window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki Ignis VS Honda Brio RS, Mana yang Lebih Irit?

Alex · 19 Mei, 2020 18:00

Suzuki Ignis VS Honda Brio RS, Mana yang Lebih Irit? 01

Mobil Suzuki Ignis merupakan sebuah mobil yang berada dalam kelas Low Hatchback. Dalam kelas ini Suzuki Ignis harus bertarung dengan produk Honda, yakni Brio RS.

Keduanya saling berebut hati konsumen dengan mengedepankan desain body yang atraktif dan mesin yang sama-sama disebut irit bahan bakar. Dari situ, pertanyaan pun muncul. Mana yang lebih irit? Brio RS baru ataukah mobil Ignis?

Sebagai modal mencetak efisiensi bahan bakar yang terbaik, baik mobil Suzuki Ignis dan Honda Brio RS terbaru sama-sama dibekali mesin cukup ringkas. Dapur pacu mobil Ignis berkapasitas 1.200 cc berkonfigurasi empat silinder tercatat mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 83 ps pada 6.000 rpm, sedangkan torsi tertingginya bisa mencapai 113 Nm pada 4.200 rpm. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sedangkan Honda Brio RS terbaru juga sama-sama 1.200 cc, empat silinder dan mampu menghasilkan tenaga lebih besar. Honda mengklaim New Brio RS mampu merilis 90 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm. New Brio RS sendiri sebenarnya masih satu darah dengan Brio Satya, mesin keduanya sama saja. Hanya Honda Brio Satya masuk ke dalam skema Low Cost Green Car (LCGC), sedangkan Brio RS tidak dan membuatnya otomatis punya banderol yang head to head dengan mobil Ignis di kelas Low Hatchback.

Suzuki Ignis VS Honda Brio RS, Mana yang Lebih Irit? 01

Dalam kesempatan perbandingan konsumsi bahan bakar kali ini, kami ambil varian transmisi otomatis dari masing-masing. Maka Ignis AGS dan Brio RS CVT lah yang kita bandingkan. Nah, bicara transmisi, sebenarnya Brio RS lebih unggul karena teknologi CVT (continuously variable transmission) diyakini mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

Sedangkan transmisi AGS sendiri, atau kepanjangan dari Auto Gear Shift, sebenarnya tak bisa dikatakan murni otomatik walau pedalnya hanya dua. Sebab transmisi milik mobil Suzuki Ignis ini memberikan pengalaman mengemudi dengan perpindahan gigi yang sekilas mirip transmisi manual.

Well, keduanya sama-sama memberikan kesempatan untuk kaki kiri pengemudi tak bekerja. Lantas, siapa paling irit? Dalam sebuah komparasi mobil Ignis AGS dengan New Brio RS yang dilakukan pada 2019, ternyata membuahkan hasil cukup mengejutkan.

Suzuki Ignis VS Honda Brio RS, Mana yang Lebih Irit? 02

Sebab ternyata mobil Suzuki Ignis AGS lebih irit bahan bakar ketimbang Honda Brio RS terbaru! Pada pengujian rute tol, mobil Ignis mampu menorehkan kehematan 17,2 km/liter sedangkan New Brio RS 16,2 km/liter.

Kehematan lebih tinggi bisa didapat pada rute tol. Mobil Ignis ternyata mampu menorehkan sampai 20,5 km/liter sedangkan New Brio RS hanya 20 km/liter. 

Namun perlu diingat, angka konsumsi bahan bakar di atas dihasilkan dengan gaya mengemudi hemat bahan bakar. Akselerasi mendadak, mengemudi dengan cara agresif dan rem mendadak sangat sulit membuat mobil Honda Brio RS terbaru dan Suzuki Ignis bisa mencapai angka kehematan seperti di atas.

Ini dia ulasan perbandingan mobil Ignis dan Brio RS di dalam keiritan BBM-nya. Semoga bermanfaat bagi calon pembeli mobil Suzuki Ignis maupun Honda Brio RS.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil