window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki APV vs Daihatsu Luxio Tipe Terbawah, Mana Paling Oke Sebagai Minibus Andalan Travel?

Yongki Sanjaya · 24 Mar, 2023 10:30

Suzuki APV vs Daihatsu Luxio Tipe Terbawah, Mana Paling Oke Sebagai Minibus Andalan Travel? 01

Kiprah mobil jenis minibus sebagai mobil keluarga kini semakin tergantikan oleh MPV. Meskipun demikian, minibus seperti Suzuki APV atau Daihatsu Luxio ini masih jadi andalan di segelintir pengusaha travel.

Bicara soal mobil keluarga masa kini, umumnya sudah memiliki beragam fitur yang beragam untuk memanjakan penumpang. Sementara itu, minibus relatif minim fitur dan hanya mengedepankan volume penumpang yang bisa diangkut. Secara umum, kedua mobil ini bisa dimuati hingga 8 orang sekaligus.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelemahan Daihatsu Luxio, Sering Dianggap GranMax Versi Mahal

Ini 5 Keunggulan Daihatsu Luxio Yang Layak Jadi Mobil Andalan Bisnis Travel

Daihatsu Luxio 12 Tahun Tanpa Ganti Generasi Tetap Laku, Bagaimana Bisa?

Untuk armada travel atau fleet yang terjangkau, biasanya memakai tipe bawah yang fiturnya bersahaja. Sebagai informasi, Luxio tipe terbawah hadir dalam opsi Luxio D yang kini dijual seharga Rp230.450.000. Untuk range harga yang hampir sama, terdapat Suzuki APV tipe GL yang dijual Rp223.900.000.

Dengan harga yang lebih mahal, apakah Luxio fiturnya bisa lebih oke daripada Suzuki APV? Mari kita bandingkan keduanya. 

Suzuki APV GL, Tipe Bawah dengan Fitur Bersahaja

Suzuki APV vs Daihatsu Luxio Tipe Terbawah, Mana Paling Oke Sebagai Minibus Andalan Travel? 01

Bagi kalian yang mungkin sering memakai mobil travel, dan kebetulan dapat Suzuki APV yang tak didukung AC double blower, nah itulah salah satu kelemahan yang terdapat pada tipe GA atau GL. Sebagai informasi, Suzuki APV tipe GA dan GL hanya dibekali AC single blower di depan.

Fitur lainnya pun relatif bersahaja, semisal head unit single DIN untuk versi bawaan pabrik yang hanya mendukung radio & CD. Pada sisi luar, tipe GL sudah terdapat aksen krom minimalis di bagian grill, todak benar-benar polos seperti tipe GA. Pada sisi eksterior, Suzuki APV tipe GL ini masih memakai cat hitam kasar untuk spion dan handle pintu. 

Suzuki APV vs Daihatsu Luxio Tipe Terbawah, Mana Paling Oke Sebagai Minibus Andalan Travel? 02

Tipe GL juga belum memiliki fitur spion otomatis dan foglamp. Jadi bagi pengemudi harus mengatur secara manual sudut spionnya, dan juga visibilitas kurang optimal saat kabut atau temaram. Untungnya pada tipe GL sudah memiliki fitur dual airbag untuk perlindungan penumpang depan. 

Lebih lanjut soal aspek kenyamanan, Suzuki membedakan jenis suspensi antara tipe GA dan tipe GL ke atas. Mulai tipe GL sudah mengadopsi suspensi dengan coil spring di bagian belakang. Lebih lanjut, APV GL ini pada interiornya telah mendapat fitur power window dan terdapat door trim console yang bermanfaat untuk menyimpan botol minum dan barang-barang kecil di pintu. 

Spesifikasi Mesin Suzuki APV GL

Bicara mesin, Suzuki APV masih mengandalkan dapur pacu berkode G15A dengan kubikasi 1.493 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 94.5 PS/6.000rpm dan torsi 126 Nm/3.000rpm. Layaknya kendaraan niaga, Suzuki APV hanya menyediakan opsi transmisi manual 5-percepatan. 

Daihatsu Luxio Tipe D, Tipe Terbawah Fiturnya Tidak Mewah

Suzuki APV vs Daihatsu Luxio Tipe Terbawah, Mana Paling Oke Sebagai Minibus Andalan Travel? 03

Lawan seimbang dari Suzuki APV dari sesama merek Jepang yaitu dari Daihatsu, melalui Luxio. Pada rentang harga yang serupa APV GL, Daihatsu menyediakan Luxio tipe D yang lebih mahal. 

Secara penampilan pun tak kalah sederhana karena Luxio D ini pada grill tidak ada aksen krom serta foglamp ikut raib di bumpernya. Tidak seperti Suzuki APV tipe GL yang sudah memakai velg cast-wheel, Luxio tipe terbawah masih mengandalkan velg kaleng dengan R15. 

Masuk ke interior, baris kedua hingga ketiga Luxio tipe D telah memiliki arm rest yang juga bisa dimanfaatkan sebagai cup holder. Kemudian bicara fitur hiburan di tipe termurah ini, Daihatsu hanya melengkapinya dengan head unit single din serta 4 buah speaker. Penyejuk udara juga masih memakai single blower di bagian depan. 

Suzuki APV vs Daihatsu Luxio Tipe Terbawah, Mana Paling Oke Sebagai Minibus Andalan Travel? 04

Rancangan kaki-kaki belakang cukup mirip APV tipe GL, karena Luxio mengadopsi rigid axle dengan per keong. Agak disayangkan karena pada Daihatsu Luxio tipe D tidak memiliki fitur airbag untuk perlindungan penumpang. Fitur keselamatan di mobil ini hanya mengandalkan seatbelt. 

Performa Daihatsu Luxio Tipe D, Apakah Lebih Baik?

Sebagai sumber penggerak, Daihatsu Luxio mengandalkan mesin 3SZ-VE 4-silinder segaris DOHC VVT-i. Mesin berkombusi Electronic Fuel Injection berkubikasi 1.495 cc menghasilkan  tenaga sebesar 97 PS @6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 134 Nm @4.400 rpm. Khusus untuk varian D, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) hanya memberikan pilihan transmisi manual 5-percepatan. 

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih mahal hampir Rp7 juta, kelengkapan di Daihatsu Luxio tipe D ternyata kalah oke daripada APV tipe GL. Hal yang jadi nilai lebih dari Luxio hanyalah pada aspek performa yang tenaganya mengungguli APV. Selebihnya, APV bisa lebih baik dari fitur keselamatan maupun penampilan eksterior. 

Dan satu lagi, harga yang ditawarkan oleh Suzuki lebih ekonomis, sehingga bakal jadi pertimbangan tersendiri di kalangan pelaku usaha yang mencari minibus. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Luxio 1.5 D M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil