Suzuki dan Daihatsu Sepakat Join Sama Toyota, Isuzu, dan Hino Bikin Mobil Listrik Komersial Berukuran Mini

Prasetyo · 22 Jul, 2021 16:07

Mobil Listrik Suzuki Daihatsu Toyota

Suzuki dan Daihatsu mengumumkan menjadi bagian dari koalisi dengan Isuzu, Hino, dan Toyota. Para pabrikan Jepang ini sepakat jika bersama-sama mereka akan memperluas lini produk elektrifikasi.

Dilaporkan oleh Reuters, Rabu (21/7/2021) waktu setempat, Suzuki dan Daihatsu akan memiliki 10% saham, sama seperti saham yang dikuasai Isuzu dan Hino. Sementara Toyota memegang 60 persen saham dari usaha joint venture tersebut.

Mobil Listrik Suzuki Daihatsu Toyota -1

Suzuki dan Daihatsu terkenal jagoan Kei Car

Menurut Akio Toyoda, President Toyota, masuknya dua perusahaan lagi yang selama ini terkenal sebagai spesialis pembuat Kei Car tentunya akan mempercepat perluasan pangsa pasar kendaraan listrik dari masing-masing merk.

Baca juga : 3 Mobil Pick Up Terlaris di Indonesia : Daihatsu Gran Max Belum Bisa Salip Suzuki Carry

Kei Car Kuasai Populasi Mobil di Jepang

Kei Car memang jenis mobil yang sangat populer di Jepang karena kepraktisannya dan kemampuannya bermanuver di jalan-jalan smepit. Selain itu, mobil seperti ini juga tak membutuhkan lahan luas untuk parkir.

Berbekal mesin yang dibatasi maksimum 660 cc, Kei Car juga diandalkan sebagai mobil perkotaan. Ini lantaran konsumsi bahan bakarnya yang sangat efisien. Tak heran kalau penjualan Kei Car di Negeri Sakura itu mencapai 40 persen dari total penjualan mobil.

Mobil Listrik Suzuki daihatsu Toyota -2

Sepakat kerjasama antar perusahaan otomotif Jepang

"Dengan Suzuki dan Daihatsu bergabung dalam proyek ini, kami akan dapat memperluas lingkup kerja sama bukan hanya di kendaraan komersial biasa tapi juga kendaraan berukuran mini," kata Akio Toyoda.

Baca juga : Hyundai Casper akan Lawan Raize-Rocky dan Suzuki Ignis, Berapa Harganya di Indonesia?

Bakal Bikin Mobil Komersial Mungil Bertenaga Listrik

Lebih lanjut Toyota juga menyatakan, dengan adanya perjanjian kerja sama dengan Suzuki dan Daihatsu, diharapkan nantinya akan ada solusi mobilitas yang lebih baik untuk masyarakat.

Mobil Listrik Suzuki Daihatsu Toyota -3

Sebelumnya Toyota berkolaborasi dengan Isuzu dan Hino

"Bergabungnya dengan aliasi ini memungkinkan kami berbagi data dan teknologi yang mungkin saja memperkenalkan kendaraan mini untuk memberikan layanan lebih baik kepada pelanggan dan juga meningkatkan efisiensi logistik," timpal Soichiro Okudaira, President Daihatsu.

Sebelumnya Toyota, Isuzu, dan Hino sudah meluncurkan Commercial Japan Partnership Technologies Corporation pada April 2021 lalu. Kolaborasi ini untuk memperkuat pangsa pasar ketiga perusahaan tersebut di sektor kendaraan komersial.

Toyota, Isuzu, dan Hino yang secara total menguasai 80% pasar truk di Jepang, melalui kerjasama ini akan meningkatkan teknologi kendaraan listrik, hidrogen, hingga otonom untuk segmen kendaraan komersial.

Baca juga : FAQ Isuzu Traga: Adopsi Mesin Isuzu Panther, Apakah Bisa Lebih Unggul di Segmen Pick-Up?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru