitur yang cukup menarik. 

Kekurangan dari ketiga rivalnya itu adalah keberadaan mesin hybrid. Jadi kalau Suzuki dan Toyota bisa menghadirkan model seperti ini ditambah harga yang lebih terjangkau, tentu bakal menjadi game changer di segmen SUV. 

Baca juga : Masih Ragu Jualan Hybrid, Alasan Honda HR-V e:HEV 2022 Belum Masuk Indonesia

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Creta Dynamic Black Edition 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil