window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki Ertiga Bekas Generasi Pertama Harganya Sudah di Bawah Rp100 Juta, Tapi Pertimbangkan Hal Ini

Enda · 10 Okt, 2022 14:01

Suzuki Ertiga generasi pertama

Salah satu mobil keluarga jenis Low MPV 7-seater yang kini banyak diburu kondisi bekasnya adalah Suzuki Ertiga. Bicara mengenai harga Suzuki Ertiga bekas, untuk generasi pertama lansiran 2012 kini ditawarkan mulai dari Rp90 jutaan.

Sebagai Low MPV favorit, Ertiga gen-1 dibangun menggunakan platform Swift gen-2. Tipenya ada GA, GL dan GX.

Punya harga bekas yang terjangkau, sebelum beli Suzuki Ertiga generasi pertama sebaiknya ketahui beberapa hal berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Langka di Pasaran, Ternyata Ini Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

1. Jok Baris Kedua Hanya Bisa Digeser

Suzuki Ertiga generasi pertama

Jok baris kedua Suzuki Ertiga generasi pertama

Pengaturan baris keduanya, Suzuki Ertiga generasi pertama hanya bisa digeser maju dan mundur selain sandaran punggung yang bisa disetel tingkat kerebahannya. Jok ini tidak bisa dilipat kedepan, sehingga untuk akomodasi keluar-masuk penumpang baris ketiga terasa sedikit merepotkan.

2. Belum Tersematkan AC Double Blower

Suzuki Ertiga generasi pertama

Suzuki Ertiga generasi awal belum mendapatkan AC double blower

Ketika diluncurkan pertama kali pada 2012, baik varian GA, GL dan GX Suzuki Ertiga tidak dilengkapi dengan AC double blower. Namun satu tahun setelah debut pertamanya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) langsung menyematkan double blower di baris kedua setelah melihat permintaan pasar, guna memberikan rasa nyaman terhadap penumpangnya. Untuk diketahui, fitur ini hanya bisa dijumpai pada varian GL dan GX.

3. Baris Ketiga Tidak Cocok Digunakan Penumpang Dewasa

Suzuki Ertiga generasi pertama

Baris ketiga kurang begitu lega

Bila dibandingkan dengan Avanza maupun Xenia di tahun yang sama, untuk baris ketiganya Suzuki Ertiga generasi pertama dirasa lebih sempit ketika disinggahi penumpang dewasa dengan tinggi badan di atas 165 cm. Dengan begitu baris paling belakangnya lebih cocok digunakan oleh anak-anak ketika sedang berpergian.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Mazda VX-1, Lebih Murah Dari Suzuki Ertiga Tapi Nggak Banyak yang Doyan

4. Kaki-kaki Rentan Timbul Bunyi

Suzuki Ertiga generasi pertama

Suzuki Ertiga generasi pertama lemah di kaki-kaki depan

Seperti mobil dengan sistem penggerak roda depan kebanyakan, Suzuki Ertiga generasi pertama memiliki kelemahan di bagian kaki-kaki depannya. Hal ini dikarenakan untuk bobot kendaraan cenderung lebih berat di depan. Pemakaian yang jorok serta faktor usia kendaraan, biasanya akan terdengar suara gluduk dari roda depan ketika melewati jalan yang tidak rata.

Bagian kaki-kaki depan yang umumnya mengalami perbaikan atau peremajaan adalah ball joint, bushing, tie rod serta shockbreaker. Mengenai estimasinya, biasanya memakan biaya hingga Rp5 juta tergantung daripada kerusakan yang dialami.

5. Responsif, Suzuki Ertiga Generasi Pertama Irit BBM

Suzuki Ertiga generasi pertama

Suzuki Ertiga generasi pertama irit BBM

Mengenai performa yang dihasilkan, Suzuki Ertiga generasi pertama cukup bertenaga dengan nafas panjang dan juga responsif.

Untuk jantung pacunya, mobil ini dibekali mesin K14B DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 valve Multi Point Injection dengan durabilitas tinggi. Di atas kertas Ertiga generasi pertama sanggup memuntahkan tenaga maksimal 95 PS  di 6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 130 Nm  pada putara 4.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Oh iya, untuk konsumsi BBM yang diperoleh, mobil ini terbilang irit. Pengetesan yang pernah dilakukan, penggunaan dalam kota mobil ini mampu menempuh jarak 12-13 km/liter. Berbeda jika melaju dalam kecepatan konstan, mobil ini dapat meraih angka 16-18 km/liter.

6. Nyaman dengan Fitur Cukup Komplit

Suzuki Ertiga generasi pertama

Fitur Suzuki Ertiga generasi pertama terbilang lengkap di zamannya 

Sekelas mobil Low MPV, Suzuki Ertiga generasi pertama terasa nyaman berkat bantingannya yang empuk tapi masih memiliki handling rigid dan stabil disaat mobil melakukan manuver. Tak hanya itu, kejadian seperti understeer maupun body roll pun dapat diredam dengan lebih baik di atas rivalnya.

Dari segi kenyamanan lainnya, mobil ini memiliki tempat penyimpanan barang dan cup holder yang dirasa praktis. Mengenai sistem hiburannya, pabrikan telah membekali head unit yang mendukung format CD Player, MP3 Player, USB maupun AUX in iPod/iPhone.

Khusus untuk tipe GX mendapat tambahan audio steering switch yang akan memudahkan pengemudi untuk melakukan pengaturan pada sistem audio tanpa harus melepas lingkar kemudi.

Pada pusat informasi berkendara, mobil ini memperoleh MID di tengah, electric mirror, retractable khusus tipe teratas, tilt steering, Electric Power Steering (EPS), seat sliding, reclining dan height adjuster.

Mengenai fitur keselamatan, Suzuki Ertiga generasi pertama mendapatkan side impact beam, collapsible steering column, dual SRS airbags, Anti-Lock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta seatbelt di setiap bangkunya. Untuk fitur keamannnya sendiri sudah dilengkapi power door locks, immobilizer serta security alarm.

Baca juga: Harga Bekas Mulai Rp90 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Generasi Pertama Dibandingkan Toyota Avanza Gen 2

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil