Suzuki Ignis atau Daihatsu All New Sirion, Pilihan yang Tepat untuk First Time Buyer?

Yusuf · 24 Okt 2020 10:00

Bagi pembeli mobil pertama, banyak pertimbangan yang harus diputuskan mobil apa yang harus dipinang. Perbandingan mulai dari harga, mesin, eksterior, interior sampai kapasitas muatan, menjadi hal yang selalu dikomparasi. Hal ini tentunya membuat pusing mereka lantaran banyak produk yang menawarkan fitur melimpah dengan harga yang kompetitif.

Untuk segmen city car, sejatinya di segmen ini banyak produk yang bisa jadi pilihan. Terlebih melihat karakter konsumen Indonesia yang menginginkan mobil yang kompak, fungsional, serta desain yang eye catchy. Beberapa produsen juga sudah memberikan pilihan melalui produk unggulannya.

Namun, sebagai pembeli pertama pasti mereka tidak mau tergesa-gesa memutuskan untuk membeli sebuah produk. Belum lagi mengenai layanan aftersales dan biaya perawatan yang dikeluarkan. Ini juga menjadi bahan pertimbangan yang matang, jangan sampai pertimbangan penting tersebut justru dilewatkan oleh konsumen.

Sebagai pertimbangan bagi konsumen yang ingin meminang All New Sirion, pada pembahasan kali ini kami akan membandingkan model tersebut dengan city car kebanggaan Suzuki, yakni Ignis. Secara kasta kedua model ini memang berada dalam satu range harga yang setara.

Sebagai pembanding pertama. Untuk dimensi, All New Sirion dan Suzuki Ignis memiliki ukuran yang mirip-mirip. Namun keduanya hadir dengan desain yang berbeda lantaran masing-masing produk punya tema tersendiri. All New Sirion dibekali dengan panjang 3.895 x 1.735 x 1.525 mm (PxLxT). Sedangkan Suzuki Ignis, dibekali dengan ukuran 3.700 x 1.690 x 1.595 mm.

Dari perbandingan tersebut, jelas bahwa All New Sirion memiliki dimensi yang lebih mumpuni ketimbang Suzuki Ignis. Ini adalah sebuah poin yang bisa diandalkan karena berpengaruh pada kelegaan kabin karena menyajikan leg room yang manusiawi.

Namun dari segi desain interior, keduanya juga bisa saling berkompetisi. All New Sirion sangat memikat konsumen berkat desain yang disematkan. Kesan modern dan atraktif, sangat terpancar melalui lay out yang dibenamkan. Semua tombol disematkan dengan baik di bagian dashboard All New Sirion.

Sedangkan Suzuki Ignis, mobil ini menawarkan interior yang begitu sporty. Hal tersebut terlihat dari tampilan Multi Information Display (MID) di mana lay out antara speedometer, rpm dan informasi lainnya dibuat sedemikian rupa sehingga menampilkan kesan yang sporty.

Lantas bagaimana dengan kinerja mesinnya? Di atas kertas, city car besutan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) hadir dengan konfigurasi mesin yang lebih powerfull dibandingkan Suzuki Ignis. Mesin empat silinder berkapasitas 1.3 Liter, mampu memberikan hentakan tenaga sebesar 94 PS dan torsi 120 Nm. Sementara Suzuki Ignis, meski sama-sama mengadopsi mesin empat silinder, namun kapasitasnya lebih kecil karena hanya berkisar 1.2 L. Tenaga yang diproduksi pun juga di bawah mesin All New Sirion di mana Suzuki Ignis hanya mampu memproduksi tenaga sebesar 83 PS dan torsi 113 Nm.

Lantas bagaimana dengan kapasitas daya tampung barang di bagasi? Ini bisa menjadi sebuah isu yang cukup menarik lantaran konsumen Indonesia banyak yang mengandalkan mobil untuk membawa barang yang banyak.

Jika melihat spesifikasi yang diberikan, All New Sirion memiliki kapasitas bagasi sebesar 277 liter dengan kondisi kursi belakang ditegakkan. Dengan kapasitas tersebut, pemilik bisa memasukkan sepeda yang dilipat serta beberapa tas bawaan berukuran besar ke dalam mobil.

Sedangkan untuk kapasitas bagasi Suzuki Ignis, memang  berdasarkan informasi yang disajikan ruang penyimpanan di belakang lebih kecil dibanding lawannya. Suzuki Ignis hanya mampu menampung 260 liter. Analoginya, meski terpaut 17 liter dari All New Sirion, namun untuk membawa koper besar dan barang lainnya, bagasi Suzuki Ignis masih cukup akomodatif.

Beralih kepada harga yang dipasarkan untuk konsumen di Indonesia. Kedua model tersebut juga memiliki harga yang sangat kompetitif. Sebelum itu, kami akan menginformasikan mengenai varian yang diboyong oleh keduanya.

All New Sirion hadir dalam dua varian, yakni manual dan automatic. Harga yang ditawarkan kepada konsumen, mulai dari Rp 200,1 jutaan sampai Rp 211,1 jutaan. Sedangkan Suzuki Ignis, PT Suzuki Indomobil Sales menawarkan dalam empat varian, yakni GL MT, GL AGS, GX MT, dan GX AGS. Harganya pun mirip dengan kompetitornya, yakni berkisar pada Rp 174 jutaan sampai yang paling mahal adalah Rp 203 jutaan.

Jika melihat dari harga yang disodorkan, sudah jelas bahwa untuk nilai ekonomis harga, Suzuki Ignis lebih menarik ketimbang All New Sirion. Akan tetapi, dari empat varian yang dirilis oleh Suzuki, masing-masing trim ada kekurangan fitur di dalamnya, untuk yang paling komplit berada pada harga Rp 203 jutaan.

Meski dibanderol dengan harga yang lebih mahal, All New Sirion juga sudah dilengkapi beberapa fitur mumpuni. Sehingga, ketika konsumen mengeluarkan bujet untuk harga tertera, mereka sudah mendapatkan kenyamanan yang lebih.

Poin terakhir adalah besaran biaya yang harus dikeluarkan ketika melakukan perawatan kendaraan sampai 50.000 kilometer. Ini juga harus diperhatikan karena, jangan sampai terkecoh dengan harga yang lebih ekonomis namun saat melakukan perawatan justru akan mengeluarkan bujet yang lebih mahal.

Melihat biaya yang harus dikeluarkan, untuk Suzuki Ignis konsumen harus menyiapkan dana sebesar Rp 2.815.600 selama penggunaan sampai 50.000 kilometer. Sementara All New Sirion, konsumen harus menyiapkan bujet yang lebih efisien yakni berkisar Rp 2,6 jutaan. Artinya, pengeluaran biaya perawatan Daihatsu All New Sirion lebih ekonomis dibandingkan dengan Suzuki Ignis.

Dibandingkan
  Daihatsu All New Sirion Suzuki Ignis
Dimensi 3.895 x 1.735 x 1.525 mm (PxLxT) 3.700 x 1.690 x 1.595 mm (PxLxT)
Mesin 4 silinder 1.3L dual VVT-i 4 silinder 1.2L
Tenaga / Torsi 94 PS / 120 Nm 84 PS / 113 Nm
Transmisi Automatic 4 Speed AGS (Auto Gear Shift)
Sistem Penggerak Front Wheel Drive Front Wheel Drive
Kapasitas Bagasi 277 liter 260 liter

Kesimpulan

Sampailah pada tahap akhir komparasi untuk membeli mobil baru. Kami, menyarankan kepada pembeli mobil pertama, untuk memilih Daihatsu All New Sirion. Kenapa? Meski harga belinya di atas Suzuki Ignis, namun untuk biaya perawatan serta ketersediaan sparepart dan bengkel resmi juga sudah dijamin lantaran brand ini bagian dari Astra.

Sementara untuk Suzuki Ignis, meski harga yang ditawarkan lebih murah, namun konsumen akan mengeluarkan bujet yang lebih besar saat melakukan perawatan kendaraan. Soal desain, ini masalah selera. Namun, kami akan menyarankan untuk memboyong All New Sirion ke dalam garasi untuk hasil yang lebih bai.

 

Komentar

Mobil Terbaru